8 Desa Wisata di Sleman yang Patut Dikunjungi

  • Whatsapp

Desa Wisata di Sleman, sangat beragam jenisnya tapi memiliki ciri khas bagaimana mengajak pengunjung menikmati suasana pedesaan dengan segala aktifitas. Bercocok tanam, mengurus hewan peliharaan, bermain alat musik tradisional adalah aktifitas yang paling banyak di cari.

Selain itu juga di ajak bermain permainan tradisional atau prakarya semisal membatik. Kuliner yang ditawariakan juga tak jauh dari hasil bumi sekitar.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, Sleman juga terkenal dengan beberapa wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Wisata. Berikut adalah 8 Desa Wisata yang bisa kamu kunjungi ketika kamu sedang berlibur di Sleman :

1. Desa Wisata Pentingsari

http://kotajogja.com

Desa Wisata ini berada di Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, tepatnya di lereng Gunung Merapi.

Desa ini memiliki nuansa pedesaan yang menyejukkan. Masyarakat di Desa Wisata Pentingsari kebanyakan berprofesi sebagai petani. Objek wisata di desa ini antara lain, Ancuran Suci Sendangsari, dan Batu Luweng.

Jika mengunjungi desa wisata ini, kamu bisa merasakan banyak pengalaman, seperti pengalaman outbond, tracking, lava tour merapi, wisata agro pertanian, menyusuri Kali Kuning, dan masih banyak lagi.

2. Desa Wisata Kelor

Desa Wisata Kelor terletak di Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini terkenal dengan keasrian dan keindahan alamnya yang masih terjaga.

Yang ada di dalam desa wisata ini yaitu area perkemahan, berbagai wahana permainan seru, seperti permainan berbahan karet, jembatan buatan di atas kolam, flying fox, dan rumah Joglo.

Kamu bisa tinggal di rumah khas tradisional orang Jogja tersebut. Rumah adat ini terbuat dari kayu jati yang sudah dipilih.

3. Desa Wisata Grogol

Desa Wisata Grogol terletak di Dusun Grogol, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata Grogol terkenal dengan seni dan budayanya.

Beberapa kekayaan seni dan budaya yang dimiliki desa wisata ini adalah Ketoprak, Wayang Kulit, Wayang Orang, Karawitan, Kuda Lumping, Cokekan, Keroncong, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga beberapa sanggar untuk belajar seni budaya tradisional, contohnya Sanggar Wijaya Kusuma, Sanggar Bujo Gati, Sanggar Sekar Rinonce, dan Sanggar Ki Sarju.

4. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung terletak di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Salah satu yang terkenal dari Desa Wisata Tanjung adalah perilaku masyarakat yang masih tradisional, dan adanya bangunan Rumah Joglo yang katanya telah berusia 200 tahun.

5. Desa Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong terletak di Padukuhan Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Desa wisata ini terkenal dengan wisata kerajinan tenunnya yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kerajinan tenun tradisional ini masih menggunakan  Alat Tenun, Bukan Mesin.

6. Desa Wisata Sambi

Desa Wisata Sambi ada di  Jalan Kaliurang KM 19.2, Dusun Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Suasana di Desa Wisata Sambi sangat nyaman dan tenang. Selain itu, Desa Wisata Sambi juga menawarkan arena outbound yang berada di Ledok Sambi.

7. Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum berada di Kembang Arum, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Di Desa Wisata Kembang Arum terdapat wisata edukasi dan disediakan pembelajaran seni, budaya, dan lingkungan alam. Selain itu, di desa wisata ini terdapat fasilitas kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami.

8. Desa Wisata Gabugan

Desa Wisata ini terletak di Jalan Tempel Pakem, Gabugan, Donokerto, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Desa ini terkenal dengan salak Pondohnya yang merupakan salah satu ikon dari Kabupaten Sleman di bidang Agrobisnis. Desa wisata ini juga memiliki berbagai kesenian dan budaya, seperti Jathilan, Karawitan, Wayang Kulit, dan Ketoprak.

Desa Wisata tak hanya di Sleman saja tapi masih ada banyak lagi yang patut dikunjungi. Bila masih kurang geserlah ke Kota Jogja, Bantul, Kulonprogo atau Gunungkidul.

Di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat puluhan desa wisata dan beberapa telah go international. Cintailah wisata lokal. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *