Home Wisata Blok D7, Salah Satu Bangunan Yang Tidak Akan Dilupakan Obama

Blok D7, Salah Satu Bangunan Yang Tidak Akan Dilupakan Obama

2 357

Kunjungan Barack Obama membawa berkah tersendiri untuk warga Jogja khususnya pengelola Musuem UGM. Hal ini dikarenakan ada satu rumah yang begitu lekat dengan Presiden Amerika Serikat ke 44 dimana kala ia kecil tinggal di perumahan Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman.

museum ugm

kompas.com


Kini rumah tua bergaya kolonial Belanda tersebut telah berubah menjadi Museum UGM dimana berbagai benda berharga yang berkaitan dengan UGM disimpan. Tak ayal rumah berwarna putih dengan cat jendela abu-abu ini mulai ramai diperbincangkan.

Banyak diantara warganet yang penasaran kemudian berburu informasi tentang masa kecil orang yang pernah menjadi presiden selama 2 periode tersebut. Bulaksumur Blok D7 demikian kata kunci banyak dipilih.

Dalam rumah yang masih terjaga dengan baik tersebut terdapat berbagai benda yang dulu digunakan Obama kecil. Ada juga beberapa frame foto Obama bersama dengan saudara dan keluarganya.

Untuk menuju Blok D7 tidak begitu sulit karena berada di dekat pusat kota. Pada jaman dulu rumah berpagar hitam tersebut ditempati Prof Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM yang tak lain adalah paman Obama.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau ayah tiri Obama adalah warga negara Indonesia yang bernama Dr Soetoro. Obama sendiri tinggal di tanah air dalam rentang waktu antara tahun 1967 hingga 1971 tapi berdasar catatan yang ada Barry begitu Obama disapa hanya berkunjung dalam rentang 1967-1969 saja.

Nah selama tinggal di Menteng, pria berkulit hitam ini sering memanfaatkan waktu liburan ke Jogja dengan sebelumnya naik kereta dari Jakarta ke Jogja. Beruntung Obama kecil memiliki nenek yang sangat sayang hingga ia betah berlama-lama.

Obama tak ubahnya dengan anak-anak seusianya dimana ia juga bermain layaknya anak Indonesia. Selain bermain disekitar Bulaksumur konon ia juga sering bermain hingga ke area Keraton Yogyakarta, tepatnya ada di Tamansari.

Untuk soal kuliner ternyata semasa ia kecil sangat getol menyantap nasi goreng, bakso, sate dan ayam ingkung. Bisa jadi dalam kunjungannya kali ini ia akan bernostalgia dengan berbagai menu yang bisa di bilang Indonesia banget ini.

2 COMMENTS

Leave a Reply