Inilah Beberapa Tempat Belanja di Jogja Yang Asik Banget

  • Whatsapp

Jogja tak hanya surga bagi mereka yang ingin berburu tempat wisata alam dan kuliner. Namun, di kota ini juga menawarkan berbagai pilihan tempat belanja di Jogja yang asik banget untuk dikunjungi.

Menelusuri berbagai tempat berbelanja baik yang ada di pusat kota maupun tersembunyi tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Bebas memilih dan sering kali bisa mendapatkan harga miring tentu adalah nilai plus.

Bacaan Lainnya

Tempat Belanja di Jogja ini Sesuatu Banget

Berharap setelah membaca ulasan ini kamu bisa lebih banyak pilihan. Selama ada di Jogja nantinya akan ke mana saja. Malioboro dan Pasar Beringharjo itu pasti, tapi pertanyaannya setelah itu akan lanjut ke mana.

Yuk simak beberapa tempat belanja di Jogja yang oke banget ini!

  1. Malioboro

malioboro tempat belanja di jogja
instagram.com/nickcyyrevellina

Seperti yang kita tahu, tempat ini sangat populer bagi para wisatawan. Bahkan bisa jadi lebih populer daripada nama Jogja itu sendiri.

Wajar kiranya bila hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja tahu betul tempat ini. Tempat yang menjajakan pernak pernik dengan harga murah meriah.

Bahkan kaos keren pun bisa di dapat dengan harga belasan ribu. Produk di sini biasanya dibeli untuk oleh-oleh dalam jumlah besar.

Di tempat ini, kamu akan melihat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan. Barang yang dijual pun jenisnya beraneka ragam mulai dari pakaian batik, kaos , aksesoris dan lain-lain.

  1. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
instagram.com/gde_wira

Usai menelusuri Jalan Malioboro maka akan ditemukan Pasar Beringharjo. Salah satu pasar tertua dan terlengkap di Jogja ini adalah favorit kaum emak-emak.

Di sini mereka bisa menemika aneka barang yang dijual dengan harga menggiurkan. Tak jarang mereka yang masuk kemudian khilaf karena saat pulang membawa tentengan yang sangat banyak.

Susuri tiap sudutnya perlahan-lahan. Jangan sampai ada yang terlewatkan dan jangan lupa untuk cek 3 harga sebelum memutuskan barang yang akan dibeli.

Di sini psatinya kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang relatif murah. Jangan lupa menawar harga saat berbelanja di Pasar Beringharjo ya.

  1. Pasar Klithikan

pasar klitikan jogja
ragamkota.blogspot.com

Pasar Klithikan yang ada di Jalan HOS Cokroaminoti No 34 ini terkenal dengan tempat yang menyediakan berbagai macam barang bekas mulai dari pakaian, barang antik dan onderdil motor.

Pada jaman dulu Pasar Klithikan juga disebut sebagai pasar “maling”. Konon, barang-barang yang dijual di pasar ini merupakan barang-barang hasil curian yang dijual kembali. Eits, ternyata anggapan ini salah. Para pedagang di pasar ini bukan para penadah kok.

Di pasar ini pun kamu bisa mendapatkan aneka produk yang bisa jadi tidak ditemukan di tempat lain. Semisal saja onderdil produk lawas atau mata uang kuno.

Mereka yang hobi berburu pernak pernik tak biasa pun sangat disarankan disini. Siapa tahu saat jalan-jalan kemudian melihat satu benda yang selama ini dicari dan tidak ditemukan di toko manapun.

  1. Manding, Sentra Industri Kerajinan Kulit

manding jogja
instagram.com/jengdiajeng

Kalau kamu suka barang-barang yang terbuat dari bahan kulit, Manding bisa menjadi tujuan tempat belanja di Jogjakarta yang asik. Desa Manding terletak di Jalan Parangtritis km 11, Bantul.

Sepanjang jalan dengan mudah akan ditemukan toko yang menjual aneka produk dari bahan kulit. Di beberapa tempat juga ada workshop yang menjadi satu. Dengan demikian kita bisa melihat secara langsung proses pembuatannya.

Barang yang dijual beraneka ragam mulai dari tas, sepatu, dompet, ikat pinggang, jaket dan lain-lain. Di sini kamu bisa dapatkan berbagai kebutuhan dari kulit asli dengan harga yang lebih terjangkau.

Menemukan barang yang sesuai dan ternyata ukuran kurang pas. Tenang, kamu bisa request dengan mereka untuk dibuatkan sesuai dengan keinginan.

  1. Kasongan

gerabah kasongan
instagram.com/yosafatyk

Kasongan merupakan salah satu daerah di Jogja yang terkenal sebagai penghasil gerabah atau keramik. Wajar kemudian bila para wisatawan yang berkunjung menyempatkan untuk mampir ke sini.

Kasongan itu sendiri terletak di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan dari tanah liat seperti pot dan guci yang sangat menawan.

Saat ini mereka tak hanya terkenal dengan produksi gerabah saja. Tapi mereka memiliki produk anyaman yang begitu luar biasa indah.

Tangan-tangan terampil menghasilkan produk berkelas internasional. Dibuktikan banyaknya wisatawan dari manca yang datang dan berbelanja. Selanjutnya tak jarang mereka menjalin komunikasi jarak jauh dan bisnis itu tercipta.

  1. Pasar Seni Gabusan

pasar seni gabusan
instagram.com/pasarsenigabusanbantul

Tak cuma Malioboro saja yang bisa kamu kunjungi. Satu tempat belanja di Jogja yang menyuguhkan berbagai macam benda kerajinan sudah pasti Pasar Seni Gabusan.

Yang menarik dari pasar seni ini tentu saja pilihan yang sangat banyak. Hampir semua produk kerajinan dan seni dari Kabupaten Bantul bisa ditemukan di sini.

Sangat praktis bagi kalian yang tidak ingin menyusuri masing-masing sentra kerajinan yang ada. Cukup datang ke lapak mereka dan melihat-lihat. Bila ada yang ingin ditanyakan jangan ragu, mereka dengan senang hati untuk membantu.

Aneka benda seni dan kerajinan dijual di pasar ini. Mulai dari kerajianan yang berasal dari batik, kulit, kayu, bambu, gerabah, hingga logam bisa ditemukan.

Asiknya, jenis produk yang dijual dikelompokkan dalam satu blok. Hal ini memudahkan bagi para pengunjung untuk menemukan barang dicari.

  1. Berburu buku di “Shopping”

shopping jogja
instagram.com/dilfadiel

“Shopping” pada zaman dulu adalah surga bagi para pencari buku cetak. Mau cetakan baru atau lawas bisa dipastikan ditemukan di tempat ini. Bahkan kamu yang ingin mencari hasil penelitian berupa jurnal ataupun skripsi bisa menemukannya.

Saya pun dulu saat masih kuliah kerajinan berkunjung ke tempat ini karena harga yang ditawarkan sangat murah. Meski bukan buku asli pun tapi kalau secara isi sama kenapa harus beli yang mahal bukan.

Saat ini mungkin kalau kamu mencari shopping tidak akan menemukan. Karena nama tempat ini telah berubah menjadi Komplek Buku Taman Pintar tapi masih ada juga beberapa yang mengatakan shoping.

Letaknya cukup mudah ditemukan karena berada di samping Taman Pintar Yogyakarta.

Dari 7 referensi tempat belanja di Jogja yang asik di atas kira-kira sudah mana saja yang kamu kunjungi. Bila kurang dari 5 tentu sungguh terlalu.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *