Waspada Gelombang Tinggi Pantai Selatan Mencapai 5 Meter

Pekan ini diprediksi gelombang di pantai selatan akan lebih ganas daripada pekan-pekan sebelumnya. Bahkan diprediksi pada 7 hingga 10 Mei 2015 gelombang akan mencapai 5 meter.

ilustrasi gelombang laut
internet

Informasi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta pada Senin (4/5/2015) pagi. Untuk itu dihimbau bagi siapa saja untuk menghindari aktifitas di pantai.

Potensi gelombang tinggi tidak saja hanya terjadi di Kabupaten Bantul. Tapi juga tak menutup kemungkinan terjadi di Gunungkidul dan Kulon Progo. Peringatan berupa warning fax ini karena ketiga wilayah tersebut berbatasan dengan laut selatan Jawa yang terkenal ganas.

Dikutif dari Tempo, pihak BMKG mencatat pada bulan ini dari hari pertama hingga ketujuh gelombang laut berpotensi memiliki ketinggian lebih dari 3 meter. Padahal ketinggian normal yang ada hanya dua meter saja.

Potensi pengingkatan diatas rata-rata mulai dari Senin, 4 Mei 2015 yang telah mencapai 3 meter. Selasa – Rabu, 5-6 Mei 2015 menjadi 3,5 meter dan berturut-turut mulai 7 hingga 10 Mei 2015 diprediksi akan lebih tinggi dari 5 meter.

Salah satu faktor pemicu naiknya gelombang adalah kecepatan angin yang naik menjadi 36 kilometer perjam. Padahal kecepatan angin normal hanya 25 kilometer perjam.

Selain memberikan warning fax BMKG juga telah menginformasikan kepada seluruh tim Search And Rescue (SAR). Khususnya mereka yang berjaga di kawasan pantai Gunungkidul.

Pihak utama yang diberi peringatan adalah nelayan agar mereka untuk sementara waktu tidak melaut. Khusus untuk wisatawan, meski bulan ini banyak hari libur diharapkan tidak melakukan aktifitas mandi di pantai.

Lebih jauh pihak SAR Gunungkidul akan mensiagakan para personel pada titik-titik yang relative ramai dan berpotensi terjadi bahaya. Untuk itu dihimbau agar para wisatawan lebih berhati-hati dan waspada untuk menghindari terjadinya gelombang tinggi.

Salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang menjadi favorit salah satunya tentu saja ada Pantai Baron, Kukup dan Krakal.

Pos terkait