Air Terjun Watu Jonggol, Satu Keindahan di Dasar Lembah

  • Whatsapp

Air terjun Watu Jonggol menjadi objek alternative manakala berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo. Selain melihat hamparan teh pengunjung akan disuguhi dengan air terjun setinggi puluhan meter.

air terjun watu jonggol
jokoyugiyanto.com

Biaya masuk ke tempat ini sangat murah karena dengan retribusi Rp 3.000,- pengunjung telah bisa memasuki Desa Wisata Nglinggo yang didalamnya ada kebun teh dan air terjun Watu Jonggol. Hanya saja untuk menuju tempat ini pastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Banyak dari pengunjung yang memaksa ‘boncenger’ harus turun dari tempat duduk karena motor tidak bisa bergerak. Terlebih pada musim hujan, jalan yang tidak terlalu lebar akan terasa lebih licin. Selain itu jalan yang berkelok atau penuh tikungan tajam membuat siapa saja lebih waspada bila ingin selamat.

Sesampai di dusun terdekat dengan air terjun, pengunjung masih dipaksa harus berjalan di jalan setapak sejauh lebih kurang 500 meter. Setidaknya butuh waktu 15 menit untuk sampai dengan lokasi.

Jalan setapak yang sempit dan curam tak bisa dilalui dua orang yang berpas-pasan. Bagaikan di jalan padat yang mana salah satu harus mengalah dan memberi kesempatan yang lain untuk melintas terlebih dahulu.

Sesampai di air terjun yang ada di bawah lembah wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan air yang meluncur deras. Banyak dari wisatawan yang rela berbasah-basah ria untuk mendapat spot terbaik. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti atau harus pulang dengan baju yang basah.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun terdapat titik-titik yang biasa digunakan untuk berfoto-foto ria. Dan background yang dipilih tentu saja air terjun setinggi lebih kurang 60 meter tersebut.

Perlu diperhatikan manakala musim hujan terutama seusai hujan besar. Tak terelakan jumlah debit air akan bertambah lebih besar dan jangan langsung ada di bawah air terjun. Jangan sampai kepada dan badan akan terasa sakit manakala tak mampu menahan derasnya air.

Puas bermain air dan ingin menghirup udara segar ada baiknya menuju area kebun teh Nglinggo dengan puncak Gunung Jaran. Tak ada salahnya juga untuk mencicipi teh buatan petani setempat untuk menyegarkan badan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *