Home Wisata Kebun Buah Sedayu Hadirkan 300 Tanaman Buah Langka dari Seluruh Dunia

Kebun Buah Sedayu Hadirkan 300 Tanaman Buah Langka dari Seluruh Dunia

0 187

Kebun Buah Sedayu bisa menjadi alternatif dalam bertamasya. Dengan konsep Agro-Edukatif kebun dengan 300 tanaman buah langka dari seluruh dunia ini akan membuka wawasan para wisatawan.

Kebun Buah Sedayu

liputan6.com


Objek wisata unik ini berada di Jalan Wates km 12, Dusun Sundi, Argorejo, Sedayu, Bantul. Sangat mudah ditemukan dari pusat kota Jogja.

Cukup menarik kemudi dari Titik Nol Kilometer menuju Jalan Wates. Saat menemukan perempatan sedayu bisa ambil arah ke Wisma Maria. Bila sedikit kesulitan ada baiknya bertanya ke masyarakat sekitar karena memang objek wisata ini baru dibuka sejak awal tahun 2017.

Bonaventura Ardinugroho dan Dyah Mustikawati adalah sosok dibalik keberadaan Kebun Buah Sedayu. Mereka berdua merintis sejak beberapa tahun yang lalu untuk mengumpulkan dan membudidayakan aneka tanaman langka dari berbagai wilayah.

Selain ada tanaman asli Indonesia terdapat aneka buah langka dari Hutan Amazone, Amerika, Meksiko, Brasik, Taiwan, Jepang dan Australia. Seluruh tanaman buah langka tersebut dibudidayakan tanpa bahan kimia atau rekayasa genetika.

Dengan demikian tentu saja akan memiliki nilai gizi dan khasiat yang sngat baik.

Untuk berkunjung ke kebun buah seluas 4.800 meter persegi ini para pengunjung akan dikenakan harga tanda masuk yang sangat murah. Bermodal Rp 10.000,- sudah dapat berkeliling dengan dipandu mereka yang tahu betul tentang seluk beluk buah langka.

Fasilitas yang disedikan juga cukup baik. Selain ada lahan parkir dan toilet juga tersedia pendopo dan musola untuk beribadah.

Bila beruntung para pengunjung dapat mencicipi aneka buah langka yang ada. Salah satu yang menjadi primadona adalah sawo jumbo yang memiliki berat hingga 2 kilogram.

Namun jangan kaget bila harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal. Tapi itu semua sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Meski tergolong baru bisa dibilang bahwa Kebun Buah Sedayu adalah salah satu dari segelintir kebun buah langka di tanah air. Dengan demikian tentu sangat disayangkan bila berkunjung ke Jogja tidak mampir ke objek wisata yang satu ini.

Selain di Kebun Buah Sedayu di Jogja juga terdapat lokasi budidaya aneka buah yang lebih dulu populer. Kebun Buah Mangunan, demikian banyak orang menyebutnya dimana kebun ini mampu menghadirkan aneka jenis tanaman buah dalam balutan keindahan alam.

Oh ya, kalau berkunjung ke objek wisata ini ada baiknya juga berkunjung ke Karst Tubing. Alasannya selain lokasi yang cukup berdekatan tentu saja adrenalin yang ditawarkan dalam susur sungai menggunakan pelampung ban mobil.

NO COMMENTS

Leave a Reply