Pantai Sadeng, Pantai Yang Konon Adalah Muara Bengawan Solo

  • Whatsapp

Pantai Sadeng mungkin jauh kalah terkenal dengan objek wisata pantai yang lain di Gunungkidul. Tapi berkunjung ke salah satu kawasan di ujung timur Jogja ini tetap akan menarik.

Pantai-Sadeng Gunungkidul
pantainesia.com

Bukan hanya menyaksikan pantai yang seuprit karena wilayah di dominasi dengan pelabuhan untuk mendarat nelayan seusai berburu ikan. Tapi lebih dari itu objek wisata ini memiliki nilai sejarah secara geologi yang tinggi.

Bagaimana tidak bila jaman dulu Sungai Bengawan Solo yang sangat tersohor itu bermuara dari tempat ini. Tapi karena ada pergeseran lempeng Australia maka keberadaan sungai terbesar di Jawa inipun pindah.

Bukti-bukti itu masih jelas terlihat. Tak banyak dari mereka yang penasaran pun akan berburu ke tempat ini. Tapi kalaupun hanya ingin ke bibir pantai yang berbatasan langsung dengan muara sungai juga ada.

Namun jangan kaget bila akan sedikit kecewa bila berkunjung ke tempat ini. Terlebih seusai berkunjung ke Pantai Indrayanti dan Pantai Sepanjang atau Pantai Baron. Hal ini karena memang sepintas keindahan Pantai Sadeng ini tidak akan langsung terlihat.

Mereka yang bisa melihat hanyalah yang berani mengeksplorasi hingga sisi paling sempit. Diantara pojokan kapal-kapal nelayan. Di situlah pantai nyempil ini berada.

Salah satu ciri khas yang nampak dari tempat ini selain banyaknya kapal nelayan adalah Mercusuar dari rangka besi. Beda dengan Mercusuar pada umumnya yang dibuat dari batu bata dan menjulang sangat tinggi.

Mercusuar ini juga sangat unik karena berada di area pantai. Jadi butuh perahu untuk bisa sampaiĀ  dan kemudian memanjatnya ke atas. Praktis para pengunjung pun kesulitan bila harus mengambil gambar keindahan pantai ini dari ketinggian.

Pantai Sadeng ini memang lebih dikenal sebagai pangkalan ikan daripada objek wisata. Letaknya cukup jauh karena dari kota Wonosari sendiri jaraknya sudah sekitar 50 kilometer dan dari Jogja tak kurang dari 80 kilometer.

Wilayah pantai ini berada di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju tempat ini siapkan kendaraan yang prima dan jangan lupa penuhi bahan bakar agar tidak perlu takut kehabisan bensin.

Jalur yang bisa ditempuh setelah melewati Wonosari adalah Kecamatan Rongkop untuk kemudian masuk ke wilayah Girisubo. Sedikit saran bagi yang ingin berkunjung ada baiknya membawa bekal makanan yang cukup siapa tahu lapar di perjalanan.

Selain itu jangan lupa membawa tisu basah. Sebab bisa jadi nanti MCK yang ada akan kehabisan air. Hal ini karena fasilitas yang ada dibilang baru ala kadarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *