5 Soto di Bantul yang Wajib Dicoba

  • Whatsapp

Berikut adalah rekomendasi beberapa Soto di Bantul yang bisa kamu coba :

1.      Soto Sawah

Bacaan Lainnya

soto sawah
sharontravelogue.com

Pada awal berdirinya warung Soto Sawah, warung ini berada di tengah – tengah area persawahan, maka dari itu, orang lebih mengenal nama soto ini dengan Soto Sawah ketimbang nama pemiliknya sendiri.

Warung Soto Sawah Bu Hj. Hadi S. Terletak di Jl Soragan 13 atau di Dusun Soragan, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Warung ini mulai buka pukul 08.00 WIB dan akan tutup ketika sudah habis.

Yang khas dari Soto Sawah adalah kuah sotonya yang segar, terlihat bening, dan tidak berminyak. Gurihnya cukup terasa dari kaldu ayam kampung, dan tidak terasa bahan penyedap rasa.

2.      Soto Djiancuk

Soto yang sebenarnya khas Surabaya ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu soto berkuah kental dengan campuran santan dan ditambah potongan telur. Isi dari Soto Djiancuk sendiri yaitu nasi yang atasnya ada potongan daging sapi, taoge segar, keripik kentang, dan irisan tomat merah.

Selain itu, yang khas dari Soto Djiancuk yaitu, soto ini disajikan dengan mangkok kecil agar pelanggan mudah menikmati kelezatan sotonya, dan bagian bawahnya diberi piring lebar agar tidak kepanasan.

3.      Soto Moneter

Dinamakan “Soto Moneter” karena warung soto ini dibuka ketika Indonesia sedang dilandai krisis ekonomi / krisis moneter. Warung ini sudah mulai buka dari pukul 10.00 WIB dan akan tutup ketika jam makan siang telah selesai, kira – kira jam 12.00 WIB.

Selain dengan namanya yang unik, penyajian dari Soto Moneter sendiri juga unik. Warung ini menyuguhkan soto sekaligus kemangi dan lauk lenthok (sejenis perkedel tapi bahan dasarnya singkong).

Menu andalan yang disajikan warung ini adalah soto daging ayam dan soto daging sapi. Kuah dari soto tersebut bening dan sangat segar.

4.      Soto Ayam Rodho Jodo Pak Bloon

Warung Soto Pak Bloon ini terletak di Bantul Karang, Rt 07, Ringinharjo, Bantul. Warung ini sudah mulai buka pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB. Keberadaannya cukup dikenal karena cita rasanya yang khas.

Satu – satunya menu yang ada di warung soto Pak Bloon adalah Soto Ayam Kampung khas pedesaan Bantul. Tetapi, kita masih bisa memilih, ingin soto biasa/soto campur, soto pisah, dan soto dengan tambahan potongan daging atau jerohan ayam.

Kuah dari Soto Ayam Rodho Jodo Pak Bloon sangat terasa segar dan sedikit gurih khas dari kaldu ayam kampung. Soto ini tidak menggunakan tambahan penyedap makanan seperti MSG (micin) dalam kuah. Jadi, pecinta kuliner tidak perlu ragu untuk mencicipinya.

5.    Soto Rejeki

Warung Soto Rejeki sudah buka sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Warung soto ini sudah buka dari pagi buta.

Soto Rejeki memiliki kuah yang bening, dan disajikan dengan babat dan iso. Yang utama dari Soto ini adalah daging sapi yang diiris tipis, sisanya potongan jeroan. Selain itu, semangkuk Soto Rejeki juga dihidangkan bersama piring kecil tempat jeroan goreng.

Bagian luar dari iso dan babat gorengnya mengkilat, dan dalamnya penuh dengan lemak yang mengental, ditambah dengan kuah soto yang pedas, akan menambah cita rasa Soto Rejeki.

Namun saran saja, jangan terlalu sering mengkonsumsi Soto Rejeki, karena kadar kolesterol yang tinggi dari babat dan iso. Atau bisa juga dengan cara menyisihkan babat dan iso yang ada, jadi hanya daging sapi dan kuah yang tersisa.

Soto menjadi salah satu menu favorit keluarga dan kamu pun bisa masak sendiri di rumah. Jangan lupa untuk memberi rasa sedap dalam setiap resep jangan lupa gunakan daun salam kering yang berasal dari pohon salam untuk dijadikan bumbu alami.

Demikianlah 5 Soto di Bantul yang bisa kamu coba. Dan bila itu semua dirsa kurang kamu mesti coba kuliner lain yang tak kalah menggiurkan.

Apapun yang ada di Jogja pasti uenak tenan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *