14 Destinasi Wisata Sleman akan Uji Coba Terbatas

  • Whatsapp

Pandemi belum juga berakhir dan mau tidak mau new normal harus terus berjalan dan kini belasan destinasi wisata Sleman akan melakukan uji coba terbatas. Dari belasan nama yang diajukan mayoritas adalah wisata alam.

tebing breksi, destinasi wisata sleman
instagram.com/wisatasleman

Saat ini usulan tersebut telah disampaikan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman. Informasi adanya destinasi wisata Sleman yang akan uji coba ini disampaikan Koordinator Bidang Ekonomi Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman Sudarningsih usai menghadiri Sosialisasi dan Pendampingan Aktivasi SDM Parekraf di Embung Senja, Cebongan, Sleman beberapa waktu lalu.

Selanjutnya gugus tugas di kabupaten akan mengajukan rekomendasikan ditingkat provinsi. Bila tidak ada kendala dan telah sesuai dengan protokol yang berlaku tentu saja seluruh objek wisata tersebut siap sambut tamu meski terbatas.

Mayoritas Objek Wisata Berbasis Alam

Alasan dipilihnya objek wisata berbasis alam tentu saja untuk lebih memudahkan dalam hal tracing bila terjadi sesuatu. Hal ini karena setiap pengunjung yang datang akan didata terlebih dahulu.

Selain itu objek wisata berbasis alam lebih mudah dalam penerapan SOP pencegahan Covid-19. Tempat yang luas tentu lebih mudah untuk menghindari kerumunan. Lain cerita bila ada di indoor dengan ruangan sempit, bisa jadi potensi kerumunan massa akan lebih besar.

14 Destinasi Wisata Sleman yang akan Uji Coba:

1. Bhumi Merapi

Objek wisata yang ramah anak ini menjadi favorit karena bisa melakukan banyak hal di satu tempat. Apalagi nuansa yang diberikan adalah kaki Gunung Merapi. Sejuk dan bikin betah siapapun berlama-lama.

2. Mini Zoo Jogja

Mini Zoo Jogja Exotarium ini berada di Jalan Magelang Km. 8, Desa Sendangadi, Mlati dan meski menggunakan kata mini tapi memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Banyak sekali wahana atau kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak saat berada di sini mulai dari outbond, menangkap ikan, susur sungai hingga naik gerobak sapi.

3. Taman Kaliurang

Objek wisata yang sangat legendaris tentunya dimana ini telah ada sejak zaman dulu. Objek wisata berbasis alam yang berada persis di kaki gunung ini juga memiliki kuliner yang patut dicoba berupa jadah tempe.

4. Taman Tebing Breksi

Kemunculannya langsung menarik perhatian dan membuat siapa saja yang ke Jogja akan langsung terhipnotis. Terlebih kala senja objek wisata ini akan suguhkan view yang begitu mempesona.

5. Kampung Flory

Kamu yang suka bunga dan berkebun, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke kampung ini. Tahun lalu desa wisata ini sabet Juara 3 Ekowisata Terpopuler yang digelar Anugerah Pariwisata Indonesia tentu kita bisa belajar banyak hal.

6. Kembang Arum

Objek wisata edukasi berbasis alam ini sangat menarik untuk dikunjungi. Dimana para pengunjung sesaat akan diajak meninggalkan dunia digital dan merasakan syahdunya menjadi orang desa dengan segudang aktifitas menarik.

7. Studio Alam Gamplong

Bagi yang suka nonton drama kolosal mungkin ngebet ingin datang ke objek wisata yang satu ini. Di sini selain bisa belajar tentang sejarah tentunya juga bisa beraksi layaknya idola dalam kamera.

8. Grand Citra Mutiara

Tema bajak laut disuguhkan waterpark yang ada di Perumahan Grand Citra Mutiara, Jalan Wates Km 9, Balecatur, Gamping ini. Pas untuk wisata bersama seluruh anggota keluarga. Bila akan berkunjung di objek wisata ini kamu bisa juga berburu tiket promo karena ada selisih yang lumayan.

9. Candi Prambanan

Candi paling cantik di dunia ini pun siap sambut tamu. Di sini kita bisa melihat kisah Roro Jonggrang dalam relief. Candi yang sangat iconik tentunya dan tak lengkap bila ke Jogja tanpa ke objek wisata yang satu ini.

10. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Bila orang ibu kota akrab dengan Dunia Fantasi maka bila kamu ke Jogja akan bertemu Sindu Kusuma Edupark. Memberi pengalaman berbeda dengan belasan wahana menantang adrenalin dan keseruan bersama keluarga ataupun kawan-kawan.

11. Museum Gunung Merapi

Masih ada di dekat Gunung Merapi ada museum yang bisa dikunjungi. Banyak hal bisa dilihat di tempat ini terutama bila ingin kilas balik terhadap salah satu gunung paling aktif di dunia ini.

12. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen yang bercerita banyak hal tentang sejarah Jogja bisa ditemukan disini, khususnya kisah 6 jam pertempuran di Jogja yang sengit. Kawasan yang tak pernah sepi karena bila malam akan berubah menjadi Taman Pelangi.

13. Upside Down World

Jogja jungkir balik ada di sini dan kamu akan takjub dengan berbagai foto yang bisa kamu bawa pulang. Berhubung ini adalah objek wisata indoor maka harus taati betul protokol kesehatan yang berlaku. Bila bisa silakan berkunjung di hari biasa bukan hari libur supaya lebih puas berlama-lama.

14. Omah Oblong

Lelah keliling Jogja dan ingin satu objek wisata yang Jogja Banget maka silakan datang ke Omah Oblong yang ada di Jalan Jambon No 18, Trihanggo, Gamping ini. Di sini kamu bisa melihat proses pembuatan kaos secara langsung. Tak lupa kamu juga bisa belanja aneka kaos untuk oleh-oleh.

Selain telah disiapkan belasan objek wisata unggulan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menyiapkan destinasi wisata untuk memecah jumlah wisatawan bila satu waktu terjadi ledakan kunjungan.

Dua destinasi wisata Sleman yang telah disiapkan adalah Embung Senja, Mlati dan Desa Wisata Gamplong. Selain itu sebenarnya ada banyak sekali objek wisata yang ada di Sleman dan bisa dipilih. Cukup ketik kata kunci di situs ini dan kamu akan mendapat informasi terkait.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *