Home Wisata Tips Liburan Backpacker dengan Kereta Api

Tips Liburan Backpacker dengan Kereta Api

1 146

Bukan hanya raga yang perlu mendapat nutrisi, jiwa pun membutuhkannya. Salah satu cara memberikan nutrisi untuk jiwa adalah dengan berlibur.

Berlibur bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang berduit. Semua orang bisa liburan asalkan ada kemauan. Salah satu cara mudah berlibur ke destinasi wisata tanpa harus menguras kantong yaitu dengan berlibur ala backpacker.

Liburan ala backpacker dengan kereta api tidak hanya dapat membantu menghemat budget liburan, tetapi juga memberikan pengalaman dan kesan tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa menemukan surga tersembunyi yang letaknya cukup terpencil jika melakukan solo travelling ala backpacker.

Nah, backpacking pun perlu rencana. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan jika ingin berlibur ala backpacker yaitu transportasi. Pilih kota tujuan yang memiliki akses transportasi umum yang murah dan mudah dijangkau, seperti dilalui kereta api. Jika kawasan wisata yang dituju tidak jauh dari stasiun kereta, maka Anda dapat menghemat budget lebih banyak lagi.

Selengkapnya, berikut tips liburan backpacker dengan kereta api agar liburan tetap berjalan lancar dan menyenangkan:

1. Buat Rencana Perjalanan

rencana liburan

vartana.org


Agar perjalanan lancar, Anda perlu menyusun rencana perjalanan atau itenerari. Rencana perjalanan tidak hanya memberikan kemudahan dalam mengatur waktu, tetapi memberi gambaran besaran dana yang dibutuhkan selama liburan.

Itenerari antara lain berisi tentang lamanya waktu liburan, destinasi wisata yang dituju, rute perjalanan wisata, tempat menginap, serta perkiraan biaya. Sebelum menyusun rencana perjalanan, pastikan Anda mencari informasi yang valid dan terkini tentang destinasi wisata yang ingin dituju agar perjalanan Anda dapat dilaksanakan sesuai harapan.

2. Pesan Tiket Lebih Awal

aplikasi tiket online traveloka

kanaljogja.id


Jika telah memutuskan hendak berlibur menggunakan kereta maka Anda perlu dengan segera memesan tiketnya. Apalagi, sekarang peminat transportasi jenis ini cukup besar, sehingga kemungkinan kehabisan tiket menjelang liburan juga semakin besar.

Jika tanggal keberangkatan dan kepulangan liburan sudah dipastikan, maka segeralah memesan tiket kereta api. Hal ini juga bermanfaat agar Anda mendapatkan harga tiket yang tidak terlalu mahal.

Saat ini, untungnya memesan tiket dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu mengantre dan berdesak-desakan di loket. Sekarang Anda bisa memesan tiket kereta dengan mudah dan cepat melalui situs booking online partner resmi PT KAI semacam Traveloka. Pesan tiket kereta api di Traveloka bisa dilakukan di mana saja asalkan Anda punya koneksi internet—mudah dan praktis.

3. Pilih Penginapan yang Dekat dengan Stasiun

penginapan ala backpacker

booking.com


Carilah penginapan yang dekat dengan stasiun. Hal ini akan memberikan kemudahan agar Anda bisa segera beristirahat saat sampai di kota tujuan. Selain itu Anda juga tidak perlu repot mencari transportasi di pagi buta—mengingat beberapa jadwal kereta api tiba di kota tujuan saat subuh atau dini hari.

4. Pesan Motor atau Mobil Sewaan

aplikasi grab

kanaljogja.id


Karena menggunakan kereta api, tentu saja Anda harus memikirkan transportasi selama berada di kawasan wisata tersebut. Untuk kota besar semacam Yogyakarta atau Surabaya, Anda bisa saja mengandalkan ojek online atau taksi online.

Namun, untuk kawasan yang belum tersedia transportasi online, Anda perlu mencari info dan melakukan sewa motor atau mobil sebelum berangkat. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari forum-forum backpacker atau blog-blog travelling.

5. Siapkan Kartu Identitas Pribadi

kartu identitas

kanaljogja.id


Jangan lupa membawa kartu identitas pribadi dalam agenda backpacker dengan kereta api. Selain dibutuhkan untuk masuk peron kereta, Anda juga akan membutuhkannya untuk check in di tempat penginapan. Selain itu, untuk melakukan sewa motor atau sewa mobil, Anda juga akan membutuhkan kartu identitas.

6. Siapkan Barang Bawaan

tas backpacker

kanaljogja.id


Hal lain yang perlu Anda perhatikan jika bepergian menggunakan kereta api adalah barang bawaan. Pilih barang bawaan yang benar-benar Anda butuhkan, agar Anda tidak perlu kerepotan saat menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

Beberapa barang yang sekiranya penting untuk dibawa antara lain baju dan celana yang bisa di mix dan match, charger, peralatan pribadi dan perlengkapan beribadah. Anda juga mungkin memerlukan obat-obatan pribadi, terutama bagi yang menderita penyakit tertentu.

Selain itu, untuk kemudahan selama di perjalanan, bawalah setidaknya dua tas. Satu tas besar untuk membawa sebagian besar keperluan, dan satu tas kecil untuk membawa barang-barang penting seperti dompet, kartu identitas, ponsel, power bank, kamera, tisu, dan air minum.

7. Bawa Makanan dan Minuman

cemilan ala backpacker

kanaljogja.id


Demi menghemat pengeluaran, Anda bisa membawa makanan dan minuman untuk dinikmati di dalam kereta. Jangan lupa membawa termos kecil yang portable agar Anda bisa membuat minuman hangat. Pasalnya, hawa di dalam kereta ber-AC yang dingin sering kali membuat tubuh cepat lapar dan membutuhkan makanan cepat saji seperti pop mie atau sekadar minuman hangat.

Demikian beberapa tips liburan ala backpacker dengan kereta api agar liburan Anda berjalan lancar dan maksimal.

Semoga bermanfaat.

Memulai menulis sejak 2004 dengan bergabung pada pers kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Setelah lulus melanjutkan pengalaman menulis di Tribun Lampung Kompas Gramedia. Saat ini kegiatan sehari-hari selain menulis untuk kanaljogja.com juga masih menulis untuk beberapa media online lainnya.

1 COMMENT

Leave a Reply