Inilah Wisata Edukatif Jogja, MPI

  • Whatsapp

Banyak sekali objek wisata edukatif Jogja yang bisa di kunjungi dan salah satunya adalah Museum Pendidikan Indonesia (MPI) yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Museum ini terletak di sebelah utara Gedung Rektorat UNY dan cukup mudah ditemukan.

museum pendidikan indonesia
gudeg.net

Museum ini telah diresmikan pada tanggal 8 Juli 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Museum ini merupakan museum pendidikan pertama di Indonesia yang mengoleksi barang yang berhubungan dengan sejarah pendidikan di Indonesia.

Jam Buka Museum Pendidikan Indonesia :

Senin – Kamis             : 07.30 – 15.00 WIB

Jumat                           : 07.30 – 14.00 WIB

Sabtu – Minggu          : Tutup (kecuali wisatawan rombongan telah reservasi sebelumnya)

Penggagas Museum Pendidikan Indonesia pertama adalah Rektor UNY waktu itu, Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. Setelah Museum Pendidikan Indonesia UNY didirikan, museum pendidikan lainnya mulai ikut berdiri.

Museum Pendidikan Indonesia UNY merupakan museum yang memiliki ruangan besar. Museum ini memiliki beberapa ruangan utama, antara lain :

  1. Ruang Galeri 1 untuk koleksi foto dan peralatan sekolah
  2. Ruang Galeri 2 untuk para tokoh pendidikan
  3. Ruang Galeri 3 untuk koleksi media pembelajaran
  4. Ruang Apresiasi Karya dan Ruang Cinema Museum Pendidikan Indonesia (Ruang Cinema MPI memiliki kapasitas 116 tempat duduk dengan kualitas sound dolby surround)
  5. Museum Pendidikan Indonesia UNY masih mengembangkan beberapa ruang lain untuk koleksi dan melengkapi fasilitas

Kepala Museum Pendidikan Indonesia UNY saat ini adalah Bapak Sardiman AM., M.Pd. Selain itu, di dalam museum ini juga terdapat staff pengelola dari UNY dan juga edukator.

Koleksi Museum Pendidikan Indonesia UNY sendiri didapatkan dari hibah, pembelian, dan penitipan. Banyak orang yang tertarik untuk menghibahkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan pendidikan saat pertama kali Musem Pendidikan Indonesia dibuka.

Selain itu, koleksi yang berasal dari pembelian, juga bukan koleksi sembarangan. MPI UNY hanya membeli koleksi dari orang yang mempunyai cerita tentang kileksi tersebut dan tentunya yang berhubungan dengan sejarah pendidikan. Koleksi yang didapat dari pembelian contohnya kertas merang yang terbuat dari bubur merang.

Sedangkan koleksi yang berasal dari penitipan, tidak sembarangan barang bisa dititipkan di museum ini. MPI mempunyai syarat tertentu untuk di simpan, syaratnya yaitu harus antik dan boleh diperlihatkan orang. Contoh dari koleksi yang berasal dari penitipan adalah naskah tentang sejarah Indonesia.

Selain dari 3 sumber koleksi diatas, Museum Pendidikan Indonesia UNY juga banyak mendapat koleksi dari Museum Dewantara Kirti Griya dan arsip kurikulum dari kementrian.

Museum Pendidikan Indonesia UNY mengelola berbagai macam koleksi, antara lain buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, dan masih banyak lagi. Semua itu tentu menjadi sarana wisata edukatif Jogja yang menarik.

Fasilitas yang terdapat di Museum Pendidikan Indonesia UNY antara lain, jasa pemandu, leaflet, komputer, toilet, serta ruang pertunjukan atau gedung cinema yang mempunyai kapasitas 116 kursi.

Fasilitas yang berada di sekitar museum itu sendiri adalah tempat parkir, arena bermain, food court, perpustakaan pusat Universitas Negeri Yogyakarta, Gedung Olahraga, Kolam Renang, Auditorium, Hotel UNY, Pendopo, Bank, Kantor Pos, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke dalam Museum Pendidikan Indonesia, tidak dikenakan biaya sama sekali untuk individu, tetapi akan dikenai biaya Rp 2.500,- untuk rombongan kurang lebih 10 orang. Apabila rombongan lebih dari 20 orang, akan mendapatkan diskon. Biaya untuk rombongan ini sudah termasuk dengan Guide dan nonton film di Cinema untuk rombongan.

Untuk menuju Museum Pendidikan Indonesia UNY, kamu langsung saja menuju Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta, yang berada di Jln. Colombo No 1, Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *