Gunung Gajah : Spot Unik Melihat Samudra Hindia

  • Whatsapp

Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Tidak heran jika kemudian dijuluki dengan sebutan Jewel of Java. 

Bacaan Lainnya

gunung gajah kulonprogo
pakettourjogja.com

Kulonprogo berada di bagian paling barat Jogja dimana bagian barat laut dari kabupaten ini berupa pegunungan Menoreh. Selain dikenal akan keindahan Pantai Congot dan Pantai Glagah, ternyata Kulonprogo memiliki spot unik bagi para wisatawan yang ingin melihat matahari tenggelam dengan nuansa baru.

Adalah Gunung Gajah yang terletak di Dusun Teganing 2, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Dinamakan Gunung Gajah dikarenakan bukit tersebut memiliki bentuk layaknya kepala gajah.

Akses menuju spot ini sangat mudah. Gunung Gajah berada tidak jauh dari air terjun Kedung Pedut. Jalan menuju lokasi pun tidak sempit bahkan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Dan untuk menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari jalan.

Dengan puncak setinggi 828 m, Gunung Gajah akan memberikan panorama alam yang sangat menakjubkan. Gunung Gajah memiliki dua gardu pandang, yang mana keduanya sama-sama memberikan keindahan yang memukau.

Di gardu pandang yang pertama, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dengan ditemani udara yang segar. Di Gunung Gajah banyak ditumbuhi oleh hamparan rumput ilalang dibandingkan pepohonan besar, hal ini yang menjadikan spot ini menarik, karena wisatawan dapat langsung melihat panorama alam dengan bebas dan jelas.

Sedangkan di gardu pandang yang kedua, wisatawan akan disuguhkan pemandangan Waduk Sermo serta kawasan Kalibiru. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati kawasan pemukiman Jogja, bahkan tebing Pantai Parangtritis yang sangat eksotis juga akan terlihat.

Bagi wisatawan yang masih belum puas, dapat naik lagi ke puncak Gunung Gajah. Untuk mencapai puncak, wisatawan dapat berjalan beberapa menit dan melewati semak belukar.

Di puncak inilah, wisatawan dapat menyaksikan matahari tenggelam dengan nuansa yang berbeda. Pemandangan Gunungkidul, Kota Jogja, Kota Wates bahkan Kota Magelang dapat terlihat jelas di spot ini. Apabila cuaca sangat cerah, wisatawan akan disuguhkan pemandangan berupa Samudra Hindia lho.

Penasaran dengan spot unik ini? Gunung Gajah wajib masuk daftar travelling kamu berikutnya.

Jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam.

Kontributor – Kurnia Fatchul Ma’rifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *