Home Kuliner Curuk Siluwuk, Pendamping Curug Sidoharjo Yang Lebih Dulu Terkenal di Kulonprogo

Curuk Siluwuk, Pendamping Curug Sidoharjo Yang Lebih Dulu Terkenal di Kulonprogo

2 223

Pernah berkunjung ke Curug Sidoharjo, mungkin kamu akan menyesal bila tidak sekalian mampir ke Curug Siluwuk. Selain karena letaknya cukup dekat air terjun yang satu ini juga terbilang istimewa.

curug siluwuk

tourwisatajogja.com


Butuh perjuangan dan jalan panjang bila dimulai dari pusat kota Jogja. Dari Tugu Jogja dapat mengambil akses ke arah Godean dan lurus hingga perempatan Kenteng, Kulonprogo.

Dari sini perjalanan masih lumayan jauh karena harus ambil kanan hingga perempatan Dekso. Dari wilayah yang telah cukup asri ini kemudian ambil arah kiri menuju Perbukitan Menoreh.

Pastikan kuda besi dalam keadaan prima daripada harus ke bengkel. Selain jalan berliku kendaraan harus melaju ke arah bukit.

Saat ketemu dengan kebun bunga krisan artinya sudah semakin dekat. Cara paling mudah menemukan Curug Siluwuk adalah dengan menemukan Curug Sidoharjo karena air terjun yang satu ini lebih dulu dikenal publik.

curug sidoharjo

kanaljogja.com


Lokasi persis Curug Siluwuk berada di Desa Keweron, Samigaluh, Kulonprogo.

Saat berburu objek wiasta di perbukitan disarankan jangan terlalu percaya dengan map digital tapi ada baiknya bertanya dengan masyarakat setempat. Selain lebih akurat tentu saja keramahan mereka yang akan membuat semakin berkesan.

Tipe curug ini tak jauh berbeda dengan Curug Sidoharjo dengan ketinggian hingga lebih kurang 20 meter. Namun yang menjadi lebih asik adalah adanya batuan di kiri kanan curug.

Dengan demikian saat musim kemarau akan menghasilkan kualitas air yang cukup jernih. Meski debit air kurang tapi membuat siapa saja betah di dalamnya.

Dengan kedalaman air yang tidak lebih dari 2 meter membuat pengunjung tidak perlu takut. Namun yang perlu diperhatikan tak kala musim hujan.

Selain kualitas air yang kurang baik karena berwarna coklat bisa jadi tiba-tiba terjadi banjir. Jadi ketika musim hujan cukuplah menikmati keindahannya saja.

Meski Curug Siluwuk belum terkenal seperti objek wisata lain di Kulonprogo yang telah dikelola dengan baik tapi tak perlu kuatir untuk sarana parkir dan tempat makan. Telah tersedia tempat parkir dan warung makan yang layak.

Soal harga juga ramah kantong jadi meski tanggal tua tak perlu takut untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

2 COMMENTS

Leave a Reply