Bakmi Mbah Mo, Legenda Bakmi Jowo Dari Jogja

Berbicara tentang bakmi Jowo tak lengkap rasanya tanpa menyebut Bakmi Mbah Mo. Seolah telah menjadi legenda, warung sederhana yang telah buka sejak tahun 1986 ini menjadi pilihan utama bagi pecinta kuliner.

bakmi mbah mo
instagram.com/jksetia

Letaknya lumayan jauh kalau dari pusat kota karena berada di Desa Code, Trirenggo Bantul. Atau dari Jogja bisa menyusuri jalan Parangtritis kemudian setelah sampai perempatan Manding ambil kanan. Bisa juga melalui jalan Bantul. Bila telah ketemu lampu bangjo ambil kiri.

Letaknya ada di pinggir sawah dan kini para pengunjung di mudahkan dengan adanya papan petunjuk. Bila masih bingung juga silakan bertanya, jaminan 100 persen orang sekitar Bantul tahu pasti lokasi Bakmi Mbah Mo.

Sepintas melihat bakmi yang di sajikan tidak ada yang istimewa, hampir tak ada beda dengan bakmi pada umumnya. Kata istimewa itu bila sendok telah masuk di dalam mulut dan rasa telah menjalar di sekujur lidah.

Ada baiknya bila ingin menikmati menu tanpa menungu terlalu lama datang sebelum pukul 7 malam atau setelah jam 9 malam. Kalau sudah terlambat bisa jadi untuk menikmati sajian khas bakmi Jowo akan hilang karena terlalu lama menunggu.

Tapi kalau memang ingin berwisata kuliner memang ada baiknya datang antara pukul 7 hingga 9 malam. Melihat Pak Mulidi meracik dan memasak bakmi dengan alat sederhana. Berupa tungku yang mencerminkan tradisional sehingga citarasa tetap terjaga.

Bila diperhatikan lebih jauh, baik bahan atau bumbu juga tidak ada yang spesial mulai dari bakmi, kubis, telur, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Hanya saja mungkin sense atau sentuhan saja yang membedakannya.

Keistimewaan lain tempat ini daripada tempat lain adalah keramahan Pak Mulidi dan karyawannya. Yang mana mereka tak segan untuk menyapa lebih dulu. Berdasar penuturan Pak Mulidi yang juga berprosesi sebagai pengajar di Entrepreneur University (EU) ini mengatakan bahwa rahasia sukses bisnisnya adalah menjalin komunikasi dengan para tamunya.

Dengan banyak berkomunikasi selain mempromosikan dagangan juga akan membuat para tamu lebih nyaman dalam berkunjung. Servis menjadi bagian yang sangat diperhatikan dalam menjaga kesetiaan para tamu yang hadir.

Sukses Bakmi Mbah Mo kini telah dikelola lebih baik dan dibuat waralaba. Hanya saja nama waralaba yang dipilih adalah Bakmi Pak Man Jogja. Kini waralaba yang dikelola telah ada dibelasan kota. Hal tersebut tentu saja sebagai pengakuan eksistensi resep Bakmi Mbah Mo patut diperhitungkan.

Puas mencoba bakmi yang satu ini dan ingin mencoba yang lain. Ini referensi yang bisa kamu pilih antara lain bakmi Jawa Gunungkidul, bakmi Pak Tris, bakmi Kadin, bakmi Shibitsu, dan pastinya masih ada 6 bakmi Jawa paling rekomended ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan