Perkebunan Teh Tritis Lokasi Asik Berakhir Pekan di Bukit Menoreh

  • Whatsapp

Berada di The Jewel of Java tentu tak lengkap bila tak berkunjung ke perkebunan teh. Mungkin selama ini banyak orang tahunya hanya ada di Desa Wisata Nglinggo tapi ternyata ada satu lokasi lagi yang jauh lebih indah.

Perkebunan Teh Tritis begitu banyak orang menyebutnya, perkebunan ini letaknya memang tak terlalu jauh dengan desa wisata yang lebih dulu tersohor itu. Luasnya memang hanya lebih kurang satu hektar tapi berbicara tentang keindahan disinilah tempatnya.

Perkebunan Teh Tritis ini berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Untuk menjangkaunya juga sangat mudah. Dari Jogja tinggal ke arah barat melalui jalan Godean dan belok kanan di perempatan Kenteng hingga menuju Pasar Dekso lalu ambil kiri untuk menuju Pasar Plono.

Dari pasar ini perjalanan tinggal sedikit lagi. Kalau takut salah ambil jalan dan waktu terlalu mepet sebaiknya bertanya pada masyarakat sekitar. Mereka pasti akan dengan senang hati untuk menunjukan arah yang tepat.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Ada baiknya ketika masuk wilayah Dekso untuk mengurangi kecepatan guna menikmati pemandangan alam yang tentu saja tidak ada di kota.

Selain keindahan berkunjung ke perkebunan teh Tritis tak akan menguras kantong. Hal ini karena pengunjung tidak akan dikenakan biaya retribusi.

Kebun yang ternyata milik Bapak Purwanto ini memiliki tata kelola yang lebih baik dalam hal penanaman pohon. Terasiring yang dibuat seolah dikerjakan oleh tangan para ahli yang sangat pengalaman. Mungkin hal itu benar adanya dimana kebun ini telah ada selama lebih dari 22 tahun.

Selain kebun teh ini masih ada kebun teh Nglinggo yang harus di sambangi. Tak jauh beda memang tapi sayang bila terlewatkan.

Sampai di lokasi ada baiknya untuk memanjakan hidung dan paru-paru untuk menghirup oksigen sebanyak-banyaknya. Tak lupa untuk mengambil spot atau gambar terbaik. Bagi yang tak punya kamera DSLR atau mirrorles cukuplah menggunakan kamera handphone.

Yang penting jangan datang tanpa membawa alat pengambil gambar atau hanya akan tersisa penyesalan dan memaksa untuk datang kembali. Dari berbagai sudut manapun gambar akan di dapat dengan sempurna. Dengan sedikit sentuhan maka hasil akan lebih optimal.

Oleh karena itu jangan pernah ragu untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Mampu mengenal lebih dekat kekayaan alam yang ada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar