Home Wisata Masjid An Nurumi, Salah Satu Masjid Bak Negeri Dongeng di Sisi Timur...

Masjid An Nurumi, Salah Satu Masjid Bak Negeri Dongeng di Sisi Timur Jogja

0 401

Saat bulan ramadan seperti saat ini paling enak berburu masjid indah dan unik. Selain untuk beribadah sekaligus mengagumi keindahannya. Dan bila kamu ada disisi timur Jogja harus menyempatkan ke Masjid An Nurumi.

masjid an nurumi

brilio.net


Letaknya yang sangat strategis karena berada persis di sisi Jalan Solo Km 15, Desa Candisari, Kecamatan Kalasan, Sleman membuat bangunan mencolok ini senantiasa mencuri fokus. Banyak yang gagal paham dan mengira bahwa bangunan warna warni ini layaknya toko boneka atau taman bermain bak negeri dongeng.

Tak salah memang bila ada anggapan tersebut karena secara fisik memang begitu adanya. Kubah warna-warni dan banyak menara demikian yang terlihat. Namun begitu didekati maka ciri-ciri masjid akan nampak kemudian.

Tak tanggung-tanggung jumlah kubah di masjid yang tak begitu besar ini karena mencapai 9 buah. Dan salah satu kubah paling tinggi yang ada di tengah difungsikan sekaligus sebagai menara.

Saat kaki menginjakkan pintu masjid maka keindahan itu akan semakin lengkap dengan interiornya yang sangat unik. Kaligrafi dan warna-warni layaknya permen juga akan ditemukan.

Tak jarang ada yang menyebut bangunan unik ini dengan masjid permen. Selain itu bagi mereka yang pernah melihat bangunan sejenis akan mengatakan masjid Kremlin. Hal ini karena bangunan kesohor itu ada di Moscow, Rusia.

Berdasar informasi yang ada Masjid An Nurumi ini dibangun oleh keluarga Hajad Umi Nursalim yang diketahui sebagai pengusaha ayam goreng. Dan masjid indah ini adalah bagian dari nazarnya manakala dulu berkunjung ke negara pecahan Uni Sovyet tersebut.

Bangunan yang diresmikan tahun 2007 silam oleh Sri Sultan HB ini terinspirasi Istana Saint Basil Cathedral yang di Kremlin. Tapi setelah dicermati ternyata yang benar-benar mirip hanya penggunaan warna dan kubuh saja.

Selain Masijd An Nurumi di Jogja ternyata masih banyak masjid unik. Dikatakan unik karena secara penampilan benar-benar beda. Beberapa yang cukup popular antara lain Masjid Kristal dan Masjid Saka Tunggal.

Nah penasaran bukan, yuk kita menyempatkan diri barang sejenak di masjid mungil ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply