Input your search keywords and press Enter.

Desa Wisata Brayut, Salah Satu Terpopuler dan Terbaik di Jogja

desa wisata di sleman

Kurang afdol rasanya membahas desa wisata di Jogja tanpa menyebut Desa Wisata Brayut. Wisata berbasis alam pedesaan ini telah mendunia dan menjadi tujuan wisatawan asing.

desa wisata di sleman

kanaljogja.id/evy.rossyana


Aneh tentunya bila mereka yang berasa dari luar negeri saja telah mengunjungi desa wisata ini. Sementara itu kita yang jaraknya hanya beberapa kecamatan saja belum pernah.

Desa Wisata Brayut berada di Jalan Palagan-Brayut, Dusun Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman. Sangat mudah menemukan desa wisata ini karena telah memiliki akses jalan yang baik.

Layaknya desa wisata pada umumnya yang menawarkan suasana pedesaan. Tanpa bising deru mesin atau teknologi kekinian karena di objek wisata ini wisatawan akan diajak warga membaur dengan alam.

Bagi warga desa berada di lahan lumpur seperti membajak tanah atau bercocok tanam tentu hal biasa. Lain halnya dengan mereka yang terbiasa hidup diperkotaan yang hidupnya dikejar-kejar waktu.

Disini wisatawan sejenak diajak untuk menikmati suasana khas orang desa. Mulai dari kehidupan sehari-hari seperti aktifitas rutin mereka hingga kuliner tempo dulu.

Meski bersifat tradisional tapi pengelola menggaransi apa yang mereka sajikan adalah yang terbaik. Lingkungan yang aman, nyaman dan ramah tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Semua itu akan didapat dalam satu paket dari bangun tidur hingga kembali ke peraduan. Wisatawan dapat tinggal dengan induk semang dan mereka dapat mengikuti aktifitas layaknya orang desa.

Minimal akan merasakan kearifan lokal yang kini mulai terpinggirkan. Nilai-nilai luhur yang semakin pudar akan terlihat kental di Desa Wisata Brayut.

Selain aktifitas pertanian wisatawan juga dapat belajar berkesenian. Mulai dari belajar menari, membatik, hingga bermain gamelan.

Satu hal yang mungkin belum pernah terlintas akan mereka rasakan. Wajar saja dalam kondisi puncak kunjungan untuk berkunjung ke desa wisata ini harus reservasi terlebih dahulu.

Tak tanggung-tanggung, lama waktu tunggu bisa mencapai dia atau tiga bulan. Terlebih bila terdapat libur panjang bisa dipastikan salah satu perintasi desa wisata di Jogja ini telah dipesan.

Selain Desa Wisata Brayut di Jogja masih banyak konsep wisata sejenis yang cukup populer. Masing-masing desa wisata pastinya memiliki daya tarik yang berbeda-beda.

Penasaran bukan, ada baiknya kamu datang langsung. Untuk menikmati semua fasilitas itu tidak mahal kok. Daripada menginap dihotel yang terkesan individualis mungkin ada baiknya coba yang satu ini.

Memulai menulis sejak 2004 dengan bergabung pada pers kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Setelah lulus melanjutkan pengalaman menulis di Tribun Lampung Kompas Gramedia. Saat ini kegiatan sehari-hari selain menulis untuk kanaljogja.com juga masih menulis untuk beberapa media online lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *