Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit Hadir Berkat Kreatifitas Warga

  • Whatsapp

Liburan ke desa dan menikmati keindahan alam desa ada baiknya kamu ke Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Di wilayah yang lumayan jauh dari pusat kota ini terdapat wisata Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit.

Bacaan Lainnya

Objek wisata berbasis pedesaan ini di konsep sedemikian rupa hingga tampil apik. Sejauh mata memandang terhampar warna hijau nan indah yang akan menyejukkan mata.

Area persawahan seluas lima hektare ini mampu menghipnotis siapa saja yang datang. Padahal sebelumnya hanyalah area sawah seperti pada umumnya.

Disini aktifitas pertanian bukan lagi menjadi hal yang lazim. Yang ada justru para wisatawan yang berburu keindahan. Tak lupa mereka akan mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera.

Meski kamu ada di sawah tapi jangan takut akan kotor akibat lumpur. Hal ini karena diatas sepanjang sawah terdapat jembatan bambu. Tak tanggung-tanggung pengelola setidaknya menyiapkan 357 meter untuk mengitari sawah.

Bambu dipilih pun bukan sembarangan karena menggunakan bambu petung. Bambu yang dikenal cukup kuat dan awet ini menggaransi siapa saja yang melintas diatasnya.

Liburan terasa istimewa bila menggunakan properti layaknya orang desa. Salah satunya dengan menggunakan caping atau topi dari bambu mampu memberi kesan ‘makin desa’.

Masih kurang dengan citarasa desa maka ada baiknya gunakan kostum nuansa desa dengan baju surjan, celana panjang komprang warna hitam dan ikat kepala bagi laki-laki. Selanjutnya bagi kaum hawa bisa menggunakan kebaya dan jarit. Tak lupa anyaman bambu atau tenggok sebagai pelengkap.

Ada beberapa titik spot yang bisa di pilih untuk selfie tapi ada satu yang paling banyak digunakan. Namun ada panggung dua lantai atau biasa disebut gardu pandang senantiasa mencuri fokus bagi wisatawan karena disini pengunjung bisa melepas pandang sejauh mungkin.

Salah satu yang cukup menarik ternyata di tempat ini bisa digunakan untuk istirahat dan menyantap bekal dibawa. Kapan lagi bukan bisa makan enak di tengah sawah dengan pemandangan menawan dan sumilirnya angin desa.

Hadirnya Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit tentu kian menahbiskan bahwa Mangunan adalah pusat wisata berbasis alam di Jogja khususnya Bantul. Tak kurang dari belasan objek wisata di buka atas inisiasi dan kreatifitas warga setempat.

Objek wisata tersebut antara lain Hutan Pinus Mangunan, Watu Lawang, Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan, Bukit Mojo, Bikini Bottom dan masih banyak lagi.

Bila kamu akan berkunjung ada baiknya perhatikan siklus tanam. Jangan sampai saat tiba di lokasi usai panen karena bisa jadi pemandangan tidak maksimal. Lain cerita bila datang pas padi warna hijau atau menguning tentu hasil jepretan kian sempurna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *