Ini Dia Agenda Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019

  • Whatsapp

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 kali ini dipastikan berbeda dengan FKY-FKY sebelumnya. Dimana dalam gelaran tahun ini mengangkat tema MULANIRA: ruang | ragam | interaksi.

Bacaan Lainnya

fky 2019
instagram.com/oleholehfky

FKY 2019 kali ini akan digelar mulai 4 Juli hingga 21 Juli 2019. Supaya kamu tak menyesel sedikit bocoran dri beberapa agenda yang tak boleh terlewatkan.

Kegiatan tahunan berbasis budaya kali ini dipusatkan di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Namun dalam kenyataanya ada beberapa event yang digelar di lokasi berbeda dan berikut rangkumannya;

1. Pawai Pembukaan (4 Juli 2019)

Tepat pada Kamis, 4 Juli 2019 akan digelar pawai pembukaan sebagai tanda FKY 2019 telah dimulai. Tahun ini pawai pembukaan akan digelar di 2 titik berbeda dimana satu titik akan dimulai dari Kepatihan. Selanjutnya titik kedua akan memulai pawai dari Alun-Alun Pakualaman.

Mereka akan berjalan bersama dan nanti akan berkumpul di kawasan Nol Kilometer. Persisnya mereka akan bertemu dibekas Gedung Sonobudoyo dimana para tamu undangan berada.

Aneka hiburan akan disuguhkan oleh lebih kurang 33 kontingan. Mereka berasal dari berbagai komunitas seni budaya, sanggar, institusi pendidikan hingga perwakilan desa budaya.

2. Program Wirama – Wiraga – Wirasa (8 sampai 16 Juli 2019)

Tiga jenis kegiatan akan hadir dalam kurun waktu tersebut.

a. Wirama
Dalam gelaran ini para pengunjung akan disuguhkan pameran seni rupa yang sedianya akan menempati Gedung Sonobudoyo (eks-KONI). Bagi kamu pecinta seni rupa harus mengagendakan diri untuk ketempat ini untuk melihat aneka seni rupa dari para seniman.

b. Wiraga
Kali ini wiraga akan direpresentasikan dalam bentuk pameran instalasi publik. Untuk lokasi yang dipilih adalah Alun-Alun Kidul. Jangan kaget bila kemudian saat berkunjung ke tempat ini odong-odong akan bermetamorforsis menjadi satu karya seni.

c. Wirasa
Khusus pecinta musik maka kamu harus datang dan nikmati suguhan Kinanthi Sandung yang telah digubah. Mereka yaang akan tampil adalah seniman musik yang akan berkolaborasi dengan anak didik Taman Siswa.

3. Teater (17 Juli 2019)

Pecinta teater di Jogja akan disuguhkan hiburan apik di Pendopo Art Space. Mereka yang akan unjuk penamapilan adalah pelaku seni teater dari Teater Gajah Mada. Penampian mereka kian menawan berkat kerja sama sutradara senior dan junior yang berkolaborasi.

4. Panggung Kontemporer: Lintasan (19 Juli 2019)

Mengusung tema besar Elektronika – Gamelan – Visual menjadi rujukan bahwa dalam paanggung ini akan kental akan tiga hal tersebut. Dimana alat musik kekininan akan kolaborasi dengan alat musik tradisional (gamelan) di dukung seni visual.

5. Pesta Rakyat Kampung Terban (13 Juli 2019)

Kampung Terban tak ingin ketinggalan dan mereka akan menggelar pertunjukan sebagai representasi potensi seni budaya setempat. Tercatat setidaknya ada pementasan ketoprak tuna netra, macapatan dan musik siap menghibur pengunjung. Selain itu masih ada bazar untuk para tamu yang hadir.

6. PANGGIH (15 Juli 2019)

Tak ubahnya dalam tradisi pernikahan di Jawa. Panggih pun hadir untuk membangun ruang dialog antar elemen budaya dalam tradisi Jawa.

Selain 6 agenda utama diatas masih banyak agenda lain untuk diikuti dan dikunjungi semisal Pasar Seni yang akan diikuti 50 stan. Pasar Seni ini akan digelar di Kampoeng Mataraman dan buka setiap hari.

Tak cukup 50 stan maka tongkrongi Pasar Tiban dimana ada 20 stan produk kreatif dan 10 stan produk kuliner. Pasar Tiban ini akan hadir tiap Jumat hingga Minggu jadi pastikan tidak salah pilih waktu.

Yang banyak dinanti dari FKY 2019 tentu hadirnya berbagai workshop, lokakarya dan diskusi yang erat kaitan dengan seni dan budaya. Mumpung masih ada waktu ayo susun agenda untuk menikmati keseruan Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *