Tahun ini Wayang Jogja Night Carnival Tayang Secara Daring, ini link-nya

  • Whatsapp

Beberapa tahun terakhir masyarakat Jogja tentu familiar dengan Wayang Jogja Night Carnival karena digelar tiap tahun. Tahun ini pun sama hanya saja WJNC#5 2020 akan dipersembahkan dalam bentuk daring.

wayang-jogja-carnival-wjnc-5
instagram.com/jogjacity

Artinya warga Jogja tidak perlu tumpah ke Jalan untuk melihat keindahan itu. Cukup duduk manis di rumah sembari ngopi bareng keluarga. Biarkan para wayang itu bekerja dan kita menikmatinya.

Tema yang diambil kali ini adalah “Babat Alas Mertani”. Satu tema yang mewakili kondisi bangsa saat ini dimana kita harus terbiasa dengan gaya hidup ‘new normal’. Dimana kondisi memaksa siapa saja untuk berubah dalam menghadapi situasi, kondisi, dan lingkungan normal baru.

Mereka yang akan memeriahkan gelaran dalam rangkain HUT 264 Kota Yogyakarta ini antara Ki Seno Nugroho, Tri Suaka, Dhimas Tedjo, Avie K, Sotil Angkringan, Trinil Angkringan, Srundeng Angkringan, Michela Thea, Putri Manjo. Selain itu masih ada aktris lain yang layak dinantikan.

Baca juga: Jogja Kangen Kamu

Wayang Jogja Night Carnival

Perlu kamu tahu bahwa Wayang Jogja Night Carnival adalah karnaval jalanan yang menggabungkan unsur tokoh maupun lakon dalam pewayangan. Di dalamnya ada seni koreografi, busana, dan musik kontemporer.

Paling mencolok tentu saja adanya kreatifitas dimana masyarakat dapat turun serta. Mereka hadir dengan kostum, musik atau karya yang tak terduga. Begitu apik bersatu padu dengan yang lain.

Tahun ini adalah tahun ke 5 dan bila saja tidak ada pandemi maka bisa dipastikan gelaran ini bakal lebih wah. Hanya saja Covid-19 masuk tanah air dan Pemkot Yogyakarta mengubah ke versi daring.

Namun demikian jangan khawatir, esesi dan ruh dari Wayang Jogja Night Carnival itu tetap akan hadir. Bila dulu di pusatkan di sekitar Tugu Jogja maka kini area yang dipilih adalah halaman Pemkot Jogja.

Calender of Event (COE) Nasional

Agenda tahunan ini juga diharapkan mampu menjadi bagian dari Calender of Event (COE) nasional dibidang pariwisata. Tujuannya supaya setiap tahun wisatawan yang berkunjung ke Jogja bakal tahu ada event menarik apa pada tanggal-tanggal tersebut.

Kini dengan hadirnya WJNC#5 2020 dalam bentuk virtual tentu semakin bisa menjangkau penonton lebih banyak. Tidak saja untuk warga Jogja tapi kamu dimanapun bisa turut serta menyaksikan kemeriahannya.

Pra-acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2020

Untuk menjaga kesan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) itu tetap ada meski puncak acara ada di halaman pemkot tapi panitia tetap menghadirkan Tugu Jogja dan wayang itu sendiri pastinya. Mereka pun mengambil 4 titik untuk melengkapi gelaran ini.

Empat titik itu adalah Tugu Jogja, Pedestrian Suroto Kotabaru, Pojok Beteng Tanjung Anom, dan Plaza Pasar Ngasem. Di titik-titik tersebut akan digelar berbagai pertunjukkan seperti Tari Edan-edanan, Tarian Solah Buto, Tari Neng Omah Wae, dan penampilan musik serta kesenian lain.

Penasaran bukan seperti apa keseruan festival jalanan ala Jogja ini. Catat waktunya dan jangan sampai terlewatkan. Acara ini akan diselenggarakan pada Rabu, 21 Oktober 2020 mulai pukul 18.30 WIB dikanal YouTube Pemkot Kota Jogja.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *