Pantai Sepanjang, Pantai Kuta Versi Jogja

Bagi kamu yang pernah ke Kuta Bali pasti akan menyesal. Ternyata di Jogja, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul juga ada ‘Pantai Kuta.’

pantai sepanjang gunungkidul
instagram.com/heniby28

Bukan tanpa alasan, hal ini karena keindahan dan kontur fisik Pantai Sepanjang benar-benar mirip pantai Kuta. Tak jarang pantai ini juga disebut Pantai Kuta Gunungkidul. Bahkan saking miripnya ada yang beranggapan pantai ini adalah kembaran pantai indah yang ada di Bali itu.

Di objek wisata ini keadaannya benar-benar masih alami dan tidak ada sampah berserakan. Terlebih dengan tidak adanya bangunan permanen. Yang ada hanya gubung tua dengan atap usang yang membuat eksotisme pantai ini semakin nampak.

Kelebihan lain dari pantai ini daripada Pantai Kuta adalah adanya biota laut sangat banyak. Dengan mudah akan ditemukan berbagai kerang dan berbagai binatang laut dengan aneka ukuran. Tapi bila sedang berburu harap hati-hati bila tidak bisa saja kaki akan bersinggungan dangan landak laut.

Pohon palem-paleman yang ada tentu akan semakin mempertegas bahwa tempat ini benar-benar luar biasa. Memanjakan siapa saja yang berkunjung untuk mere-fresh hati dan otak yang sedang stres.

Kemiripan yang sangat terlihat jelas adalah garis pantai yang sangat panjang. Dan tentu saja pasir putihnya beserta keindahan alamnya.

Lokasi objek wisata menarik ini ada diantara Pantai Kukup dan Drini. Jadi bila berkunjung bisa sekalian di beberapa titik sekaligus. Sangat hemat tentunya terlebih seluruh pantai itu melalui satu pintu masuk.

Pemberian nama Sepanjang tentu saja membuat orang berpikir bahwa pantai ini cukup panjang. Dan benar saja, karena pantai ini memiliki garis pantai paling panjang diantara belasan pantai yang ada di Gunungkidul.

Di pantai ini banyak hal yang bisa dilakukan, selain bermain air tentu saja bisa bermain bola dengan teman-teman. Pilihan utama aktifitas di pantai ini tentu saja bermain bola.

Pantai Sepanjang tergolong baru dikenal publik bila dibandingkan dengan Baron, Kukup, Sundak atau Krakal. Tapi soal keindahan mereka tak jauh beda. Meski berada dalam satu gugusan tapi tetap saja tiap pantai memiliki kekhasan yang tidak dimiliki pantai lain.

Saat ini pihak pemerintah setempat dan investor yang masuk mencoba membangun beberapa fasilitas yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung. Kedepannya tentu pantai yang sangat indah ini akan mampu bersaing secara menyeluruh dengan pantai yang lebih dulu popular.

Pos terkait