Museum Dirgantara Menjadi Tempat Menyimpan Ribuan Koleksi Benda Kedirgantaraan Bersejarah

  • Whatsapp

Museum Dirgantara menjadi objek wisata yang harus dikunjungi bila ingin mengenal lebih dekat tentang kisah perjuangan para prajurit TNI AU. Pasalnya di museum yang berada di Kozzsmplek Pangkalan TNI AU  Lanud Adisucipto ini tersimpan ribuan koleksi terkait kisah heroik para penerbang.

museum dirgantara
tni-au.mil.id

Lokasinya sangat mudah dituju karena berada di samping Jalan Solo atau sebelah timur Jembatan Janti Jogja. Berkunjung ke tempat ini tidak akan membuat kantong tekor, terlebih bila menggunakan bus Trans Jogja. Benar-benar murah meriah.

Berkunjung ke tempat ini setidaknya pengunjung akan tahu sejarah pembentukan TNI AU di tanah air. Sejak memasuki area museum mata wisatawan akan dibuat berdecak kagum dengan berbagai pesawat yang pernah digunakan para putra terbaik bangsa kala itu.

Selain berbagai pesawat dan alutsista (alat utama system senjata) juga terdapat banyak foto dan diorama yang menggambarkan berbagai peristiwa penting.  Semua benda itu tersimpan rapi dalam 7 ruangan mulai dari Ruang Utama, Ruang Kronologi I, Ruang Kronologi II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama dan Ruang Minat Dirgantara.

Dari sekian banyak koleksi pesawat yang ada yang paling cukup menarik perhatian adalah replika pesawat WEL-I RI-X. Hal itu karena pesawat tersebut adalah produksi kali pertama Indonesia. Selain itu ada juga replika pesawat Glider Kampret yang juga asli buatan Indonesia.

Sementara itu untuk produksi Jepang ada Pesawat Ki-43, Pesawat A6M5 Zero Sen, Pesawat KY51 Cureng. Untuk pesawat produksi Amerika ada  Helikopter 360, Pesawat P-51 Mustang, Pesawat TS-8 Dies. Selain itu yang tak kalah menarik ada Pesawat pembom B-25 Mitchell, B-26 Invader, TU-16 Badger dan masih ada banyak koleksi yang lain.

Yang tak kalah menarik tentu saja berbagai senjata dan berbagai benda yang telah ada dan digunakan pada zaman perang. Semua itu ada di ruang Alutsista, jadi buat yang tertarik dengan benda ini luangkan waktu lebih banyak.

Untuk datang ke tempat ini ada baiknya sejak pagi karena Museum Dirgantara cukup luas. Tempat yang menyimpan benda-benda bersejarah ini buka pukul 08.30 WIB dan akan tutup pukul 15.00 WIB. Khusus untuk hari Senin objek wisata menarik ini juga akan tutup layaknya objek wisata lain di Jogja.

Bila tidak ingin rugi, ketika berwisata ke museum ini menjadi satu paket dengan Kebun Binatang Gembira Loka. Hal ini karena jaraknya tidak terlalu jauh. Terutama bila dengan si kecil tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *