Deretan Wisata Jogja Ramah Anak yang Bisa Kamu Pilih

Liburan ke Jogja memang selalu membahagiakan. Banyak hal-hal istimewa yang bisa ditemukan di sana. Mulai dari tempat wisata yang aduhai hingga kuliner makanan hingga deretan wisata Jogja ramah anak.

Berbicara soal liburan, tentu saja tidak dapat lepas dari keluarga. Karena apa, liburan akan terasa mengasyikkan bila bersama keluarga.

Bacaan Lainnya

Di Jogja sendiri ini ada berbagai tempat wisata yang bisa dipilih. Wisatawan dengan mudah dapat menemukan tempat wisata yang dapat dikategorikan berdasarkan usia.

Ada tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk semua umur dan ada juga tempat wisata yang memang didesain khusus untuk manjakan anak-anak. Tempat yang dibuat untuk anak-anak ini sangat cocok untuk keluarga agar lebih dekat dengan mereka.

Wisata Jogja Ramah Anak

Bukan tanpa alasan bila wisata Jogja ramah anak begitu mudah ditemukan. Hal ini tak terlepas dari julukan Jogja sendiri yang identik dengan Kota Pelajar dan Kota Wisata.

Kamu bisa mengajak jalan-jalan anak atau keponakan di tempat wisata ini. Tempat wisata Jogja ramah anak ini memang akan menjadi tempat yang menyenangkan buat si anak sendiri.

Anak-anak dapat bermain sekaligus mengembangkan kreativitas dan keaktifan si anak. Ada cukup banyak wisata Jogja ramah anak.

Dengan demikian bila ke Jogja jangan hanya berpikir ada Malioboro dan Pantai Parangtritis saja. Namun ada baiknya ajak mereka ke wisata Jogja ramah anak berikut ini.

Mari simak beberapa rekomendasi atau tempat wisata ramah anak di Jogja yang bikin harimu kian menyenangkan:

1. Sindu Kusuma Edupark

wisata jogja ramah anak sindu kusuma edupark
telusurindonesia.co

Sindu Kusuma Edupark ini merupakan taman bermain di Jogja yang berkonsep taman bermain sekaligus tempat belajar. Di taman ini terdapat banyak sekali wahana permainan yang menyenangkan.

Sebut saja wahana Bioskop 8D, Montor Tumbur, Panggon Lunjak, Kursi Mabur, Taman Lampu sampai House of Terror. Khusus untuk sarana edukasi di taman ini maka ada baiknya untuk mengajak anak ke Museum Omah Batik dan Omah Musik.

Di tempat ini kita bisa mengenalkan anak pada kekayaan bangsa yang bernama batik. Jenis dan coraknya ada beragam karena dihasilkan dari berbagai daerah yang berbeda pula.

Selain itu masih ada Omah Musik yang menyimpan berbagai alat musik yang ada di negeri ini. Anak akan senang akan kegiatan ini, belajar sambil bermain.

Apabila kamu kepincut dan bertanya-tanya harga tiket masuk ke wisata Jogja ramah anak yang satu ini, tenang saja. Berikut ada sedikit bocorannya.

Perlu diketahui tiket masuk Sindu Kusuma Edupark ini terbagi menjadi tiga jenis, ada tiket masuk saja dengan harga Rp 25 ribu, lalu ada tiket masuk + waterpark dengan harga Rp 40 ribu, dan ada pula paket lengkap atau tiket terusan dengan harga Rp 60 ribu.

Untuk tiket masuk saja, kamu hanya dibolehkan masuk dan tidak boleh menikmati wahana yang tersedia. Sedangkan untuk tiket masuk dan waterpark, pengunjung bisa merasakan wahana air atau waterpark yang ada di sana tetapi tidak untuk wahana lainnya.

Sementara itu untuk paket lengkap atau terusan maka pengunjung bisa mengakses semua yang ada di sana. Dan tiket ini tentu yang paling direkomendasikan.

2. Kids Fun Parks

kids fun wisata jogja ramah anak
kidsfun.co.id

Kids Fun Parks ini tentunya merupakan taman bermain untuk anak. Dari namanya saja kita dapat mengartikan sendiri bahwa taman bermain ini dikhususkan untuk anak.

Kids Fun Parks sendiri berada di Piyungan, Bantul atau tepatnya ada di Jalan Wonosari KM 8 Jogja. Cukup mudah ditemukan karena persis ada di samping jalan raya.

Taman bermain ini memiliki berbagai wahana yang akan membuat anak bahagia sepanjang perjalanan. Pengunjung dapat mengajak anak-anak mereka untuk mencoba aneka wahana yang ada.

Mulai dari Bumper Car, Komedi Putar sampai dengan wahana menantang lain seperti Flying Fox dan Roller Coster. Kalau mau dihitung tidak kurang dari 24 wahana yang ada. Pengunjung dapat mencoba dan merasakan semuanya.

Tempat ini berbeda dari sebelumnya, karena hanya dengan satu tiket masuk saja, sudah dapat mencicipi semua wahana yang ada.

3. Aqua Splash

aqua splash
kidsfun.co.id

Selanjutnya masih ada Aqua Splash  yang mana lokasinya tidak jauh dari Kids Fun. Bahkan bila dilihat-lihat, tempat ini masih berada di kompleks Kids Fun.

Aqua Splash seperti namanya, merupakan taman bermain air. Jika anak sudah bosan bermain di wahana Kids Fun, tak ada salahnya mengajak mereka bermain air di Aqua Splash.

Di tempat ini pengunjung akan mendapatkan pengalaman bermain wahana yang bertemakan air. Selain bisa berenang masih ada agenda lain yang bisa dilakukan. Terutama untuk mencoba perosatan yang cukup panjang dan menantang.

Untuk harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah. Hanya dengan Rp 25 ribu maka pengunjung sudah bisa bermain air dan wahana yang ada sepuasnya di Aqua Splash.

4. Taman Pelangi

taman pelangi jogja
instagram.com/babykey.arashi

Jika ingin mengajak anak-anak berwisata pada sore jelang malam maka Taman Pelangi bisa jadi adalah tempat terbaik. Taman pelangi ini merupakan taman hiburan yang berada di area Museum Monumen Yogya Kembali.

Taman Pelangi beroperasi dari sore hingga malam hari. Hal ini disebabkan karena daya tarik yang paling utama dari objek wisata Jogja ramah anak ini terletak pada perpaduan warna-warni lampu lampion.

Lampu-lampu tersebut tentunya akan merangsang indera mata anak supaya berkembang dengan baik. Selain lampu-lampunya yang berwarna-warni, Taman Pelangi juga mempunyai wahana lainnya seperti bola air, mandi bola, perahu dayung, rumah balon, trampoline, bom bom car dan yang lainnya.

5. Taman Pintar

taman pintar jogja
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Untuk tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan. Tempat ini sering dijadikan sekolah untuk studi tour, studi banding, atau wisata edukasi lainnya.

Di mana lagi kalau bukan Taman Pintar Jogjakarta. Objek wisata ini merupakan taman bermain yang berbasis sains.

Taman ini didirikan bukan hanya sebatas berdiri begitu saja. Tetapi mempunyai tujuan mulia yakni memperkenalkan sains pada anak-anak.

Konsepnya kental berbau sains, membuat Taman Pintar memiliki wahana yang tak jauh dari dunia pendidikan. Objek wisata ini bisa jadi adalah salah satu wisata edukasi terbaik di Jogja saat ini.

Ada banyak peragaan sains dan salah satu yang mencuri perhatian tentu saja Generator Van De Graaf. Generator ini dapat membuat rambut pengunjung berdiri karena aliran listrik statisnya.

Menyenangkan sekali rasanya apabila berkunjung di taman ini. Pengunjung juga dapat mencoba beberapa eksperimen-eksperimen lain yang jumlahnya cukup banyak.

Selain beberapa wisata Jogja ramah anak diatas sejatinya masih banyak yang bisa ditemukan di kota ini. Namun sangat disarankan sebelum mencoba yang lain untuk tuntaskan apa yang ada di atas.

Apalagi untuk anak Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar. Tentu akan membuat cara belajar kian menyenangkan.

Tempat wisata Jogja ramah anak bukan tiba-tiba muncul. Namun mereka dikonsep dengan baik dan menjadikan anak belajar dengan cara menyenangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.