Sembilan Lokasi Wisata Religi di Jogja

Banyak hal bisa di ulik dari Jogja. Tidak saja hanya terkenal sebagai Kota Wisata karena keindahan alam dan seni budayanya. Tapi, Jogja juga dikenal sebagai basis wisata religi.

Ada beberapa tempat ibadah yang memiliki fungsi lebih. Bukan sebatas hanya untuk berhubungan dengan Tuhan semata tapi lokasi-lokasi tersebut layak juga sebagai lokasi wisata religi.

Bacaan Lainnya

Diantara sekian banyak wisata religi di Jogja setidaknya ada 9 lokasi yang menjadi primadona. Wisata religi tersebut cukup variatif mengingat peradapan di Jogja sangat majemuk.

1. Masjid Agung Kotagede

masjid agung kotagede
njogja.com

Salah satu lokasi wisata religi di Jogja ini sangat terkenal. Selain karena memang bisa dibilang sebagai masjid pertama di Jogja juga tak terlepas dari sejarah yang mana kerajaan Mataram Islam kali pertama ada di Kotagede.

Bangunan yang sangat megah dan bisa bertahan dengan apik hingga saat ini tentu menjadi nilai tambah. Siapapun yang berkunjung seolah akan diantar mesin waktu dan mereka akan kembali ke beberapa abad silam.

Lokasinya sangat mudah ditemukan karena ada di satu wilayah yang berdampingan dengan beberapa objek wisata lain. Salah satu yang legendaris tentu saja Pasar Kotageda yang menjajakan aneka kebutuhan.

2. Masjid Agung Kauman

masjid agung kauman jogja
corlena.wordpress.com

Berada di dekat Keraton Yogyakarta membuat masjid ini dipenuhi jemaat pada waktu sholat. Mereka selain untuk beribadah tentu saja untuk ngadem sesaat.

Terlebih pada tengah hari dimana seringkali matahari kurang bersahabat. Meski tanpa pendingin ruangan tapi berada di sekitar masjid membuat hati dan pikiran tenang.

Pada hari-hari tertentu Masjid Agung Kauman akan penuh sesak karena dijadikan lokasi puncak acara. Satu yang pasti adalah Prosesi Gunungan yang dihelat tiap tahun oleh pihak Keraton Jogja.

3. Sendangsono

sendangsono kulonprogo
sabdatamatours.wordpress.com

Bagi kamu yang pernah di Kulonprogo pasti tak asing dengan Sendangsono. Tidak saja hanya terkenal dengan Gereja Katoliknya saja tapi juga lokasinya yang indah dan asri.

Sendangsono sendiri mulai dikenal sejak awal 1900 tak kala Romo Van Lith membabtis ratusan warga yang menganut agama Katholik. Sejak saat itu mata air ini sering dikunjungi warga.

Di area Sendangsono terdapat beberapa kapel kecil yang sering digunakan untuk ibadah. Saat ini Sendangsono telah ramai dikunjungi wisatawan yang secara to the point mengatakan ingin wisata religi.

4. Gereja Ganjuran

gereja ganjuran bantul
isigood.com

Selain Sendangsono bagi umat Katolik masih ada satu gereja istimewa yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah sekaligus wisata religi di Jogja. Gereja Ganjuran ini bentuknya sangat klasik karena perpaduan peradaban Jawa Hindu.

Di gereja ini akan ditemukan Yesus dalam balutan kain Jawa. Begitu juga dengan Bunda Maria yang mengenakan pakaian khas Jawa Hindu.

Dalam kompleks gereja juga terdapat candi yang seperti diketahui adalah banguna khas Hindu. Yang pasti berada di area gereja di Bantul ini membuat semua menjadi teduh.

5. Pura Vaikuntha Vyomantara

 berandajogja (Beranda Jogja)  25 days ago Pura Vaikuntha Vyomantara
mulpix.com/instagram/tni_au_di_yogyakarta

Di Jogja ingin rasa Bali, ada baiknya datang ke Kompleks AAU yang ada di Janti. Disini akan ditemukan Pura atau tempat ibadah bagi agama Hindu.

Seperti diketahui bahwa Hindu merupakan agama mayoritas bagi orang Bali. Nah, objek wisata religi di Jogja ini benar-benar membuat seseorang serasa ada di Pulau Dewata.

Meski berada di area penerbang tapi tidak menghalangi siapa saja untuk berkunjung. Pura ditengah kota ini telah menjadi simbol bahwa Jogja sangat toleransi dengan keberagaman.

6. Klenteng Gondomanan

klenteng gondomanan
travelinginparadise.blogspot.co.id

Saat berada di pusat kota atau tepatnya di Gondomanan jangan kaget bila akan menemukan klenteng. Klenteng Bhudda Prabha atau Klenteng Gondomanan begitu biasa di sebut karena lokasinya memang ada di Gondomanan.

Berada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3 Jogja membuat tempat ibadah etnis Tionghoa ini berdekatan dengan Keraton Jogja, Taman Pintar, Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo dan tentunya Malioboro. Satu paket liburan murah meriah bermodalkan jalan kaki.

8. Goa Maria Tritis

goa maria tritis
travelinginparadise.blogspot.co.id

Tidak saja berada di Jogja, Kulonprogo dan Bantul. Wisata Religi ada dijuga di Gunungkidul tepatnya ada di Paliyan.

Objek wisata Gua Maria Tritis ini berupa gua yang terbentuk secara alami. Jangan kaget bila mendengar tetesan air terdengar begitu nyaring dan indah.

Selain itu masih ada stalaktit dan stalagmit. Ornamen gua yang benar-benar indah dan terbentuk dalam waktu ribuan tahun.

9. Sendang Sriningsih

sendang sriningsih prambanan
padrepio4.blogspot.com

Terakhir lokasi wisata religi di Jogja yang menarik adalah Sendang Sriningsih yang ada di Prambanan, Sleman. Seolah menjadi warna baru mengingat saat ini publik hanya tahu Prambanan dikenal dengan aneka candi yang tak lain adalah simbol Hindu dan Budha.

Bedanya tempat ibadah ini di bangun pada tahun 1934. Lokasi yang sebelumnya bernama Sendang Duren ini berganti nama menjadi Sriningsih yang memiliki arti perantara rahmat Tuhan pada umatnya.

Semenjak memasuki area pintu masuk pengunjung akan disuguhi berbagai relief yang menggambarkan kondisi Yesus selama di salib. Seolah mengingatkan perjalanan sang Juru Selamat.

Pos terkait