Tlogo Putri, Tlogonya Kaliurang yang Bikin Happy

Kaliurang merupakan kawasan yang terkenal dengan tempat peristirahatan. Disana terdapat banyak penginapan dan hotel yang bisa dijadikan tempat menginap wisatawan lokal maupun luar negeri.

Dengan banyaknya objek wisata disini, seperti gardu pandang, Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Wisma Kaliurang, Gua Jepang, Tlogo Putri, dan Taman bermain anak, Kaliurang mampu menarik banyak wisatawan untuk datang.

Nah, yang akan dibahas disini adalah objek wisata Tlogo Putri Kaliurang.

http://wisataku.id

Tlogo Putri Kaliurang terletak di Jl. Tlogo Putri, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tlogo Putri berada di ketinggian 900 m dari permukaan laut dan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Karena berada di daerah dataran tinggi, banyak para wisatawan yang memilih Tlogo Putri untuk melarikan diri dari suasana dan hiruk pikuk perkotaan.

Tempat wisata ini terletak di kawasan lereng Selatan Merapi yang masih satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani.

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah adanya perpaduan antara wisata air dan wisata alam yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman.

Disana, terdapat banyak wahana permainan, seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit, dan masih banyak permainan yang lain. Selain itu, Tlogo Putri Kaliurang juga menyediakan kano dan bebek air yang bisa disewa.

http://tuguwisata.com

Beberapa aktivitas yang ditawarkan di Tlogo Putri Kaliurang adalah jalan-jalan untuk mencari tempat duduk agar bisa melepas penat, naik kano, becak air, bermain jungkat-jungkit, ayunan, bermain flying fox, naik bianglala dan foto-foto.

Di Tlogo Putri Kaliurang juga terdapat jalur tracking yang bisa dilalui dengan berjalan kaki memasuki hutan dan menyusuri jalan setapak hingga akhirnya sampai di objek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau Air terjun Tlogo Muncar.

Banyak juga pertunjukan seni yang sering diadakan di tempat ini. Pertunjukan seni disini digelar secara bergantian yang menampilkan grup kesenian seperti jathilan, campur sari, kubro siswo, topeng ireng, orkes melayu ataupun dangdutan.

Pertunjukan seni tersebut digelar di sebuah panggung yang berada di Tlogo Putri. Selain itu, untuk menyaksikan pertunjukan tersebut, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun.

Tlogo Putri juga memiliki danau kecil yang digunakan sebagai kolam pemandian. Di kolam pemandian alami ini, para wisatawan bisa merasakan sensasi mandi khas pegunungan. Tempat pemandiannya pun tertutup, jadi kamu tidak perlu was-was dengan privasi.

Jika kamu seorang muslim dan ingin melaksanakan ibadah, kamu tidak perlu takut tidak akan menemukan Mushola disana, karena disana disediakan Mushola yang cukup bersih. Selain itu, di Tlogo Putri juga terdapat toilet umum yang mudah ditemukan.

Di tempat ini juga terdapat segerombolan monyet yang sering menampakkan diri, tapi tenang saja monyet tersebut tidak terganggu dan tidak akan mengganggu para wisatawan. Namun, tentu saja monyet tersebut akan tetap menyerang apabila diganggu terlebih dahulu oleh wisatawan.

http://wisataku.id

Jika kamu ingin masuk ke objek wisata Tlogo Putri Kaliurang, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000,- untuk orang dewasa, dan Rp 1.000,- untuk anak-anak. Nominal yang masih terbilang cukup murah.

Untuk mengakses Objek Wisata Tlogo Putri ini tidaklah sulit. Kamu bisa menyusuri Jalan Kaliurang dan akan tiba di Kaliurang 1 jam kemudian.

Kamu bisa menggunakan angkutan umum Jogja – Kaliurang yang tersedia atau bisa juga dengan kendaraan pribadi.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai objek wisata Tlogo Putri Kaliurang yang berada di Sleman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *