Pantai Ngrenehan Keindahan Yang Tersembunyi

  • Whatsapp

Pantai Ngrenehan adalah salah satu pantai terbaik di Gunungkidul. Dipantai yang berbatasan dengan bukit di kiri kanan ini wisatawan dapat berenang dengan nyaman karena air sangat jernih dan ombak tidak terlalu besar.

pantai ngrenehan
instagram.com/maleostory

Kesan eksklusif masih ada di pantai yang masuk wilayah Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Hal ini karena objek wisata ini tidak terlalu ramai layaknya pantai Baron, Kukup dan Krakal.

Ditempat ini pengunjung masih bebas berenang di pinggir pantai yang tenang dan tidak ada karang yang terjal. Terutama pada saat cuaca cerah dan ombang tidak terlalu tinggi. Air yang sangat jernih membuat warnanya menjadi biru laut bagaikan lukisan dalam kanvas alam.

Untuk sampai di Pantai Ngrenehan ada dua jalur yang terkenal bila ditempuh dari Jogja. Jalur pertama yakni Jogja ke Wonosari kemudian ambil arah Paliyan. Dari Paliyan dilanjutkan menuju Trowono dan berakhir di Desa Kanigoro, Saptosari.

Jalur kedua bila tidak ingin melalui Wonosari bisa melalui Gading. Jalur yang bisa diambil adalah Jogja ke Gading kemudian lanjut ke Playen. Lebih disarankan bagi yang tidak tahu jalan agar lewat Wonosari karena jalan lebih mudah ditempuh.

Ada baiknya kalau berkunjung ke tempat ini pada pagi hari. Usahakan jam 10.00 WIB pagi sudah sampai sehingga bisa melakukan banyak aktifitas seperti melihat nelayan yang pulang dari melaut.

Bagi yang suka olahraga selain berenang tentu akan menjadi pengalaman yang asik bila bisa ikut menarik perahu nelayan ke pinggir pantai. Pengalaman yang sudah barang tentu tidak akan bisa didapat di tempat lain.

Khusus bagi yang suka fotografi baiknya bisa mengambil spot foto dari jarak jauh. Pantai ini akan sangat indah bila angel yang diambil menampakan karang di kedua sisinya.

Jangan lupa untuk memanjakan mata melihat ikan impian yang akan dibeli. Bila hanya dengan memperhatikan ikan yang dibawa nelayan belum cukup datanglah ke tempat pelelangan ikan. Disini para nelayan dan pembeli bisa berkumpul dan melakukan tawar menawar.

Berkunjung ke objek wisata ini juga sangat murah dimana dengan satu tiket bisa digunakan untuk dua lokasi yakni Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran. Ternyata pantai ini sama populernya dengan Pantai Parangkusumo dalam hal mistis. Dimana banyak pengunjung yang datang pada malam-malam tertentu, khususnya di malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Mereka melakukan laku tirakat dan memohon kemudahan atas apa yang diinginkan. Wajar banyak bunga bertebaran seusai malam keramat itu di area pantai.

Khusus yang tertarik dengan wisata religi bisa datang pada malam 1 Suro atau 1 Muharram tiap tahunnya. Di tempat ini juga akan dilakukan kegiatan labuhan. Kegiatan juga tak jauh beda dengan lokasi lain yang ditandai dengan menglarung sesaji sebagai ungkapan rasa syukur terhadap sang pencipta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *