Kedung Pedut, Waterpark Alaminya Kulon Progo

  • Whatsapp

Bicara soal Waterpark, siapa yang ngga suka coba kalau menghabiskan waktu dan bermain di sana? Pasti semuanya suka, dan sekarang ini sudah banyak tuh Waterpark buatan, contohnya Jogja Bay Waterpark. Tapi, Kulonprogo juga punya Waterpark alami loh, namanya Kedung Pedut.

kedung pedut kulonprogo
instagram.com/likechairunnisa

Kedung Pedut adalah salah satu objek wisata yang menyediakan air terjun dan kedung (kolam) yang terletak di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Di kawasan Kedung Pedut, tidak hanya tersedia satu kedung loh, ada beberapa mulai dari satu meter hingga empat meter. Untuk bisa memasuki tempat wisata ini, kita perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000,-

Untuk kedung yang paling besar disebut Kedung Pedut yang airnya berasal dari air terjun Kedung Pedut. Warna airnya sangat indah loh, warnanya itu putih jernih tetapi juga berwarna hijau kebiru-biruan atau biasa disebut dengan toska. Warna putih jernihnya sendiri berasal dari kejernihan air yang mengalir di kedung itu, sedangkan warna toskanya berasal dari pengaruh batuan di dasar sungai, mungkin karena pelarutan batuan secara alami.

Di tempat wisata yang satu ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas, ada kursi-kursi, gardu pandang, jembatan, serta pancuran yang terbuat dari bambu. Kita bisa bermain dan berenang di kedung-kedung yang tersedia, selain itu banyak juga wisatawan yang sengaja berlari dari jembatan yang berada di atas kedung lalu langsung menceburkan diri ke dalam kedung. Wah.. rasanya seperti di waterpark buatan saja..

Untuk menuju ke waterpark alami ini, perlu sedikit perjuangan. Soalnya, dari areal parkir kita harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit itu, kelelahan kita akan dibayar oleh keindahan air terjun Kedung Pedut. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter ini masih satu aliran dengan Air Terjun Mudal dan Air Terjun Kembang Soka.

Sedangkan untuk mencapai tempat wisata ini, kita hanya perlu melewati rute Jalan Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulya – Pasar Jonggrangan – Pertigaan Gua Kiskendo belok kiri – Pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – Pertigaan Kembang Soka belok kiri, dan sampailah ke waterpark alaminya Kulonprogo.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *