Cara Hemat Liburan Akhir Tahun

  • Whatsapp

Tak terasa dalam hitungan hari akan berganti tahun. Ini artinya liburan akhir tahun akan menyedot cukup banyak dana bila tidak terencana dari sekarang.

embung kleco
kanaljogja.com

Nah buat kamu yang mau liburan akhir tahun tapi tidak mau kantong jebol ada baiknya simak trik berikut. Meski belum tentu ampuh setidaknya mampu mengerem pengeluaran hingga gajian yang akan datang.

Bacaan Lainnya

1. Tentukan tempat wisata di pilih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi tempat wisata. Dengan mengetahui lokasi tujuan dipilih minimal kita bisa melakukan budgeting dari awal.

Sesuaikan dengan kantong dan waktu jangan sampai lokasi dipilih terlalu sulit akses dan biaya mahal. Ingat jangan sampai gara-gara liburan akhir tahun kita kemudian tersiksa.

2. Pilih sarana transportasi yang pas

Ada banyak alat transportasi bisa dipilih semisal pesawat, kereta, bus, travel atau mobil pribadi. Hal ini tentu masih erat kaitan dengan biaya dan waktu.

Jangan sampai pilih biaya paling murah tapi makan waktu lama sehingga liburan tidak maksimal. Begitu pula jangan pilih moda paling dan menyedot banyak dan dan kemudian kita kelaparan di lokasi wisata.

3. Pilih tempat menginap terbaik

Liburan tidak harus selalu tinggal dihotel. Losmen, penginapan atau quest house bisa menjadi alternative. Terlebih bila berkunjung ke objek wisata berbasis pedesaan semisal desa wisata akan ditemui rumah warga yang bisa dijadikan tempat tinggal.

Tempat menginap yang menarik dan unik akan memberi kesan liburan yang lebih wah daripada hotel berbintang yang begitu-begitu saja. Maka bila berkunjung ke Jogja jangan lupa mampir ke penginapan uniknya.

4. Susun anggaran sedari awal

Ada yang bilang spontan itu lebih seru tapi kalau tidak cukup mental jangan coba-coba. Petakan sedari awal mulai dari waktu berangkat hingga pulang. Susun anggaran dan waktu dengan seksama agar tidak ada yang terlewat.

Mungkin terlihat sepele tapi proses ini benar-benar harus dilakukan. Jangan sampai nanti saat kembali beraktifitas kelabakan karena tidak ada dana operasional untuk hidup sehari-hari.

5. Cek 3 harga

Tips terakhir ini agak unik dan mungkin sudah banyak mempraktekan. Cek 3 harga ini bisa untuk memilih sarana transportasi dan penginapan.

Dengan cek 3 harga kita juga akan tahu kelebihan dan kelemahan dari masing-masing. Jangan sampai kita tidak tahu dan kemudian yang ada hanya penyesalan.

Banyaknya penjual tiket online memudahkan kita untuk cek harga guna mendapat harga terbaik.

Liburan akhir tahun tidak harus dilewatkan di satu kota yang menyedot banyak dana. Bisa dilakukan ditempat yang dekat dan tidak harus mengeluarkan banyak dana tapi tetap harus direncanakan.

Khusus di Jogja ada beberapa titik lokasi yang banyak dipilih untuk di jadikan tempat menghabiskan puncak liburan akhir tahun semisal Tugu Jogja dan Kawasan Nol Kilometer.

Jangan sampai liburan akhir tahun berakhir dengan cerita kurang bahagia ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *