Bukit Panguk, Hipnotis Wisatawan Lewat Pesona

  • Whatsapp

Dlingo merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Bantul, yang berbatasan langsung dengan kabupaten Gunungkidul. Dlingo yang dalam bahasa Jawa berarti tumbuhan jeringau memiliki daerah yang berbukit-bukit.

bukit dlingo, bukit panguk
instagram.com/adi_mrizal

Dengan demikian dapat dipastikan Dlingo memiliki potensi wisata berbasis alam seperti pemandangan dan pegunungan. Salah satu tempat wisata yang sedang dipromosikan oleh Dinas Pariwisata adalah Bukit Panguk.

Bacaan Lainnya

Bukit Panguk terletak di padukuhan Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul, Jogja. Tepatnya di puncak Tebing Batu Lawang (TWL).

Sama halnya dengan Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Hingga menghipnotis para wisatawan.

Memandang rentetan hijaunya pepohonan di sekitar bukit dan udara yang sejuk menambah keinginan wisatawan untuk segera menginjakkan kaki di wisata yang tergolong masih baru tersebut.

Selain itu, wisatawan akan disuguhkan pula dengan pemandangan berupa aliran Kali Oya yang sangat indah. Bahkan pemandangan berupa goa juga dapat diamati dengan seksama di spot tersebut. Yaitu, Goa Pertapaan dan Goa Soo yang keduanya memiliki cerita mistis tersendiri.

Akses menuju ke Bukit Panguk tidak sukar. Dari Bantul, Jogja maupun Gunungkidul, wisatawan dapat mengambil jalur Dlingo yang kemudian dilanjutkan menuju desa Kediwung. Kemudian wisatawan dapat mengikuti papan petunjuk jalan yang sudah disediakan.

Mengingat spot indah tersebut berupa perbukitan, sudah selayaknya jalan yang ditempuh adalah tanjakan yang berliku-liku. Namun jangan khawatir, perjalanan dengan melewati tanah merah tersebut, tidak akan mengecewakan setelah wisatawan tiba di lokasi. Apalagi keindahan selama perjalanan yang justru menghilangkan rasa lelah wisatawan.

Sesampai di lokasi, bagi wisatawan yang tidak membawa bekal dapat membeli makanan di warung-warung yang sudah disediakan. Belum sampai disitu, Bukit Panguk menyediakan gardu pandang yang dapat digunakan untuk foto-foto dan menikmati ketinggian.

Tiket masuk menuju Bukit Panguk adalah seikhlasnya. Kapan lagi menikmati pemandangan alam yang mempesona dengan tiket sedemikian.

Bagi wisatawan yang menyukai alam bahkan tantangan, Bukit Panguk merupakan destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar travelling.

Karena, di Bukit Panguk wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise maupun sunsite dengan latar pemandangan yang memukau. Selain itu, wisatawan dapat berkemah bahkan aeromodelling flying fox.

Segera agendakan wisatamu ke Bukit Panguk. Jangan lupa tetap jaga kelestarian lingkungn sekitarmu.

Kontributor – Kurnia Fatchul Ma’rifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *