Input your search keywords and press Enter.

Ribuan Bregada Rakyat Dipastikan Tumpah di Alun-Alun Wates pada Minggu (26/11) Siang

bregada rakyat

Untuk warga Kulonprogo yang besok siang belum ada agenda mungkin rangkaian ini bisa menjadi alteratif. Festival Bregada Rakyat DIY Ke V Tahun 2017 akan digelar besok (Minggu, 26/11) siang mulai pukul 13.00 WIB bertepat di Alun-Alun Wates.

bregada rakyat

anakrimba46.blogspot.co.id


Tak kurang dari 30 bregada rakyat akan unjuk kebolehan. Mereka mayoritas berasal dari Kulonprogo dan sisanya merupakan perwakilan dari Sleman, Jogja dan Bantul.

Bregada rakyat adalah imitasi dari bregada yang lebih dulu ada baik itu dari Kraton Yogyakarta Hadiningrat maupun Puro Pakualaman. Bregada ini tumbuh seiring seni budaya yang terus berkembang di Jogja.

Menoreh Night Festival 2017 Suguhkan 450 Lampion


Berhubung bregada rakyat maka kostum yang dikenakan juga akan berbeda dengan bregada milik Kraton atau Pakualaman. Meski demikian mereka memiliki jiwa nasionalisme yang sama layaknya prajurit.

Hal ini dibuktikan dengan adanya pengucapan sumpah atau ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila. Selain itu juga setia kepada Kasultanan Ngayogyokarto Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman sebagai bagian dari keisitimewaan dari DIY.

Tak kurang dari 2.000 bregada rakyat akan turut hadir. Mereka berasal dari tiga puluh kelompok bregada rakyat seperti bregada Asem Gede, Reksa Budaya, Satria Menoreh, Jati Manggala, Manggala Sari, Arum Sebada, Taruna Manggala, Suling Gading, Lestari Budaya, Tanjung Anom, Gulurejo, Anggara Panuntun, Pagerharjo, Kendil Wesi, Sogan, Sapta Raga, Kalirejo, Jatimulya, Brosot, Biru, Niti Manggala, Candrasasi, Dandang Rekso, Agung Guno Joyo dan Winata Manggala dan lain-lain.

Kulonprogo Festival 2017 Usung “Festival Kampoeng Nusantara”


Festival Bregada Rakyat DIY Ke V Tahun 2017 ini diharapakan memberi dampak positif bagi masyarakat. Selain sebagai sarana hiburan tentu saja untuk mengingatkan para bregada rakyat dan para pengunjung akan sumpah setia kepada Pancasila dan NKRI.

Dalam jangka panjang selain bisa meningkatkan seni budaya juga mampu mengangkat ekonomi kerakyatan. Seperti yang diketahui dengan adanya ribuan bregada rakyat otomatis akan meningkatkan gairah wisata dan ekonomi khususnya yang berkaitan dengan kostum bregada.

Besok siang direncanakan ikrar sumpah setia akan dipimpin Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Pakualam X. Dengan demikian sangat disayangkan bila tidak turut serta hadir mengingat agenda ini dipimpin orang nomor satu di DIY.

Usai pembacaan janji setia akan dilangsungkan kirab bregada rakyat dengan rute Alun-Alun Wates menuju gedung DPRD Kabupaten Kulonprogo dengan jarak sekitar 1,8 kilometer. Mereka tidak hanya akan melintas tapi akan unjuk kebolehan baik itu dari cara berbaris, bermain musik dan tentu saja kostum yang dikenakan.

Yang tak kalah seru tentunya dengan hadirnya atraksi Marching Band dan Paskibraka. Mereka berasal dari berbagai sekolah yang ada di Kulonprogo.

Festival tahunan ini digelar oleh Pokja Penguatan Lembaga Pengelola dan Pelestari Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY. Hal ini tentu saja berkaitan dengan seni budaya yang tumbuh di masyarakat dan bisa menjadi daya tarik wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *