Deretan Tempat Makan Unik di Jogja, Bikin Kamu Makin Betah Pastinya

  • Whatsapp

Selalu ada yang unik dan beda saat berbicara tentang Jogja. Faktanya begitu mudah bagi kita menemukan rumah atau tempat makan unik di Jogja. Bukan hanya konsep yang disuguhkan. Lebih dari itu pastinya menu yang harus dicoba.

Berbagai pengalaman keliner yang tak biasa coba dihadirkan. Pastinya semua itu bikin kamu merasa spesial dan makin betah berlama-lama di Jogja.

Di sisi manapun dengan mudah akan ditemukan tempat makan unik di Jogja. Baik itu di pusat Kota Jogja, Sleman, Kulonprogo, Bantul, hingga Gunungkidul.

Baca juga: Rumah Makan Nuansa Pedesaan di Jogja

14 Tempat Makan Unik di Jogja

Dikatakan unik karena apa yang mereka suguhkan memang beda. Baik itu suasana, menu atau pun yang lainnya. Ada hal yang tak biasa dan bisa menjadi pengalaman tak terlupakan tentunya.

Selain belasan tempat makan unik ini bisa jadi kamu menemukan yang lain dan bisa berbagi dengan yang lain. Diantara sekian banyak tempat makan unik di Jogja maka berikut beberapa diantaranya:

1. The House of Raminten

raminten jogja
kanaljogja.id

Rumah makan unik di Jogja yang pertama ini bisa jadi adalah ‘jujugan’ semua pelancong yang berkunjung ke Jogja. Hadirkan suasana yang Jogja banget dengan menu yang penuh kreatifitas.

Dengan mudah akan ditemukan berbagai menu yang tak biasa baik itu nama maupun penyajian. Soal rasa tak perlu khawatir, di jamin enak betul.

Berulang kali ke tempat ini pun tak akan ada rasa bosan. Saat melangkah pintu keluar pun bisa dipastikan akan terbersit kapan ke sini lagi.

Kalau memang mau ke sini ada baiknya untuk reservasi dulu. Bila tidak maka jangan marah bila harus antre dulu sembari berdoa semoga tamu yang lain segera pulang.

Untuk menuju ke Raminten sangat mudah karena berada di tempat yang sangat strategis. Dekat dengan Tugu Jogja dan berada di kawasan Kotabaru yang kaya akan nuansa vintage. Alamat persinya ada di Jalan Faridan Muridan Noto Nomor 7, Kotabaru, Gondokusuman.

2. Viavia Jogja

viavia jogja
instagram.com/viaviajogja

Di Jogja tapi ingin nuansa layaknya Eropa maka tidak salah bila kamu berkunjung ke Viavia Jogja. Tempat makan yang ada di Jalan Prawirotaman Nomor 30, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja ini bisa jadi pilihan.

Nuansa yang diberikan begitu apik layaknya berada di sebuah galery seni. Wajar kemudian bagi mereka yang suka seni dan traveling pastinya akan ke tempat ini.

Viavia Jogja sendiri ternyata berasal dari Belgia. Mulai beroperasi kali pertama pada tahun 1994 dan setahun kemudian baru masuk Jogja.

Meski kental dengan citarasa Belgia tapi jangan salah. Untuk menemukan aneka kuliner nusantara pun bisa.

Selain resto di tempat ini pun terdapat bakery. Sangat pas tentunya untuk buah tangan bagi mereka yang ada di rumah.

3. Joglo Pari Sewu

joglo pari sewu
instagram.com/jogloparisewu

Berada di tengah kota tapi ingin makan enak dengan nuansa pedesaan maka inilah tempatnya. Makan siang dengan pemandangan sawah tentu menjadi sebuah kemewahan dimana ada angin semilir yang akan menyapa setiap tamu.

Untuk memberikan kesan pedesaan lebih dalam pun dihadirkan air terjun dan suara aliran sungai yang khas. Membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini bukan.

Menu yang dihadirkan pun identik dengan kuliner nusantara. Ditempat ini ayam akan diolah menjadi berbagai menu yang mampu menggugah selera.

Setelah puas makan maka tak ada salahnya untuk menikmati berbagai spot yang ada. Selain pemandangan alam masih ada pengalaman lain yang coba ditawarkan.

Terdapat pilihan untuk menikmati malam sembari camping. Saat ini setidaknya ada 2 paket camping yang bisa dipilih bersama anggota keluarga.

Penasaran bukan, saatnya berkunjung ke Joglo Pari Sewu yang ada di Bromonilan, RT 08 / RW 03, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

4. Beukenhof Restaurant

Beukenhof Restaurant
instagram.com/ntshvalentine

Di kaki Gunung Merapi ada satu tempat makan yang sangat iconik bernama Beukenhof Restaurant. Persisnya ada di Museum Ullen Sentalu, Kaliurang yang terkenal dengan segala keunikan dan keindahannya.

Suasana tempo dulu hadir dan tampak nyata di museum ini. Seolah siapa saja yang datang akan diajak melihat lebih dekat suasana kolonial itu seperti apa.

Masuk di dalam tempat makan ini seolah sejenak melupakan Jogja itu seperti apa. Yang terbayang kemudian adalah nuansa Eropa karena semua sentuhan bergaya Barat.

Menu yang dihadirkan pun mayoritas ragam kuliner Eropa. Tak salah bukan sesekali menikmati kuliner dan kudapan ala bule.

5. The Captain Urban Lounge

the captain jogja
kanaljogja.id/amuxstefanny

Naik pesawat bisa jadi itu hal biasa. Tapi makan enak di dalam kabin pesawat belum tentu semua orang bisa mewujudkannya.

Saat ada di Jogja jangan lewatkan kesempatan itu karena ada satu tempat makan yang unik banget. Dimana pemilik resto menghadirkan suasana santap di dalam pesawat.

Jangan heran kemudian setiap tamu yang berkunjung ke The Captain Urban Lounge bukan hanya untuk makan semata. Lebih dari itu adalah merasakan pengalaman tak biasa dan pastinya berburu foto atau gambar untuk instagram.

Berbagai piranti yang ditemukan di pesawat akan ditemukan di tempat ini. Bahkan kalau kamu penasaran ruang kerja pilot bisa melihat secara langsung atau duduk sesaat membayangkan menjadi juru mudi pesawat terbang.

Siapkan waktu saja bila ingin menuntaskan semua pengalaman itu. Cukup datang ke Jalan Damai Nomor 41, Sari Harjo, Ngaglik, Sleman.

6. Jejamuran

jejamuran jogja
kanaljogja.id

Kamu yang kurang suka jamur disarankan untuk datang ke tempat ini. Pun demikian bila ternyata kamu vegetarian tapi ingin merasakan sate atau tongseng yang identik dengan kambing juga harus ke tempat ini.

Jejamuran mampu mengubah kuliner yang biasa menjadi luar biasa. Berbekal bahan utama jamur bisa disulap menjadi aneka menu atau kuliner yang sangat disukai masyarakat luas.

Rumah makan ini sangat luas dengan berbagai pilihan suasana. Mau yang tertutup ada, semi terbuka juga ada.

Soal parkir pun luar biasa dimana pemilik sediakan lahan yang sangat luas. Beberapa bus besar pun bisa masuk dan parkir dengan rapi untuk menikmati kuliner yang satu ini.

Untuk menemukan tempat ini juga sangat mudah karena berada di lokasi yang strategis. Berada di Jalan Pendowoharjo, Niron, Sleman membuat siapa saja yang ingin hadir langsung bisa menemukannya.

7. D’Padukan Pie & Resto

dpadukan & pie resto
instagram.com/dpadukan

Bila rumah makan biasanya terkenal karena menu utama di tempat ini justru sebaliknya. Masyarakat Jogja datang pada umumnya lebih untuk menikmati kelezatan pie sebagai menu pencuci mulut.

Ditempat ini ada aneka menu yang bisa dipilih. Mau menu ala nusantara ada, mau menu ala Eropa khususnya Italia juga ada. Membuat kamu bebas menuntaskan rasa, memanjakan lidah dan mata bersama seluruh anggota keluarga atau pun dengan orang terdekat.

Suasana romantis itu kian nyata, apalagi saat matahari mulai tenggelam maka tempat ini bisa menjadi lokasi dinner terbaik. Kalau punya pasangan atau gebetan bolehlah dibawa ke sini.

Tempatnya lumayan jauh kalau dari pusat kota Jogja. Tapi di jamin kamu tidak akan menyesal begitu tiba di D’Padukan Pie & Resto yang ada di Jalan Kaliurang KM17, Pakem, Sleman.

8. Mi Casa Es Tu Casa Resto

Mi Casa Es Tu Casa jogja
indonesia.tripcanvas.co/id

Bila sebelumnya condong ke arah Italia maka saatnya ke Mi Casa Es Tu Casa atau bila diartikan menjadi “rumahku adalah rumahmu juga.” Restoran yang satu ini identik dengan nuasan Spanyol dan hal itu wajar saja karena si empunya adalah orang Spanyol.

Pas bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang negara yang terkenal dengan Matador ini. Namun saat ada di resto yang satu ini ada hal lain yang bisa di dapat dan anti mainstream.

Apalagi kalau bukan menu berbahan ular. Ular yang coba mereka olah diantaranya adalah ular Kobra dan ular Piton. Meski berbahan ular bagi mereka yang tidak cermat bisa jadi kalau apa yang disantap berasal dari binatang melata.

Tidak tertarik dengan menu ekstrim? Tenang masih ada menu lain yang bisa dipilih dan tak kalah lezat.

Di rumah makan ini juga terdapat galeri batik. Membuat jalan-jalan kamu makin lengkap bukan dimana tidak perlu lagi pergi jauh untuk oleh-oleh.

Lokasinya pun sangat strategis karena berada di Sosrowijayan Wetan GTI/141, Jogja. Sangat dekat dengan Malioboro karena cukup melangkahkan kaki.

Baca juga: 7+7 Wisata Ekstrim di Jogja yang Menguras Adrenalin

9. Bong Kopitown

bong kopitown
instagram.com/bongkopitown

Penjara menjadi satu tempat yang menakutkan bagi semua orang. Tapi apa jadinya bila kita bisa makan enak di suasana tak biasa tersebut.

Penasaran maka datang saja ke Bong Kopitown. Salah satu rumah makan unik di Jogja ini bisa memberi jawab.

Dari sudut manapun melihat yang ada adalah kesan penjara. Hal ini karena pengelola menghadirkan konsep penjara secara totalitas mulai dari bangunan hingga dekorasi termasuk interior yang ada di dalamnya.

Bahkan soal menu pun serupa, tersedia aneka masakan layaknya hotel prodeo. Selain itu pastinya ada menu lain yang menjadi andalan.

Alamat Bong Kopitown yang ternyata dimiliki Bong Chandra ini ada di Jalan Sagan Nomor 4, Terban, Gondokusuman Jogja. Sangat mudah menemukan dan terlalu sayang bila harus dilewatkan sensasinya.

10. Milas Vegetarian Resto

milas jogja
instagram.com/milas.indonesia

Dari namanya sudah bisa ditebak bila tempat ini hanya menyajikan berbagai olahan berbahan alami. Tanpa MSG, tanpa pengawet dan pastinya tanpa hal-hal yang berbau hewani tentu memanjakan mereka yang memang mengaku vegetarian.

Usut punya usut Milas ternyata adalah satu gaya hidup. Jadi bukan hanya tentang urusan perut semata, lebih dari itu adalah tentang menjaga alam dan pastinya bumi itu sendiri.

Tempat makan unik di Jogja ini berada di pusat kota. Tepatnya ada di Jalan Prawirotaman 4, Nomor 127B, Jogja. Satu kawasan yang lebih terkenal dengan julukan Kampung Bule dimana di tempat ini akan sangat mudah menemukan warga negara asing.

Berbagai olahan dari bahan alami tersedia di sini. Dimasak, diolah dan disajikan dengan cara yang apik dan membuat siapa saja tak menyangka bila bahan yang digunakan tanpa perasa buatan.

Suasana yang sangat teduh membuat siapa saja untuk bertahan lebih lama. Membuat waktu berjalan begitu cepat padahal sudah cukup lama di tempat ini.

Tempat yang sangat ramah anak karena mereka pun bisa bermain dan membaca buku dengan nuansa alam. Lahan asri dengan pepohonan seolah menjadi identitas dari tempat ini.

Selain menyediakan menu vegetarian mereka pun seminggu 2 kali mengadakan Pasar Organik. Kegiatan jual beli yang hanya berlangsung 3 jam ini juga melibatkan petani lokal. Dengan demikian belanja di pasar ini juga bisa membantu memutar roda ekonomi kerakyatan.

11. The Manglung Café

manglung cafe
kanaljogja.id/amixstefanny

The Manglung mungkin identik satu tempat yang romantis bila malam tiba. Namun jangan salah, bila sore pun menyajikan pemandangan kota Jogja yang begitu indah.

Maklum saja tempat makan yang satu ini berada di atas bukit. Tepatnya berada di Jalan Ngoro Ngoro Ombo Nomor 16, Bukit Bintang, Patuk, Gunungkidul.

Satu tempat istirahat yang pas saat mengeksplore Jogja. Khususnya seusai mengunjungi keindahan pantai yang ada di Gunungkidul. Tak mau menyia-nyiakan momen berlibur maka mampirlah di sini.

Aneka menu pun tersedia melimpah di sini. Mau menu nusantara atau pun ala-ala dengan mudah akan ditemukan. Mau yang perorangan atau paket pun ada. Khusus yang sedang datang bersama pasangan sangat disarankan mengambil paket romantic dinner.

Menjadi jaminan siapapun yang berkunjung ke tempat ini tidak saja memanjakan lidah dan perut semata. Tapi mata, hati dan pikiran pun akan tercerahkan. Apalagi saat malam tiba dan angin sepoi-sepoi menyapu wajah membuta suasana makin romantis.

12. Indische Koffie Benteng Vredeburg

Indische Koffie Benteng Vredeburg
detik.com

Mungkin tak banyak yang tahu bila di dalam Benteng Vredeburg ada tempat yang asik untuk menikmati secangkir kopi. Indische Koffie Benteng Vredeburg demikian nama tempat tersebut yang terkenal dengan nuansa klasik nan elegan.

Untuk menemukan juga sangat mudah, cukup masuk area benteng dan nanti akan menemukannya.

Menu yang disediakan pun ada menu tradisional Indonesia dan Western. Jadi pas buat kamu yang ingin mengeksplore lebih dalam menu tempo dulu.

Bagi yang lebih suka area outdoor maka jangan khawatir. Mereka juga menyediakan space tersebut. Meski demikian tetap kesan yang didapat serasa tempo dulu. Jadi buat kamu yang jalan-jalan di area Malioboro, Pasar Beringharjo dan sekitarnya wajib masuk ke tempat ini.

13. Rumah Makan Mang Engking Soragan Castle

mang engking soragan
instagram.com/scorpio_veronica

Nama rumah makan Mang Engking memang bisa ditemukan dibeberapa kota di tanah air. Tapi yang satu ini benar-benar beda karena di dalamnya terdapat kastil.

Satu tempat yang sangat iconik dimana setiap orang yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan pengalaman tak biasa. Satu kenangan manis saat berada di Jogja terekam baik bila kamu mengabadikan dalam instagram atau pun tik tok bukan.

Berada di Jalan Soragan Nomor 13 membuat rumah makan ini begitu mudah ditemukan. Mudahnya, dari Tugu Jogja ambil arah Jalan Godean dan saat tiba di perempatan Mirota Godean ambil kiri. Tak jauh dari tempat ini akan terlihat bangunan megah di sebelah kiri sebagai penanda.

14. Tap House Beer Garden & Beer House

Tap House Beer Garden & Beer House
tripadvisor.co.id

Satu lagi tempat unik untuk menikmati waktu di Jogja yang harus dicoba adalah Tap House Beer Garden & Beer House. Kehadirannya langsung mencuri perhatian karena hadirkan pengalaman menikmati kuliner di tempat yang tak biasa.

Sepintas kita akan menemukan bangunan yang tidak terurus dan di sulap menjadi tempat yang asik. Bangunan terlihat hancur dan seolah tidak di set dengan baik. Namun jangan salah, hal ini justru yang banyak dicari dimana dengan berada di tempat ini ada pengalaman tak biasa.

Tap House Beer Garden & Beer House berada di Jalan Jlagran Nomor 18, Jogja dan lumayan dekat dari Malioboro. Satu tempat yang harus dicoba tentunya bila kamu inginkan sesuatu yang anti mainstream saat ada di Jogja.

Masih kurang, di Kota Wisata ini ada begitu banyak tempat makan unik di Jogja. Dan kamu bisa tanyakan atau minta referensi orang disekitar kamu untuk menemukan tempat terdekat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *