Home Jogjakarta News Wow, di Jogja Tahun ini Tersedia 500 Rumah Murah Seharga Rp 123.5...

Wow, di Jogja Tahun ini Tersedia 500 Rumah Murah Seharga Rp 123.5 Jutaan

0 287

Kabar gembira bagi warga Jogja yang berburu rumah murah. Pasalnya di tahun ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) DIY menyiapkan 500 rumah murah seharga Rp 123.5 juta.

ilustrasi rumah tipe 27

gambar-rumah.com


Rumah murah ini diperuntukkan bagi 500 keluarga yang termasuk dalam masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Adapun syarat yang harus dipenuhi antara lain penghasilan tidak boleh lebih dari Rp 4 Juta.

Selain itu hanya diperuntukkan untuk rumah pertama dan harus ditinggali. Jadi bila telah memiliki rumah tidak diperkenankan untuk membelinya. Syarat yang cukup ketat ini diharapkan agar tidak salah sasaran.

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dimana terdapat subsidi uang muka sebesar 70% degan 5%. Sementara itu untuk tenor cicilan berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Rumah murah ini konsepnya rumah tumbuh dengan tipe 27 atau dibawah 36. Adanya konsep rumah tumbuh dinilai paling pas untuk keluarga baru dimana dengan berjalannya waktu si pemilik dapat melakukan renovasi atau perbaikan sesuai dengan budget dikemudian hari manakala ekonomi semakin baik.

Ratusan rumah murah tersebut berada di Bantul dan akan dikerjakan 6 pengembang. Namun hingga saat ini baru 2 pengembang yang telah memenuhi persyaratan atau ijin dari pemerintah.

Dikutip dari situs Antaranews.com, program rumah murah dari Real Estate Indonesia (REI) DIY ini terakhir dibangun di tahun 2015. Di tahun tersebut dari target 1.950 terealiasikan sejumlah 400 unit.

Program rumah murah ini ternyata juga digagas pemerintah melalui Perumnas. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan indikator MBR diangka Rp 4,5 juta. Selain itu syarat lainnya tak jauh beda semisal rumah pertama dan harus ditempati.

Mulai sekarang ada baiknya berburu lokasi, siapa tahu menjadi salah satu yang beruntung mendapat rumah murah di Jogja. Lumayan bukan mengingat harga tanah kian lama melambung.

Selain dua program diatas kalau dicermati masih ada paket yang menarik seperti KPR DP 1 persen. Mungkin terdengar tidak mungkin tapi sejatinya semua itu ada.

Bila telah menukan rumah idaman ada baiknya perhatikan berbagai tahapan yang ada dalam proses kredit rumah dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Memulai menulis sejak 2004 dengan bergabung pada pers kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Setelah lulus melanjutkan pengalaman menulis di Tribun Lampung Kompas Gramedia. Saat ini kegiatan sehari-hari selain menulis untuk kanaljogja.com juga masih menulis untuk beberapa media online lainnya.

NO COMMENTS

Leave a Reply