Wisata Alam Paling Komplit Ada di Gunungkidul

  • Whatsapp

Gunungkidul memiliki potensi wisata alam yang paling lengkap dibanding 4 kabupaten dan kota yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya wisata pegunungan dan laut, tapi ada juga wisata sungai dan bawah tanah yang sangat jarang dimiliki tempat lain.

Ditambah dengan kekayaan kuliner yang dahsyat membuat Gunungkidul mampu bangkit dari anggapan wilayah yang tandus dan gersang. Mereka telah menyadari bahwa tempat yang mereka tinggali adalah surga yang tersembuyi, hanya saja belum terolah dengan baik.

Bacaan Lainnya

Kini seiring kesadaran dan masuknya investor untuk mengelola area yang ada membuat seluruh tempat yang ada menjadi objek wisata unggulan. Banyak di cari oleh para wisatawan terutama mereka yang tertarik dengan segala sesuatu yang masih “perawan.”

Belum banyak di sentuh oleh modernsasi dan kemajuan jaman. Menjadi tujuan bagi mereka yang telah penat dengan kebisingan kota dan sangat menantikan suasana yang beda. Mampu memberikan suasana berbeda dan menantang tentunya.

Mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk sebuah pengalaman yang berbeda. Menemukan sebuah distinasi dengan berbagai kejutan yang tak terduga pastinya.

Baca juga: 9 Objek Wisata di Patuk Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Dan berikut setidaknya apa yang kamu dapat saat berkunjung ke Gunungkidul:

1. Destinasi Pantai

pantai greweng gunungkidul
instagram.com/decan.sweet

Pantai yang ada jumlahnya tak tanggung-tanggung mencapai puluhan jumlahnya dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dengan pasir putih dan laut biru yang benar-benar masih alami membuat siapa saja betah berlama-lama.

Kadang ada sebagian yang memiliki karang begitu cantik dan bisa dimanfaatkan untuk olahraga ekstrim. Sebut saja panjat dinding dan di beberapa lokasi telah sering digunakan para atlet nasional untuk berlatih.

Kalau sekadar mencari refreshing jangan ragu untuk mendirikan tenda di bibir pantai. Sambil bercengkerama dengan yang lain pasti akan memberi kesan tak biasa sembari membakar ikan hasil tangkapan nelayan setempat.

Bila siang jangan lupa menikmati keindahan pantai dengan minuman menyegarkan. Biar makin betah berlama-lama pastinya menikmati keindahan alam.

Baca juga: Camping Ground, Tren Wisata Baru di Gunungkidul

2. Destinasi Gua

gua pindul gunungkidul
instagram.com/goapindulofficial

Ada juga objek wisata yang ada diperut bumi. Berupa gua mulai dari yang horizontal hingga vertical dengan berbagai stalaktit dan stalagmite.

Selain itu ada beberapa yang memiliki sungai bawah tanah yang membuat petualangan semakin seru. Bagi saya pribadi destinasi yang satu ini menjadi paling favorit.

Dimana bukan hanya keindahan didapat tapi pastinya petualangan yang memacu adrenalin. Mereka yang ingin menikmati keindahan gua ini diwajibkan untuk didampingi tour guide. Tak ingin bukan niat jalan-jalan tidak tahu jalan pulang.

3. Destinasi Air Mancur / Curug / Embung

embung nglanggeran
instagram.com/meyrakumal

Mungkin tak percaya, di tengah tandus dan gersangnya wilayah, Gunungkidul juga memliki embung yang cantik dan curug atau grojogan. Keindahannya begitu luar biasa dan mampu menampar siapa saja yang pada awalnya beranggapan tempat ini tidak ada sumber air.

Di tempat ini ada beberapa objek wisata yang mengandalkan keindahan air. Baik itu berupa air mancur atau curug maupun embung.

Semua sama indahnya terutama saat musim hujan dimana debit air akan mencapai optimal. Jangan lupa tetap hati-hati karena seringkali disekitar objek wisata menjadi licin karena adanya lumut dan air.

Baca juga: Embung Nglanggeran Bukit Terpotong di Puncak Gunungkidul

4. Destinasi Pegunungan

 

gunung purba nglanggeran
instagram.com/noviralarassati

Dataran tinggi Gunungkidul memiliki objek wisata cantik berupa gunung api purba. Gunung yang terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu ini menyisakan batuan yang kokoh dan mengundang para wisatawan dan peneliti untuk melihat lebih dekat.

Bukan hanya mereka saja tapi pastinya kita semua. Bahkan sosok Maestro (alm) Didi Kempot pun pernah ke sini dan tercipta lagu nan romantis berjudul Banyu Langit.

Berkisah tentang dinginnya Gunung Api Purba dan diselipkan cerita cinta. Membuat siapa saja yang mendengar akan terbawa suasana dan ingin hadir merasakan pengalaman indah itu.

5. Destinasi Kuliner

walang goreng
instagram.com/mrachefo

Pernah dengar walang goreng, thiwul, gaplek, gathot dan masih banyak lagi. Kalau dulu hanya mendengar maka saat ada di Gunungkidul wajib tuntaskan itu semua.

Surga kuliner tradisional dan jadul pastinya. Berbagai makanan khas yang diolah oleh tangan-tangan terampil membuat siapa saja yang menikmati urung berhenti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *