Air Terjun Lepo, Surga Mungil yang Cantik

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang memiliki kearifan lokal yang baik. Kabupaten yang memiliki motto “Projotamansari” ini memiliki 17 kecamatan yang terbagi lagi menjadi beberapa desa dan kelurahan.

air terjun lepo
instagram.com/ahmadfikriadi

Selain dikenal sebagai kota perjuangan dan sejarah perjuangan Indonesia, Bantul memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik bagi para wisatawan. Salah satunya adalah Grojogan Lepo atau Air Terjun Lepo.

Bacaan Lainnya

Air Terjun Lepo atau yang dikenal juga dengan nama Grojogan Ledok Pokoh, terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Jogja. Bantul sendiri berbatasan langsung dengan Batu Putih atau Pegunungan Kapur, hal ini yang menjadikan objek wisata ini dikelilingi tebing kapur.

Yang unik dari Air Terjun Lepo yaitu adanya tingkatan-tingkatan pada air terjun yang justru memberikan nuansa tersendiri bagi wisatawan. Air terjun tersebut memiliki 3 tingkatan yang dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Pada tingkatan pertama, wisatawan akan disuguhkan air terjun dengan ketinggian 10 meter dengan pemandangan tebing batu kapur di sekitar air terjun. Selain itu, pada tingkatan ini terdapat kedung atau kolam yang tidak begitu dalam yaitu setinggi paha orang dewasa. Sehingga wisatawan dapat berenang sepuasnya.

Pada grojogan pertama, kedung yang dimiliki sangat luas dan air berwarna hijau. Dengan jajaran bebatuan yang dapat digunakan wisatawan untuk sekedar duduk-duduk menikmati keindahan Air Terjun Lepo.

Kemudian wisatawan dapat menuruni bebatuan di sekitar grojogan, untuk menuju pada tingkatan kedua. Berada di bawah tingkat pertama, tidak menurunkan daya keindahan dari Air terjun ini.

Grojogan yang kedua ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Uniknya, pada tingkatan ini terdapat batu yang berbentuk balok besar tertata rapi.

Dengan debit air yang lebih deras dibandingkan yang pertama dan kedung yang jauh lebih dalam serta kecil, menambah daya tarik wisatawan untuk segera mengunjunginya.

Tidak jauh dari grojogan akan ditemukan grojogan pada tingkatan ketiga dengan ketinggian sekitar 1-2 meter. Dengan kedung yang lebih luas dibandingkan kedung-kedung lainnya dan pemandangan berupa dua grojogan di belakangnya menambah kealamian air terjun tersebut.

Air Terjun Lepo, menjadi destinasi yang tepat bagi petualang. Atau bagi wisatawan yang sekedar ingin membuang jauh-jauh kepenatan kota, objek wisata tersebut sangat pas dikunjungi selanjutnya.

Akses menuju lokasi dapat dilakukan dengan melewati dua rute yaitu Imogiri atau Wonosari. Kemudian dari Dlingo menuju Pathuk yang kemudian sudah ada papan penunjuk jalan yang dapat diikuti wisatawan dengan mudah.

Kemudian setelah parkir, wisatawan dapat berjalan kaki sekitar 5-10 menit menuju lokasi melalui jalan setapak. Di sekitar Air Terjun sudah terdapat banyak warung yang menjajakan aneka panganan dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain itu, sudah terdapat fasilitas penyewaan ban dan celana renang dengan harga Rp 9.000,-.

Nah buat wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Lepo, wajib menjaga kebersihan sekitar air terjun.

Kontributor – Kurnia fatchul Ma’rifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *