Input your search keywords and press Enter.

Mengenal Lebih Dekat Shiva Plateau, Bukit Para Dewa di Sleman

watu payung shiva plateu

Sleman tak mau kalah dengan wilayah lain dalam hal optimasi objek wisata alam yang ada. Kini salah satu yang tengah digarap dan bakal menjadi unggulan adalah Shiva Plateau.

watu payung shiva plateu

hipwee.com


Objek wisata berbasis alam ini menyediakan 3 lokasi berbeda dengan segala keunikannya mulai dari Selo Langit, Bukit Klumprit dan Bukit Teletubbies. Ketiganya berada di Kecamatan Prambanan ini akan lebih berkesan bila dijelajahi dengan motor offroad. Jalan yang berliku seolah memberi tantangan tersendiri bagi mereka yang suka berpetualang.

Terlebih berbagai objek wisata ini masih alami dan mengandalkan peninggalan masa lalu. Dengan demikian meski tidak dipoles pun sudah memiliki nilai jual.

Shiva Plateau berasal dari kata Shiva atau Dewa Siwa dalam ajaran agama Hindu dan Plateau yang berarti bukit. Dengan demikian secara sederhana maka Shiva Plateau dapat diartikan sebagai bukit atau tanah para dewa.

Seperti yang diketahui bahwa di wilayah Prambanan terdapat banyak candi yang bisa dikunjungi semisal Candi Ratu Boko, Candi Kalasan, Candi Sambi Sari, Candi Ijo, Candi Gebang dan masih banyak lagi. Diantara beberapa candi tersebut sudah pasti Candi Prambanan sebagai candi unggulan.

Berkunjung ke objek wisata yang berdekatan dengan Tebing Breksi ini paling pas disambangi saat pagi atau sore hari. Diatas ketinggian kita dapat menyaksikan matahari saat terbit atau terbenam.

Saat waktu tersebut tiba jangan baper karena nuansa akan menjadi lebih sayu dan romantis. Tak jarang mereka yang datang ke objek wisata ini adalah muda mudi yang sedang memadu kasih.

Dilokasi pertama Selo Langit kita dapat melihat hamparan sawah nan hijau yang masuk area Sleman dan Klaten. Maklum saja karena kecamatan Prambanan sendiri berbatasan langsung dengan Klaten.

Dilokasi selanjutnya Bukit Klumprit yang berada di Dusun Klumprit, Desa Wukirharjo ini menawarkan sensasi matahari kala terbit dan terbenam. Tak aneh rasanya bila pengunjung rela memutar arah kembali ke lokasi ini untuk mendapatkan momentum tersebut.

Selai itu Bukit Klumprit khas akan kontur tanahnya yang unik. Bebatuan yang ada di bukit seolah dilukis oleh tangan ahli padahal terbentuk secara alami.

Lukisan tersebut terbentuk selama ribuan tahun yang diakibatkan aliran air. Sama uniknya bila kamu pernah berkunjung ke Lava Bantal yang ada di Kecamatan Berbah.

Dan spot terakhir tentu saja bukit Teletubbies. Dan sesuai namanya dari tempat ini dapat disaksikan keindahan Desa Wisata Teletubbies yang letaknya tidak terlauh jauh.

Kini tampilan rumah yang dipopulerkan film kartun tersebut lebi fresh. Dengan cat warna warni bagaikan pelangi sehingga beda dengan tampilannya yang dulu untuk kali pertama.

Penasaran bukan, dan kalau kamu tidak ingin capek kini ada pengelola wisata Shiva Plateau yang menyedikan mobil jeep untuk disewa. Selain mendapat pengalaman menjelajah alam bebas tentu mendapat tour guide sekaligus.

Memulai menulis sejak 2004 dengan bergabung pada pers kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Setelah lulus melanjutkan pengalaman menulis di Tribun Lampung Kompas Gramedia. Saat ini kegiatan sehari-hari selain menulis untuk kanaljogja.com juga masih menulis untuk beberapa media online lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *