Menikmati Keindahan Puri Mataram Jogja

  • Whatsapp

Tak menyangka tentunya bila Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu menyulap tanah kas desa menjadi satu objek wisata yang menarik. Bila penasaran ada baiknya berkunjung ke Puri Mataram yang ada di Dusun Drono, Desa Tridadi, Seman, Jogjakarta.

puri mataram
instagram.com/vera.fajar

BUMDes ini mampu mengerahkan sumber daya masyarakat sekitar untuk menciptakan lahan wisata dan dikelola dengan profesional. Dari kegiatan ini pun ekonomi masyarakat sekitar ikur

Cara paling mudah menemukan objek wisata ini tentu saja melalui Jalan Magelang. Begitu sampai di perempatan Denggung ambil kiri dan mengikuti jalan hingga Dusun Drono. Gampang-gampang susah tentunya, tapi kamu bisa mengandalkan maps atau bertanya ke warga sekitar pasti akan dibantu.

Objek wisata berbasis pedesaan ini juga berdekatan dengan Kampung Flory yang lebih dulu dikenal publik luas. Jadi saat kamu berkunjung ke sini bisa langsung dapat 2 destinasi wisata menarik.

Puri Mataram itu Sesuatu Banget

Tiap orang yang mendengar kata puri tentu akan mengarahkan pikiran pada taman para raja khususnya Raja Mataram. Mataram itu sendiri adalah nama lain dari Yogyakarta.

Pun demikian dalam konsep objek wisata ini, dimana pengelola ingin menghadirkan taman selayaknya taman peristirahatan yang indah. Tak hanya ada hamparan taman bunga tapi ada juga kolam dan wahana lain yang bisa dinikmati keindahannya.

Puri Mataram merupakan kreatifitas warga di Dusun Drono. Dimana mereka bahu membahu membangun dan mengelola objek wisata ini.

Spot utama yang paling banyak dituju tentu saja bunga Celocia. Selain itu ada beberapa spot menarik yang telah disiapkan mulai dari replika Tugu Jogja, jembatan bambu, gerobak sapi, gubuk tema cinta dan lain-lain.

Wahana dan Fasilitas

1. Taman Bunga

Taman bunga menjadi daya tarik utama. Warna-warni ‘bunga kertas’ ini tentu menjadi favorit bagi kaum hawa dan mereka bisa membebaskan mata memandang bunga-bunga indah ini.

2. Taman Kitiran

Kalau kamu berpikir kitiran itu adalah kertas / plastik yang bisa berputar dan biasa dibuat anak-anak. Itu benar adanya dan jumlahnya ada ribuan bisa menjadi spot selfi yang unik dan beda.

3. Taman Kelinci

Satu lokasi paling favorit bagi anak-anak tentu saja Taman Kelinci dimana mereka bisa melakukan tangkap kelinci. Pas bukan untuk membuat anak senang dan tetap sehat.

4. Kolam Tangkap Ikan

Ingin kegiatan yang lebih aktif dan berair maka cobalah nyemplung di kolam tangkap ikan. Niscaya kamu akan menikmati kegiatan ini terutama bila dilakukan bareng keluarga.

5. Becak Kayuh

Sementara itu bagi yang ingin suasana romantisme bisa mencoba becak kayuh. Becak kayuh embung mesem ini bisa dinaiki hingga 3 orang lho.

6. Budidaya Tanaman Aglounema

Kamu yang tergila-gila dengan Tanaman Aglounema wajib datang ke Puri Mataram karena mereka juga berupaya menjadi suplier tanaman yang lagi hits ini. Saat ini mayoritas tanaman Aglounema masih didatangkan dari Thailand.

7. Kuliner Tradisional

Di sini terdapat warung-warung yang dikelola warga sekitar dimana mereka menyediakan berbagai menu tradisional. Jadi jangan kaget bila liburanmu akan semakin berkesan saat berada di Puri Mataram.

Menu yang harus dicoba saat berkunjung tentu saja satu set ingkung paket tampah dengan nasi kuning. Menu ini bisa dinikmati untuk 5 orang.

Ada juga menu ikan dan ayam bila hanya datang berdua. Jangan lupa nikmati sajian telo / singkong goreng, getuk goreng, pisang goreng, lumpia hingga mendoan anget. Untuk menu di kafe tentu lebih kekinian dengan aneka macam kopi hingga menu hotplate.

8. Joglo Meeting

Khusus bagi kamu yang ingin datang dengan rombongan baik itu bersama keluarga besar, rekan kerja atau arisan jangan takut bila tidak ada tempat. Mereka telah siap segalanya hingga lahan parkir, musola hingga toilet.

Kini dengan adanya pandemi Covid-19 pun mereka telah menerapkan protokol kesehatan. Terdapat beberapa titik untuk cuci tangan dan sterilisasi dari kuman.

Tiket Puri Mataram

Puri Mataram memiliki 2 jenis tiket berupa tiket terusan dan tiket non terusan. Jadi saat berkunjung ke sini kamu harus menentukan mau ngapain saja.

Tiket terusan Rp 20.000,- dapat menikmati keindahan taman kelinci, kebun kaktus, tangkap ikan, terapi ikan, kandang merino, dan kandang kuda.

Sementara tiket nonterusan, mulai Rp 10.000,- untuk taman bunga, Rp 15.000,- becak air, Rp 25.000,- naik kuda dan Rp 50.000,- bila ingin naik andong.

Bila ingin berkunjung perlu dicatat jam buka mereka karena masing-masing memiliki waktu yang berbeda. Untuk wahana mulai beroperasi pukul 8.00 WIB hingga 18.00 WIB, resto mulai buka pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB, kafe pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Lengkap bukan, berkunjung ke Puri Mataram kamu bisa ajak siapapun itu. Baik itu anggota keluarga, pacar atau mungkin gebetan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *