14 Objek Wisata Paling Populer di Jogja

Di Jogja memang banyak objek wisata pilihan mulai dari ujung timur hingga ke barat atau dari selatan ke utara. Semua itu bila ingin disambangi satu-satu mungkin dalam beberapa pekan saja tidak akan selesai.

Dari sekian banyak objek wisata setidaknya ada beberapa yang sangat populer dan wajib dikunjungi. Dengan tidak mengunjungi tempat-tempat tersebut liburan di Jogja akan terasa hambar.

Bacaan Lainnya

Berikut 14 objek wisata paling populer di Jogja:

1. Tugu Jogja
tugu jogja

Sangat iconic dan menjadi landmark pertama di Jogja. Tempatnya sangat strategis dan akan selalu ramai setiap malam. Datang ke tempat ini haruslah membawa kamera untuk mendokumentasikan suasana yan ada. Menjadi spot paling populer diantara yang lain karena Tugu Jogja sangat populer dan mudah dikenali.

2. Malioboro

prewedding malioboro
donjuan-photography.blogspot.com

Konon, ketenaran Malioboro jauh lebih terkenal dari Jogja. Tempatnya sangat strategis karena ada di pusat kota dan disekitarnya banyak objek wisata yang lain. Ditempat ini banyak dijual berbagai oleh-oleh atau cinderamata khas Jogja.

3. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
kanaljogja.id

Surga belanja, ditempat ini siapapun bisa berburu banyak hal aneka kebutuhan. Pasar tradisional yang telah tertata dengan baik sehingga membuat siapapun betah ada di dalamnya. Tak ada kesan becek atau kumuh di dalam pasar membuat tempat ini selalu dibanjiri pengunjung.

4. Titik Nol Kilometer

kawasan nol kilometer jogja
jokoyugiyanto.com

Salah satu tempat favorit warga Jogja dan wisatawan untuk menghabiskan waktu. Tak kenal waktu tempat ini akan selalu ramai dari siang hingga malam hari. Pada saat-saat tertentu banyak hiburan dan kesenian yang ditampilkan oleh komunitas untuk menghibur pengunjung yang datang.

5. Kraton Jogja
keraton jogja

Kraton bukan hanya sebatas pusat pemerintahan pada jaman dulu. Tapi kini banyak hal bisa dilihat dari kraton karena ada sebagian yang diperkenankan untuk dikunjungi. Dari tempat ini bisa dilihat lebih dekat berbagai benda koleksi kerajaan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

6. Taman Sari

Berada di belakang Kraton Jogja seolah menjadi bonus bagi siapa saja yang berkunjung ke Kraton. Di tempat ini bisa dilihat keindahan taman yang dibangun untuk keluarga raja pada jaman dulu. Khususnya taman ini diperuntukan untuk para istri dan anak raja dalam memanjakan diri.

7. Pantai Parangtritis

senja di pantai parangtritis
instagram.com/dwiprangesti

Menjadi pantai yang sangat terkenal karena akses jalannya sangat mudah dan mulus. Selain itu keindahan yang ditawarkan juga diatas rata-rata. Seolah bukan hanya tidak ke Malioboro berarti belum ke Jogja. Tapi tidak ke Parangtritis liburan ke Jogja tidaklah lengkap.

8. Pantai Baron

pantai baron gunungkidul
instagram.com/arie.sm

Meski letaknya lumayan jauh karena ada di Gunung Kidul tapi kemudahan akses menjadi nilai tambah. Terlebih selain pantai Baron masih banyak pilihan pantai lain yang indah. Pantai ini hanyalah sebagai pembuka untuk kemudian menuju pantai-pantai lain seperti pantai Ngrenehan dan Pok Tunggal.

9. Pantai Glagah

pantai glagah jogja
instagram.com/sayyidatunnisa98

Objek wisata ini ada di Kulon Progo dan untuk kesana sangatlah mudah karena dukungan jalan yang sangat layak. Selain itu objek wisata yang satu ini sangat representative karena telah dibangun berbagai fasilitas yang memadai.

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan Jogja
instagram.com/merlinandreanus

Tak perlu dijelaskan. Semua orang pasti sudah tahu candi Hindu yang satu ini. Terlebih letaknya yang ada dipinggir jalan Jogja Solo membuat siapapun yang melintasi jalan utama tersebut akan melihatnya.

11. Istana Ratu Boko

jokoyugiyanto.com

Tak jauh dari Candi Prambanan ada satu objek wisata yang tak boleh terlewatkan. Kalau mau enak silakan beli tiket terusan dari Candi Prambanan. Nanti wisatawan akan diantar dengan minibus untuk menyaksikan keindahan Istana Ratu Boko.

12. Monumen Jogja Kembali

Taman Pelangi Jogja
instagram.com/vida_adisti

Peristiwa 6 jam di Jogja pada tanggal 1 Maret 1949 ada disini. Bukan hanya itu saja tapi masih ada koleksi lain yang berkaitan erat dengan perjuangan dimasa awal berdirinya negara Indonesia. Bila datang pada malam hari maka halaman museum akan disulap menjadi Taman Lampion.

13. Gembira Loka

kebun binatang gembira loka
http://jokoyugiyanto.com

Puluhan ribu satwa ada di tempat ini. Mulai dari binatang yang sangat besar dan berusia tua hingga binatang keci dan baru lahir ada disini. Untuk melengkapi liburan ditempat ini juga ada berbagai wahana pilihan yang membuat siapa saja ingin datang kembali.

14. Kaliurang

pemandangan bukit klangon
instagram.com/puji_alvirtalita

Objek wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi ini banyak disuka pengunjung karena suasana yang adem dan asri. Taman yang ada membuat orang betah berlama-lama ada disini hanya saja hati-hati karena masih banyak primate sejenis moyet yang berkeliaran. Kalau tidak hati-hati bisa jadi bekal yang dibawa akan diambil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan