Home Wisata Kampung Mataraman Hadirkan Suasana Kejayaan Mataram Islam Langsung ke Wisatawan

Kampung Mataraman Hadirkan Suasana Kejayaan Mataram Islam Langsung ke Wisatawan

2 202

Satu lagi objek wisata berbasis sejarah di Jogja yang wajib dicoba. Sangat rekomended tentunya karena mungkin belum ada tempat lain yang menggagas.

kampung mataraman

bumdes.id


Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada tak jauh dari Ring Road Selatan, tepatnya ada di Dusun Glugo, Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Kampung Mataraman, demikian namanya dan bisa ditebak kalau kampung yang satu ini akan menghadirkan kembali suasana kehidupan dimasa Mataram Islam.

Bukan hanya dihadirkan fisik semata semisal bangunan kala itu yang serba sederhana dan tanpa listrik. Namun pihak pengelola juga menyuguhkan aneka kuliner yang ada di tempo dulu.

Selain itu orang-orang yang ada di Kampung Mataraman akan berdandan sesuai eranya. Seolah ingin menarik memori wisatawan yang mana mereka hanya melihat suasana di masa kerajaan Mataram melalui televisi atau artikel.

Tapi kini suasana itu benar-benar hadir dikehidupan nyata. Bahkan aneka kuliner tempo dulu pun dihadirkan.

Semua dimasak dan disajikan tak ubahnya di jaman kerajaan. Selain menggunakan tunggu dan kayu bakar bumbu yang disajikan pun hanya rempah-rempa asli tanpa sentuhan pabrik.

Objek wisata yang mulai digagas sejak akhir bulan Juni 2017 ini telah menampakkan hasil. Dimana tiap bulan jumlah kunjungan wisatawan bertambah.

Konsep wisata sejarah ini di kelola Bumdes Panggung Lestari dengan menggunakan tanah kas desa seluas enam hektare. Hampir seluruh pengelola dan orang yang terlibat di dalamnya adalah warga sekitar Panggungharjo, Bantul.

Menjadi catatan menarik mengingat tahun lalu desa ini ditahbiskan sebagai desa terbaik nasional. Mampu mengalahkan puluhan ribu desa di tanah air karena memiliki tata kelola desa yang baik dan kini mereka hadir dengan sesuatu yang fresh.

Objek wisata edukasi ini tentu diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para orang tua untuk mendidik putra putrinya. Dimana rata-rata tingkat minat terhadap museum semakin berkurang.

Dengan adanya Kampung Mataraman maka anak-anak dapat belajar tentang sejarah dengan berada dalam seting tersebut. Mereka akan melihat dan merasakan apa yang terjadi pada masa lalu.

Ada baiknya bila berkunjung secara rombongan agar lebih seru. Selain belajar tentang sejarah peserta akan diajak untuk melakukan aneka permainan tempo dulu yang sekarang mulai jarang dimainkan.

Selain Kampung Mataraman di Jogja terdapat puluhan desa wisata yang sangat sayang kalau terlewatkan. Diantara banyaknya desa wisata yang bisa dipilih ada beberapa yang telah mendunia.

2 COMMENTS

Leave a Reply