Gemericik Air Grojogan Kali Bulan, Tertinggi se -Bantul

Bantul merupakan kabupaten di Jogja yang sudah dikenal berbagai kalangan. Selain Pantai Parangtritis , Bantul ternyata memiliki obyek wisata yang tersembunyi di tengah bukit.

grojogan kali bulan bantul
instagram.com/adyssal_adventure

Akses menuju ke lokasi, wisatawan dapat melewati rute Jogja-Wonosari. Kemudian dapat dilanjutkan menuju ke Dusun Kaligatuk, Piyungan. Jika tersesat ada baiknya bertanya pada warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Grojogan Kali Bulan sangat cocok dijadikan destinasi bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Karena wisatawan harus trekking pada tanjakan yang curam. Namun jangan khawatir akan tersesat di tengah hutan, karena warga sudah mengantisipasinya dengan memasang papan petunjuk arah.

Selama perjalanan, kita dapat menikmati pemandangan yang indah. Daun-daun hijau, angin yang semilir dan suara garengpong atau tongkeret yang saling bersautan.

Setelah tiba di lokasi, pengunjung pasti akan ternganga akan pesona air terjun yang menjulang tinggi. Pasalnya Grojogan Kali Bulan merupakan grojogan yang tertinggi se-Bantul. Bahkan hampir setinggi Air Terjun Sidoharjo.

Di lokasi, wisatawan tidak dapat berenang dikarenakan tidak ada kedung di sekitar grojogan tersebut. Akan tetapi, tentu saja wisatawan dapat bermain air sepuasnya dan mengambil foto-foto sebagai kenangan.

Debit air di grojogan tersebut sangat kecil, sehingga hanya akan terdengar gemericik air dari atas yang berjatuhan bertalu dengan bebatuan di bawahnya. Dengan suguhan panorama alam yang sangat memukau di sekeliling grojogan semakin membuat nyaman para wisatawan untuk tetap berada disana.

Puas menikmati grojogan, wisatawan dapat mendaki lagi menuju Puncak Kali Bulan. Di puncak inilah, wisatawan akan dihadapkan pesona alam yang luar biasa.

Melihat penampakan Grojogan Kali Bulan dari atas, tentu menjadi kesenangan tersendiri. Dan lagi, dihadapkan dengan zamrud perbukitan seribu yang mengelilingi bukit Kali Bulan. Di tempat ini pula, wisatawan dapat menikmati matahri tenggelam.

Sejauh mata memandang, wisatawan akan dihidangkan akan pemandangan unik yaitu Joglo di atas bukit dan di tengah hutan belantara. Letak Joglo tidak jauh dari Grojogan Kali Bulan. Wisatawan dapat mencapainya dengan mengambil jalur berbeda di pendakian pertama tadi.

Nah, penasaran bukan dengan Grojogan Kali Bulan. Perlu diketahui, area grojogan masih sangat bersih, maka dari itu tetaplah menjaga kebersihan alam sekitar sebagai wujud rasa syukur kita.

Kontributor – Kurnia Fatchul Ma’rifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *