Empat Museum Jogja yang Unik dan Menarik

  • Whatsapp

Museum Jogja memang banyak sekali jumlahnya, mulai dari museum yang biasa saja sampai museum yang memang sengaja dibangun untuk mengenang suatu kisah atau cerita.

Tapi, jika Museum Jogja yang unik dan menarik, banyak tidak yah? Ingin tahu? Berikut adalah rekomendasi Museum Jogja yang unik dan menarik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman dekat :

Bacaan Lainnya

1. Museum Sandi

musum sandi
instagram.com/malamuseum

Tahukah kamu? Museum Sandi adalah satu-satunya tipe museum yang menyimpan sandi yang ada di dunia loh.. Museum yang terletak di Jalan Faridan Muridan Noto, No 21, Kotabaru ini tak hanya menyimpan koleksi berbagai sandi, tetapi juga alat pengirim sandinya juga.

Untuk kamu yang penggemar detektif, Sherlock Holmes atau Kudo Shinichi misalnya, pasti kamu ingin mengetahui berbagai macam sandi kan? Kamu bisa menuju ke bagian perpustakaannya, disana kamu bisa membaca buku-buku tentang sandi. Buku-buku itu juga bisa menjadi referensi kamu yang ingin membuat novel detektif.

2. Museum Anak Kolong Tangga

liburananak.com

Museum ini dinamakan Museum Anak Kolong Tangga karena memang letaknya persis berada di kolong tangga. Yang menarik dari Museum Anak Kolong Tangga adalah adanya berbagai jenis mainan tradisional yang sebagian bisa dimainkan anak-anak. Sebagian besar mainan tradisional yang ada di Museum Anak Kolong Tangga adalah mainan buatan tangan.

Selain itu, Museum Anak Kolong Tangga juga bisa digunakan sebagai sarana edukatif untuk anak-anak zaman sekarang agar lebih mengenal mainan tradisional zaman dahulu.

3. Museum Benteng Vredeburg

afastar.wordpress.com

Pada awalnya, Museum ini adalah benteng pada masa penjajahan yang dibangun dengan gaya arsitektur Belanda. Namun setelah Indonesia merdeka, museum ini menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan ketika melawan penjajah. Di dalam Museum Benteng Vredeburg juga terdapat foto, seragam, dan berbagai peninggalan pahlawan.

4. Museum Batik

musuem batik yogyakarta
instagram.com/vitribdg

Apakah kamu penggemar batik? Kalau iya, kunjungilah Museum Batik yang menyimpan banyak sekali jenis batik. Selain itu, untuk kamu yang bukan penggemar batik, jika kamu mengunjungi Museum ini kamu juga bisa bertambah pengetahuan dan akan lebih mengenal batik.

Selain 4 museum Jogja diatas sejatinya di Kota Wisata ini masih banyak museum lainnya. Dua paling primadona tentu saja Sonobudoyo dan Ullen Sentalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *