Air Terjun Kembang Soka, Salah Satu Paling Tersembunyi Tapi Banyak Dicari

  • Whatsapp

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Air Terjun Setawing dan Grojogan Sewu bila tak menuntaskan ke Air Terjun Kembang Soka. Letaknya tak begitu jauh karena masih ada di wilayah Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo.

air terjun kembang soka
destinasiasik.blogspot.com

Hanya saja untuk menuju tempat ini dibutuhkan fisik yang prima untuk hiking. Meski dua air terjun yang pertama telah cukup menguras tenaga karena memang lokasi air terjun lumayan jauh. Dan untuk Air Terjun Kembang Soka ini letaknya masih lebih jauh.

Bisa dibayangkan berapa ratus meter harus blusukan di kebun atau pekarangan orang. Tapi semua itu akan terbayar dengan keceriaan manakala tujuan dimaksud telah ditemukan.

Kesegaran dan suasana tenang itu yang pasti ada. Sesaat untuk menenangkan hati dan pikiran setelah cukup lama dengan rutinitas tentu menjadi sesuatu yang beda. Sesuatu yang sepadan dengan perjuangan yang harus dilewati.

Untuk menuju tempat ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Dari pusat kota Jogja bisa lurus ke arah barat melalui Jalan Godean. Setelah menemukan perempatan Kenteng Kulon Progo masih lurus ke barat hingga sampai arah Pasar Jonggrangan Girimulyo.

Sesampai di pasar ini maka sudah banyak objek wisata alami yang ditawarkan. Oleh karena itu sangat di sarankan untuk bertanya. Bukan karena apa, selain akses jalan yang belum bagus lokasi masing-masing lokasi memang ada di “dalam” perkampungan.

Layaknya pekerjaan seorang detektif dimana para pengunjung dipaksa untuk mencari jalan alternative terdekat untuk sampai lokasi. Jangan sampai salah jalan dan mengakibatkan jarak semakin jauh.

Beruntung selama beberapa bulan terakhir ini telah dipasang banner atau papan petunjuk yang akan membantu para wisatawan. Tata kelola yang masih dalam proses membuat para wisatawan kadang bingung lokasi parkir paling tepat dalam arti paling dekat dengan lokasi.

Hanya saja yang pasti dan harus diperhatikan adalah kendaraan benar-benar prima. Terlebih pada musim hujan dimana jalanan bisa semakin licin. Jangan lupa cek bensin, rem dan angin. Jangan sampai niat semula refreshing tapi malah akan uring-uringan sebelum sampai lokasi.

Air terjun Kembang Soka ini pada dasarnya terletak di dua dusun tapi lebih banyak dikenal berada di dusun Gunungkelir. Jadi usahakan bila bertanya langsung to the point untuk menuju dusun di maksud.

Karakteristik unik dan khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain antara lain adanya batu sediman warna merah yang cukup besar.

Selain itu air terjun yang dihasilkan berwarna putih dan hijau akibat lumut. Sementara itu untuk dasar sungai akan ada aksen warna kuning.

Oh iya, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Sangat disayangkan bila sampai di lokasi tersembunyi ini untuk tidak mandi atau sekedar bermain air.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *