5 + 2 Acara Tahunan di Jogja yang Layak Dimasukkan ke Agenda Liburan

  • Whatsapp

Liburan ke Jogja tak akan optimal bila tidak melihat kalender atau acara tahunan di Jogja dengan baik. Jangan sampai agenda menarik tersebut terlewatkan karena kurang cermat dalam memilih tanggal.

bianglala
instagram.com/artin_sl

Diantara berbagai festival tersebut setidaknya ada 7 event yang harus dicatat dalam agenda acara tahunan di Jogja :

1.    Ngayogjazz

Bacaan Lainnya

Ngajogjazz adalah tempatnya musik Jazz berkualitas dan gratis. Acaranya hanya sehari dengan beberapa panggung sekaligus, jadwal yang hampir bersamaan dan selalu nyaris tepat, karena itu penonton dipaksa bijak memilih.

Festival ini digelar selalu musim hujan dan tempatnya berpindah dari desa ke desa. Karena itu tips nonton ngayogjazz adalah selalu siapkan jas hujan dan sesuaikan alas kaki. Kebayang kan gimana repotnya kalau salah kostum.

2.    JAFF yang disusul FFD

Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) biasanya digelar menjelang akhir tahun dengan bioskop yang tersebar di beberapa titik. Usai JAFF festival biasanya berlanjut ke Festival Film Dokumenter (FFD). Sebagai penggemar film rugi besar kalau tidak menyempatkan waktu buat nonton.

3.    FKY YGF

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini juga acara tahunan dan gratisan di Jogja. Setelah jadwal FKY selesai langsung disusul dengan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF). Para penampil bisa dari mana saja dari dalam dan luar negeri, pokoknya temanya gamelan.

4.    Art Jog

Acara kesenian yang satu ini juga layak ditunggu. Berbagai karya dan instalasi seni dari seniman-seniman Jogja bisa disaksikan di Art Jog. Art Jog biasanya mengusung tema tertentu yang berbeda tiap tahunnya

5.    Sekaten

Keraton Yogyakarta dalam setahun mengeluarkan tiga kali gunungan, saat Grebek Mulud  yaitu perayaan Maulud Nabi Muhammad, Grebek Syawal yaitu saat idul fitri dan Grebek Besar yaitu pada lebaran haji atau Idul Adha.

Sekaten merupakan rangkain Grebek Mulud. Pasar malam digelar selama sebulan dan gamelan diperdengarkan terus menerus dengan niyaga (penabuh gamelan) yang bergantian. Pada puncaknya adalah rayahan gunungan. Setiap sewindu kraton mengeluarkan gunungan khusus yang tidak ada pada tahun-tahun lain.

Ini Bonus 2 acara super sayang buat dilewatkan

1. Bedog art festival

Bedog art festival adalah festival tari yang digelar di Studio Banjarmili yang bertempat di tepi kali Bedog. Selama festival pertunjukan berlangsung di ruang terbuka dengan panggung yang dibangun di atas Sungai. Festival biasanya berlangsung 3 malam dengan penampil dari berbagai negara.

2. Forum Musik Tembi

Forum Musik Tembi (FMT) juga acara yang layak ditunggu, penonton akan disuguhi penampilan dari para musikus anti mainstream.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *