Desa Wisata Nglanggeran Menuju Desa Wisata Spa untuk Lebih Memanjakan Pengunjung

  • Whatsapp

Tak berpuas diri telah menjadi salah satu desa wisata terbaik di Asia Tenggara, Desa Wisata Nglanggeran terus berbenah agar mampu bersaing di dunia internasional. Penghargaan tersebut diserahkan di Singapura pada awal tahun ini dalam ajang ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award 2017.

desa wisata nglanggeran
kitanesia.com

Kini untuk lebih memanjakan pengunjung agar mereka betah berlama-lama di gagaslah konsep desa wisata spa. Kegiatan memanjakan diri yang biasanya ada di kota ini juga akan hadir di Desa Wisata Nglanggeran.

Tak tanggung-tanggung desa wisata yang terkenal dengan Gunung Api Purba ini menyediakan puluhan terapis. Mereka saat ini telah mendapat pelatihan langsung dari Tim Putri Kedaton yang kemudian nantinya akan tersertifikasi.

Selain dibekali teknik memijat yang baik dan benar mereka juga dilatih untuk pembuatan produk spa seperti lulur, masker hingga penyajian makanan dan minuman spa.

Dengan demikian menjadi sebuah garansi manakala berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran setelah lelah beraktifitas layaknya masyarakat pedesaan bisa memanjakan diri di wisata spa. Tak harus ke kota atau tempat spa yang wah agar badan kembali segar kembali.

Tercatat saat ini setidaknya Desa Wisata Nglanggeran memiliki 80 homestay yang siap inap. Selain itu telah tersedia fasilitas umum yang layak sehingga menjadikan agenda liburan di desa wisata spa menjadi lebih berkesan.

Desa wisata Nglanggeran sendiri memiliki beberapa spot atau lokasi menarik semisal Gunung Api Purba, dan Embung Nglanggeran. Selain itu tak ada salahnya menjelajah Patuk dimana dalam satu area tersebut banyak objek wisat menarik.

Salah satu alasan yang menjadikan desa wisata yang satu ini harus dikunjungi karena Desa Wisata Nglanggeran menjadi 1 dari 3 desa wisata di tanah air yang bersaing di tingkat Asia Tenggara. Desa wisata tersebut terpilih setelah mampu menerapkan prinsip pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) CBT.

Bukan hanya menyuguhkan hiburan yang menarik bagi pengunjung tapi desa wisata ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu kualitas sumberdaya alam juga terjaga dengan baik sehingga meski dibuka untuk public keasrian tetap terjaga.

Tak lupa tingkat partisipasi pengurus desa wisata yang berasal dari masyarakat setempat. Nilai plus lain yang patut ditiru adalah kualitas jasa perjalanan wisata dan tourguide yang berkualitas. Sisi lain yang menarik tentu saja hadirnya kuliner asli yang memanjakan pengunjung sehingga mereka bisa merasakan sensasi yang sebenarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *