Home Wisata Belajar Lebih Dekat Tentang Lambang Negara di Rumah Garuda

Belajar Lebih Dekat Tentang Lambang Negara di Rumah Garuda

0 168

Tak ada yang menyangka bila lambang negara yang dikenal dengan burung Garuda memiliki rumah. Tak percaya dan penasaran ada baiknya berkunjung ke Jalan Bantul km 7,5 Pucung, Sewon, Bantul yang terletak tak jauh dari Kampus Institus Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

museum rumah garuda

catatansamping.wordpress.com


Dalam rumah sederhana tersebut terdapat ratusan ‘burung Garuda’ dalam berbagai bentuk. Mulai dari Replika atau Cosplay, Wayang Suluh, Foto relief garuda, motor antik hingga tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses terbentuknya burung Garuda sebagai lambang negara.

Ide awal mengkoleksi aneka lambang negara ini dimulai sejak 2003 dan terus bertambah. Agar apa yang telah dikumpulkan bermanfaat untuk orang lain khususnya belajar tentang nasionalisme maka dibuatlah rumah garuda. Sesuatu yang mulai ditinggalkan dan kini saatnya dipupuk kembali rasa itu.

Bila berkunjung ke Museum Rumah Garuda harap perhatikan waktu karena hanya dibuka tiap Sabtu dan Minggu. Semua koleksi tersebut dapat dinikmati gratis dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB

Nanang Rakhmat Hidayat

kompas.com


Takut rugi pulang tak membawa oleh-oleh jangan kuatir. Rumah Garuda milik salah satu dosen ISI yang diketahui bernama Nanang R Hidayat ini menyediakan pernak-pernik Garuda.

Selain menyediakan toko oleh-oleh, Museum Rumah Garuda ini juga memiliki fasilitas yang memadai semisal lahan parkir, cafetaria dan toilet.

Pas bukan manakala berkunjung ke tempat ini. Selain bisa belajar tentang sejarah masih bisa melihat aneka pernak-pernik burung Garuda dan saat pulang ada cindera mata.

Namun perlu dicatat bila ingin datang rombongan harap reservasi terlebih dahulu. Semua itu untuk menjaga kenyamanan para pengunjung agar tidak terlalu sesak.

Buat kamu yang belum datang pasti akan menyesel karena mereka yang dari luar negeripun menyempatkan untuk berkunjung ke tempat ini. Semua itu untuk melihat dan belajar tentang burung Garuda sebagai lambang negara.

Seperti yang diketahui bahwa burung ini bukan hanya digunakan Indonesia saja sebagai lambang negara. Tercatat setidaknya ada belasan negara yang menggunakan burung bermata tajam ini sebagai atribut negara.

Sebutlah negara di Asia semisal Thailand, negara di Eropa seperti Polandia, Rusia, Jerman, Austria, Timur Tengah semisal Arab, Mesir, Irak, Libya, Syria, dan Yaman. Bahkan negara Adi Kuasa seperti Amerika pun menggunakannya.

Uniknya meski di gunakan di belasan negara tapi hanya satu yang benar-benar mirip dengan burung elang pada aslinya. Negara tersebut adalah Thailand yang juga dikenal sebagai negeri Gajah Putih.

NO COMMENTS

Leave a Reply