New Normal, Inilah 10 Destinasi Wisata Jogja Yang Sudah Buka

  • Whatsapp

Kabar baik, saat ini sudah ada destinasi wisata Jogja yang sudah dibuka! Seperti yang kita tahu, sejak awal tahun tepatnya April 2020 objek-objek wisata banyak yang ditutup karena adanya pandemi.

Hal ini tentu membuat banyak orang tidak dapat lagi berlibur seperti ke Jogja, yang merupakan destinasi wisata paling populer di tanah air. Namun sekarang sudah terdapat peraturan baru sehingga objek wisata dapat kembali dibuka.

Jadi, jika kamu mau berwisata ke Jogja tidak perlu khawatir lagi karena sudah mulai banyak yang dibuka. Diantara sekian banyak destinasi wisata Jogja yang telah dibuka berikut rekomendasi terbaik.

1. Agrowisata Bhumi Merapi

bhumi merapi jogja
instagram.com/agrowisatabhumimerapi

Jika kamu bertanya-tanya kapan wisata Jogja dibuka kembali, sebenarnya sudah ada beberapa yang buka sejak bulan Juli lalu. Salah satunya yaitu Agrowisata Bhumi Merapi yang sudah dibuka sejak beberapa pekan yang lalu.

Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati pemandangan khas pegunungan di Jogja serta bangunan warna-warni yang dapat menjadi spot foto instagramable. Kamu bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya untuk mempercantik feed IG.

Selain itu, terdapat area yang sangat populer di Agrowisata Bhumi Merapi ini yaitu tempat yang mirip dengan Inggris. Terdapat batuan yang tersusun khas Eropa dilengkapi dengan telepon umum yang bisa dilihat di film berlatar Eropa.

Untuk bisa memasuki destinasi wisata ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 25.000 saja. Cukup murah, bukan? Agrowisata Bhumi Merapi dapat dikunjungi setiap hari dari jam 8.30 WIB hingga 17.00 WIB.

2. Malioboro

jogja pass
instagram.com/ernarosmalindaa

Siapa yang tidak rindu suasana Malioboro? Jalanan di Jogja ini menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Tidak hanya siang hari, Malioboro pun sangat ramai pada malam hari. Sehingga banyak yang merindukan romantisme Malioboro jika datang ke Jogja.

Kabar baiknya, sekarang kamu sudah bisa kembali nongkrong di Malioboro bersama teman dan keluarga. Sebab Malioboro sudah kembali dibuka untuk para wisatawan.

Akan tetapi, jika ingin pergi ke Malioboro kamu harus tahu bahwa sekarang terdapat beberapa titik untuk memindai QR code. Gunanya adalah untuk mendata pengunjung yang datang sehingga jika terjadi cluster baru bisa langsung dilacak dengan mudah.

Terdapat lima titik yang digunakan untuk scan barcode ini yaitu sebagai berikut.
● Hotel Grand Inna Malioboro – Mall Malioboro
● Mall Malioboro – Kepatihan
● Kepatihan – Hotel Mutiara
● Hotel Mutiara – Pasar Beringharjo
● Pasar Beringharjo – Titik Nol Kilometer

Agar kamu dapat berwisata dengan aman maka jangan lupa untuk memindai QR code di titik yang sudah ditentukan. Selain itu juga ikuti protokol kesehatan yang ada untuk memperkecil resiko penularan virus.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan Jogja
instagram.com/merlinandreanus

Info wisata Jogja yang sudah buka lainnya yaitu Candi Prambanan yang sudah mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 1 Juli lalu. Tentunya dengan memenuhi syarat protokol kesehatan. Oleh karena itu, pengunjung pun harus mematuhi protol kesehatan untuk wisata yang aman.

Di beberapa titik tertentu disediakan tempat untuk mencuci tangan. Tidak hanya itu, wisatawan yang hendak datang ke Candi Prambanan juga harus selalu menggunakan masker serta dicek suhu tubuhnya.

Kamu juga harus memperhatikan jarak dengan pengunjung lainnya, ya.

4. Bukit Panguk Kediwung

bukit dlingo, bukit panguk
instagram.com/adi_mrizal

Objek wisata yang terletak di Kediwung, Mangunan, Bantul ini sudah mulai beroperasi secara normal sejak tanggal 1 Agustus lalu. Bukit Panguk Kediwung ini sangat cocok didatangi bagi kamu yang sudah bosan di rumah saja.

Sebab, kamu dapat menikmati pemandangan gunung dan bukit dari atas awan. Di tempat ini juga terdapat spot foto yang instagramable.

Ingin melihat matahari terbit dari ketinggian? Tentu saja bisa karena Bukit Panguk Kediwung dibuka dari jam 4 pagi. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan sunrise dari atas bukit.

5. Taman Pintar

taman pintar
instagram.com/annisariana12

Tempat wisata di Jogja lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Pintar yang sudah kembali beroperasi sejak tanggal 8 Juli lalu.

Hanya saja, untuk jam operasionalnya lebih dibatasi dengan protokol kesehatan yang lebih ketat. Kamu bisa mengunjungi wahana sains dan edukasi ini pada hari Rabu sampai dengan Minggu yang dibuka pada pukul 8 pagi hingga 3 sore WIB.

Sayangnya, saat ini hanya beberapa wahana saja yang baru bisa kalian nikmati. Diantaranya adalah Kampung Kerajinan, Dino Adventure, Planetarium, Gedung Oval Kotak, Teater Tiga Dimensi, dan Wahana Bahari.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Taman Pintar juga mewajibkan para pengunjungnya untuk memindai barcode sebagai pendataan. Jadi, dapat dilacak dengan mudah oleh pemerintah daerah Yogyakarta bila ada hal-hal tidak diinginkan.

Pengunjung juga dapat meminimalisir kontak langsung karena sudah ada metode pembayaran non tunai. Selain itu, petugas pun ditempatkan di beberapa titik untuk mengatur jumlah pengunjung agar tidak terjadi penumpukan. Sehingga antara satu pengunjung dengan yang lainnya bisa mendapat jarak aman.

6. Candi Ratu Boko

ratu boko
instagram.com/mitha_triw

Destinasi wisata Jogja lainnya yang sudah dibuka sejak bulan Juli lalu adalah Candi Ratu Boko. Sama seperti destinasi wisata lainnya, untuk memasuki area candi pengunjung harus memenuhi syarat protokol kesehatan.

Objek wisata ini sangat disarankan untuk dikunjungi bila kamu ke Candi Prambanan karena termasuk satu rangkaian. Kini sudah ada moda yang memfasilitasi, bagaimana kita ke Candi Prambanan sekaligus ke Candi Ratu Boko

7. Goa Kalisuci

kalisuci cavetubing
instagram.com/kalisucicavetubing

Jika kamu ingin wisata alam, maka bisa mengunjungi Goa Kalisuci yang terletak di Dusun Jetis Wetan, Gunungkidul. Tempat wisata ini sudah mulai dikunjungi kembali oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sejak bulan Juni.

Di Goa Kalisuci ini kamu bisa melakukan cave tubing dan mengarungi sungai selama kurang lebih 90 menit. Untuk bisa menikmatinya keindangan dalam goa hanya diperlukan uang sebesar Rp 120.000 saja.

Tidak perlu khawatir saat berwisata ke sini karena sudah menerapkan protokol kesehatan serta membatasi jumlah pengunjung.

8. Kraton Jogja

kraton jogja
shutterstock

Wisata Jogja yang buka lainnya yaitu kawasan Kraton Jogja. Area Kraton itu sendiri terdiri dari Kraton, Tamansari, Museum Kereta Kraton, serta area keben sudah dibuka kembali untuk para wisatawan.

Tentunya saat mengunjungi kawasan wisata Kraton kamu harus memperhatikan protokol kesehatan mulai dari jaga jarak, memakai masker, serta membawa hand sanitizer. Pengunjung pun harus mengisi QR code sesuai ketetapan pemerintah daerah Yogyakarta.

Untuk mengunjungi Tamansari akan ada pembatasan pengunjung yaitu dibuka perkelompok yang berisi 10 orang. Setiap kelompok akan dipandu oleh satu orang pemandu maksimal 20 menit.

Jadi, setiap pengunjung harus menunggu gilirannya untuk berkeliling sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, sekarang pun jalur masuk dan keluar dibedakan sehingga tidak akan terjadi banyak kontak fisik antara satu dengan lainnya.

9. Pantai Baron

pantai baron
instagram.com/elisabethdianac

Rindu dengan suasana pantai? Kamu sudah bisa mengunjungi salah satu pantai di Gunungkidul yaitu Pantai Baron. Namun, tentu saja terdapat pembatasan pengunjung serta jam operasional.

Pantai ini adalah salah satu unggulan destinasi wisata Jogja khususnya yang ada di Gunungkidul. Keindahan dan akses jalan yang sangat baik membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Ingat, pantai ini hanya dibuka pada pukul 8 pagi hingga 5 sore saja.

10. Tebing Breksi

tebing breksi
tribunwisata.com

Destinasi wisata alam lainnya yang bisa kamu nikmati saat ini yaitu Tebing Breksi. Di sini kamu akan temukan beberapa spot untuk berswa foto berlatar tebing dengan corak yang beragam serta unik.

Beberapa tebing juga bisa dinaiki dengan adanya anak tangga. Destinasi wisata ini sudah dibuka sejak tanggal 14 Juli 2020.

Itulah beberapa destinasi wisata Jogja yang sudah buka. Jika ingin berlibur ke Jogja maka selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, patuhi setiap peraturan di tempat wisata yang dikunjungi agar lebih aman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *