12 Tempat Terindah Menikmati Senja di Jogja

  • Whatsapp

Jogja Never Ending Asia, begitulah kiranya untuk menggambarkan segala sesuatu tentang Jogja. Tak akan pernah ada kata habis ketika membicarakan Jogja. Segala sesuatu itu keindahan dan bikin kangen tak terkecuali ketika menilik spot-spot terindah dalam menikmati senja di Jogja.

Bacaan Lainnya

Aneka tempat bisa dipilih baik ada dipusat kota atau pinggiran kota. Lokasinya pun cukup bervaratif mulai dari atas gunung atau bukit hingga pesisir pantai.

Semua tempat yang pada mulanya biasa akan menjadi luar biasa. Menyajikan keindahan dari segala sisi terutama pada sore hari. Oleh karena itu jangan pernah terburu-buru pulang dan biarkan sesaat lebih lama menikmati senja di  Jogja.

12 Tempat Terindah Menikmati Senja di Jogja

Sejatinya tak hanya belasan tapi ada banyak sekali tempat-tempat yang bisa dijadikan tujuan. Namun sebelum beranjak ke yang lain pastikan tempat-tempat recommended ini.

1. Kalibiru, Kulonprogo

kalibiru kulonprogo senja di jogja
instagram.com/niningnk

Tidak banyak yang tahu akan objek wisata yang satu ini karena memang letaknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja. Persisnya terletak di Perbukitan Menoreh, atau di Desa Wisata Kalibiru, Sermo, Kulonprogo.

Meski lumayan jauh tapi tempat ini mudah ditemukan. Terlebih saat ini akses jalan cukup baik sehingga dipastikan tidak ada kendala hingga tiba dilokasi.

Lelah sampai tujuan saatnya memanjakan diri dengan pemandangan yang ada. Akan lebih afdol bila berkunjung ke tempat ini untuk menginap.

Mereka telah menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang berkunjung. Saat ada di sini kamu tidak saja bisa menikmati keindahan alam tapi bisa juga untuk menikmati kuliner khas mereka atau mengikuti sejumlah kegiatan berupa outbond.

2. Pantai Glagah, Kulonprogo

pantai glagah
instagram.com/dcitalk

Menjadi salah satu pantai unggulan dari sekian banyak deretan pantai yang ada di Kulonprogo. Pantai Glagah memiliki karakter cukup panas saat siang hari.

Namun jangan salah, saat pagi dan sore tempat ini menjadi favorit. Terlebih bila kamu ingin merasakan angin pantai maka tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan senja di Jogja.

Kini pantai ini pun makin ciamik seiring dengan adanya pembanguan Bandara YIA yang lokasinya tidak begitu jauh. Tempat ini juga sering digunakan komunitas atau organisasi kampus untuk malam keakraban.

Membuat api unggun dan menikmati kuliner ala pesisir tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Terlebih bila kegiatan ini diselenggarakan ramai-ramai tentu semakin hangat suasana.

3. Puncak Gunung Purba Nglanggeran, Gunungkidul

gunung api nglanggeran
instagram.com/florenciarina_nana

Sesuai dengan namanya, lokasi ini berada di puncak Gunung Purba yang ada di Nglanggeran. Jangan berpikir puncak ini tinggi dan harus mendaki berjam-jam. Tenang, hanya beberapa menit saja dan kamu sudah bisa berada di puncak.

Berhubung tempat ini sudah dikelola dengan apik maka fasilitas pun sudah disiapkan warga yang tergabung dalam pokdarwis. Saat ada di sini bagi kamu para pecinta alam khususnya, tentu bisa mendirikan tenda diatas.

Cara ini menjadi yang sangat efektif untuk memanjakan mata. Bisa melihat matahari saat terbenam sekaligus saat terbit. Benar-benar pengalaman yang luar biasa bukan.

Ingat tidak semua orang bisa mendapat pengalaman itu. Di atas gunung udara cukup dingin dan jangan lupa untuk membawa jaket dan perlengkapan yang cukup.

4. Embung Nglanggeran, Gunungkidul

embung nglanggeran
instagram.com/meyrakumal

Letak Embung Nglanggeran ini tidak terlalu jauh dari objek wisata Gunung Purba. Jadi saat ada di area ini kamu bisa pilih akan habiskan waktu senja dimana.

Menjadi menarik tentunya dengan keberadaan embung di Gunungkidul. Satu wilayah yang cukup tandus dengan batu karst tapi faktanya ada air yang berlimpah.

Tempat ini biasanya juga menjadi buruan para pelaku pecinta alam karena memang kondisi sangat kondusif. Oleh karena itu saat ada di Desa Wisata Nglanggeran jangan buru-buru pulang.

Ada baiknya eksplore masing-masing lokasi karena seperti kata pepatah. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

5. Bukit Bintang Hargodumilah, Gunungkidul

menikmati senja di jogja bukit bintang
jogja.tribunnews.com

Sebelum tiba di Nglanggeran bila kamu memulai perjalanan dari pusat kota pastinya kamu akan melalui Bukit Bintang ini. Lokasi persisnya ada di Jalan Wonosari KM15, jauh sebelum tiba di pusat Kota Wonosari.

Tempat ini begitu mencolok karena lokasi persis ada di pinggir jalan utama. Secara tak sadar siapapun yang melintas pasti akan melihat sejumlah warung dan tempat makan dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Semakin sore jelang malam maka tempat ini akan semakin dipenuhi wisatawan dan warga yang ingin menikmati keindahan. Tak perlu ragu untuk turun dari kendaraan dan berkumpul dengan mereka.

Ada banyak pilihan menu kuliner yang bisa dipilih. Bila ingin hemat, murah meriah maka bisa jajan wedang jahe dan jagung bakar.

Waktu paling tepat berkunjung ke Bukit Bintang tentu saja pada weekend atau malam minggu. Tempat ini akan penuh sesak muda mudi yang ingin menghabiskan waktu.

6. Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul

pantai pok tunggal
instagram.com/achmad13jufriyanto

Diantara sekian banyak pengunjung yang datang ke sini alasannya tak lain dan tak bukan adalah melihat pohon Duras. Pohon yang cukup unik tentunya karena tumbuh sebatang dalam satu area tanpa ada yang lain.

Objek wisata Pantai Pok Tunggal  juga banyak dipilih karena mereka ingin berlatih panjat tebing. Setelah lelah berlatih jangan lupa istirahat sembari menikmati matahari terbenam.

Saat ada di sini pun kamu akan merasa spesial karena lokasi ini tak banyak dikunjungi wisatawan.

lebih kompleks karena memiliki bukit yang bisa digunakan untuk berlatih panjat tebing. Tidak hanya itu saja, tapi keindahan tempat ini akan lebih maksimal pada sore hari karena matahari akan memanjakan mata pengunjung.

7. Pantai Jogan, Gunungkidul

pantai jogan
instagram.com/yosafatyk

Pantai Jogan ini terletak diantara pantai Nglambor dan Pantai Siung. Memiliki keunikkan yang bisa jadi tidak ditemukan di tempat lain karena memiliki air terjun yang indah.

Banyak diantara para petualang yang mencoba repling atau menuruni air terjun dengan bantuan seutas tali. Teknik ini hanya diizinkan bagi mereka yang telah terlatih.

Terutama saat turun dengan debit air yang cukup melimpah. Bila tidak hati-hati tentu saja bisa tergelincir.

Kalau kamu punya pasangan yang sama-sama suka menantang adrenalin maka ada baiknya diajak ke sini untuk mencoba. Kalau tidak maka cukuplah melihat keindahan alam semesta ciptaan Tuhan saja.

8. Istana Ratu Boko, Sleman

ratu boko
instagram.com/mitha_triw

Menjadi salah satu spot terbaik menikmati senja di Jogja karena memang letaknya ada di atas perbukitan. Faktor keindahan bukan hanya karena indahnya alam saja tapi di dukung arsitektur akan bangunan Candi Ratu Boko.

Tak salah kemudian bila salah satu segmen Ada Apa dengan Cinta 2 mengambil latar di tempat ini. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan menjadi satu paket yang pas saat berlibur.

Kondisi Istana Ratu Boko memang tidak sempurna, tinggal puing-puing dan belum tersusun sempurna tapi disitulah yang menjadi daya tarik. Berada di deretan batu di puncak bukit dan membebaskan pandangan sejauh mungkin.

9. Candi Ijo, Sleman

candi ijo
instagram.com/alexa_jogja

Bila berada di ketinggina Candi Ratu Boko dirasa kurang optimal maka sebaiknya datang ke candi berikutnya. Untuk menjangkaunya wisatawan bisa berjalan ke arah tenggara sejauh 4 kilometer untuk menemukan Candi Ijo.

Candi ini terletak di Desa Sambi Rejo, Prambanan, Sleman. Konon, bangunan ini menjadi candi tertinggi yang ada di Jogja sehingga wisatawan bisa leluasa melihat matahari terbit maupun tenggelam.

Mereka yang berkunjung ke tempat ini tentu saja para anak muda yang haus tentang bagaimana memiliki konten feed yang kece. Selain itu tentunya jalan bareng gebetan.

10. Candi Prambanan, Sleman

candi prambanan
carapandang.com

Siapa yang tak tahu dengan Candi Prambanan yang kesohor ke seluruh dunia ini. Kecantikannya mampu memukau siapa saja yang berkunjung.

Terutama kala senja dimana tempat ini menjadi satu tujuan bagi mereka yang ingin menemukan keindahan. Candi yang konon dibangun hanya dalam satu malam ini benar-benar memiliki daya magis.

Membuat siapa saja terkesima ada 1000 candi dalam satu area. Bukan hanya di bangunan utama, pada puing-puing batu pun kamu bisa berburu spot menarik.

Area candi yang sangat luas juga sering digunakan untuk berbagai event baik itu skala nasional maupun internasional. Prambanan Jazz Festival pun rutin digelar di tempat ini.

11. Pantai Parangtritis, Bantul

parangtritis
instagram.com/t4npa.nam4

Pantai yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu objek wisata terbaik yang ada di Jogja. Pantai Parangtritis tak ubahnya dengan Malioboro yang sangat ikonik.

Dalam sebuah foto tanpa caption pun orang akan langsung bisa menebak bila kamu tengah ada di pantai penuh kenangan ini. Ada banyak alasan kenapa tempat ini banyak dipilih selain faktor keindahan.

Hal lain yang menjadi alasan tempat ini banyak dipilih untuk menikmati senja di Jogja tentu saja karena lokasi yang sangat strategis. Begitu mudah untuk menjangkau tempat ini, bahkan dalam situasi lancar waktu tempuh tidak bisa jadi tidak lebih dari 1 jam saja.

12. Bukit Parangendog, Bantul

parangendog
instagram.com/niawidhana

Kalau ke Pantai Parangtritis pasti semua orang pernah datang, Tapi tahukah di dekat pantai tersebut terdapat bukit yang bernama Bukit Parangendog.

Dari atas bukit ini kita bisa melihat pantai selatan dengan leluasa. Bila beruntung maka kita juga bisa melihat atlet paralayang yang tengah berlatih. Atau kamu yang memiliki nyali bisa juga mencoba untuk diantar terbang mengintari pantai.

Di bukit tersebut banyak anak muda yang suka camping atau mendirikan tenda untuk melakukan kegiatan olahraga panjat tebing atau paralayang. Namun bagi kamu yang hanya ingin sesaat saja tak perlu khawatir karena akses jalan cukup baik.

Untuk menuju lokasi ini ada beberapa rute tapi paling mudah tentu saja naik via Pantai Parangtritis.

Sungguh keindahan senja di Jogja tak berhenti disitu. Hampir di semua lokasi dengan mudah akan kita temukan suasana syahdu yang penuh romantisme.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar