Green Kayen : Pesona Alam Berbasis Pedesaan di Sleman

  • Whatsapp

Berbicara mengenai wisata alam di Jogja memang tidak pernah ada habisnya. Beralih dari perkotaan menuju ke pedesaan, Sleman memiliki Objek Wisata yang cukup menarik. Salah satunya adalah Green Kayen.

Bacaan Lainnya

green kayen
instagram.com/isnadrr

Dengan memanfaatkan aliran sungai Boyong yang berhulu dari lereng Gunung Merapi, Green Kayen yang pada mulanya hanya dimanfaatkan sebagai tempat pemandian oleh masyarakat sekitar kini beralih potensi menjadi objek wisata air yang menggiurkan.

Green Kayen berada di Dusun Kayen, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Green Kayen sendiri merupakan bagian dari bendungan buatan Belanda sedalam 4 meter.

Di kiri kanan sungai tersebut terdapat tebing setinggi 5 meter. Dengan perpaduan antara bebatuan alam dari gunung merapi dan rimbunnya pepohonan serta semak belukar di sekitar sungai semakin memberikan kesan alami di Green Kayen.

Green Kayen masih dalam proyek perkembangan. Namun jangan khawatir, wisatawan dapat melakukan susur sungai dengan rute sejauh 100 meter ke arah hilir. Dalam menyusuri sungai, wisatawan dihimbau untuk menggunakan pelampung yang telah disediakan demi kenyamanan dan keamanan.

Di Green Kayen, wisatawan dapat menikmati sejuknya udara sekitar sembari meningkatkan adrenalin dengan memanfaatkan flying fox yang telah disediakan. Selain itu, wisata air tersebut menyediakan area outbond bagi para pengunjung.

Tak heran jika wisata air Green Kayen yang tergolong masih baru menjadi ikon yang sangat diminati wisatawan yang penasaran. Green Kayen sendiri memiliki kemiripan dengan wisata air Blue Lagoon yang letaknya tidak jauh dari Green Kayen.

Aliran sungai yang bersih dan jernih menambah daya tarik para wisatawan. Ditambah lagi, di sekitar sungai tepatnya sebelah timur sungai juga disediakan air bersih untuk sekedar membilas tubuh yang seharian berendam di sungai.

Akses menuju wisata air ini cukuplah mudah. Anda dapat melewati jalan Kaliurang, dari jalan Kaliurang arah utara hingga km 7 belok kiri dan bertemu dengan Toko Cat Warna Abadi. Kemudian ikuti jalan hingga menemui lapangan.

Di lapangan inilah para pengunjung biasa memarkirkan kendaraan mereka. Lokasi Green Kayen dekat dengan lapangan. Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar mengenai lokasi tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin sekali wisata air dengan beralih ke pedesaan, berlibur bersama keluarga atau sekedar menenangkan pikiran, Green Kayen merupakan wisata yang wajib masuk dalam daftar jelajahmu.

Untuk berkunjung ke Green Kayen, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar sungai dan selalu waspada ya.

Kontributor – Kurnia Fatchul Ma’rifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *