Yang Menarik di Jogja dan Harus Kamu Coba

Berbicara tentang Kota Pelajar tentu ada sesuatu yang menarik. Membuat siapapun yang datang dengan mudah akan berbicara tentang yang menarik di Jogja sesuai versinya.

yang menarik di Jogja
uajy.ac.id

Tidak kenal usia, tidak kenal gender dan pastinya juga tidak mengenal sosial ekonomi. Semua bisa menemukan sesuatu yang menarik di Jogja.

Bagi para remaja tentu kota ini identik dengan romantisme. Maklum saja bisa jadi ia datang bersama pasangan dan apapun akan terlihat lebih epik.

Mereka yang dewasa dan butuh objek wisata dengan aneka pilihan dan harga murah pun bisa. Bahkan jajan di angkringan bersama seluruh anggota keluarga sekalipun bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Khusus mereka yang pernah datang dan kembali datang akan menemukan nostalgia. Bisa jadi dulu saat remaja pernah melakukan hal-hal tak terduga dan teringat kembali.

Dan kamu, mungkin bisa ceritakan apa yang menarik di Jogja kepada orang sekitar. Membuat siapapun yang belum datang miliki hasrat untuk berkunjung ke kota ini.

Baca juga: Inilah Beberapa Alasan yang Bikin Kangen Jogja

Yang Unik di Jogja

Siapapun yang pernah ke Jogja tentu akan mengamini bahwa kota ini unik. Kaya akan tradisi dan masih melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Terutama saat berada di sekitar Kraton Jogja, sepanjang mata memandang akan menegaskan bahwa mereka benar-benar sedang ada di Jogja. Ornamen yang ada begitu khas dan iconik.

Tak hanya tentang kraton saja tapi masih ada banyak hal unik bisa ditemukan di Jogja. Dan berikut diantaranya:

1. Kota dengan Alias Terbanyak

Kamu tentu sering mendengar nama Jogja, Yogya maupun Yogyakarta. Namun disisi lain masih ada penyebutan yang bikin kamu geleng-geleng. Sebut saja Yogja, Ngayogyokarta, Yojo, Yoja, Ngayogyokarta Hadiningrat dan lain-lain.

2. Nama Kota yang Bisa Dipotong

Baik Yogyakarta maupun Jogjakarta bisa dipenggal menjadi Yogya maupun Jogja tanpa mengurangi arti dan apa yang dimaksud. Kejadian ini tidak mungkin ditemukan di kota lain bukan, semisal dari Jakarta menjadi Ja atau Purwakarta menjadi Purwa saja.

3. Kota dengan Julukan Terbanyak

Jogja juga menjadi salah satu kota dengan sebutan terbanyak di tanah air. Sebut saja Kota Gudeg, Kota Wisata, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Seniman dan masih banyak lagi.

4. Pernah Menjadi Ibu Kota Negara

Selain Jakarta ternyata ada beberapa kota yang pernah dijadikan ibu kota NKRI dan salah satunya adalah Jogja. Pemindahan sementara ini terjadi pasca Proklamasi atau tepatnya antara 1946 hingga 1949.

5. Tugu Jogja

Tugu Jogja memang tidak terlalu megah dan wah tapi jangan salah. Tempat ini adalah salah satu spot foto terbaik di Jogja sekaligus sebagai landmark Jogja.

6. Garis Imaginer

Bagi mereka yang tertarik akan kosmologi tentu akan kagum dengan Jogja dimana Kraton dibangun dengan perhitungan matang dan bukan asal-asalan. Terdapat garis imaginer yang akan menghubungkan antara Gunung Merapi, Tugu Jogja, Kraton, Panggung Krapyak dan Pantai Selatan.

7. Selokan Mataram

Diantara Sungai Opak dan Kali Progo terdapat Selokan Mataram yang dibangun di masa Sri Sultan HB IX untuk mencegah tenaga kerja (romusha) keluar daerah. Harapannya kerja keras mereka bisa dirasakan oleh anak cucu dan saat ini aliran tersebut mengairi belasan ribu hektar sawah yang ada.

8. Gudeg Bukan Nama Makanan

Diantara kita pasti meyakini gudeg adalah nama makanan. Namun sejatinya gudeg bukanlah nama makanan melainkan metode atau cara memasak. Gudeg berasal dari kata ‘nggudeg’ atau mengaduk.

9. Raja Sekaligus Gubernur

Selain di Jogja hal ini tidak mungkin di temukan ditanah air. Sebagai salah satu bukti atau perwujudan keistimewaan Jogja adalah adanya raja sekaligus gubernur.

10. Istilah Unik di Jogja

Di kota ini ada banyak singkatan dan istilah unik yang bisa ditemukan. Kamu mungkin pernah dengar kata Dagadu atau Jape Methe yang sering berseliweran. Dan kamu hanya akan menemukan singkatan dan istilah hanya ada di Jogja.

Yang Menarik di Jogja

Ada banyak hal yang menarik di Jogja dan bisa dilakukan. Baik itu dari sisi wisata maupun kuliner.

Di situs Kanal Jogja ini ada ratusan rekomendasi yang bisa dipilih dan lakukan. Untuk destinasi dan kulineran mungkin kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Ambil Paket 3 Hari 2 Malam

Hal pertama yang bisa dilakukan tentu saja ambil paket liburan 3 hari 2 malam. Dengan cara ini ada banyak hal menarik bisa dilakukan, terutama untuk mengeksplor hal-hal unik dan menarik yang ada.

2. Berkunjung ke Festival Khas Jogja

Di kota ini hampir tiap bulan terdapat festival yang bisa diikuti. Mayoritas bisa dinikmati secara gratis untuk seluruh anggota keluarga yang ada.

3. Berkeliling Sekeliling Malioboro

Miliki budget minimalis bukan berarti tidak bisa main ke Jogja. Tidak perlu pergi jauh dan cukup di Malioboro dan sekitarnya.

4. Jajan Murah di Angkringan

Bila cermat, sejatinya modal Rp 2.500,- pun sudah bisa makan di Jogja. Apalagi ada banyak angkringan bertebaran di sepanjang jalan. Atau mungkin ingin datang ke angkringan populer di Jogja yang tersebar dari ujung ke ujung.

5. Deretan Pantai Menawan

Di Jogja pun ada surganya pantai. Baik yang ada di Gunungkidul maupun Bantul sama-sama layak kunjung. Untuk masuk pun ongkosnya murah meriah.

6. Di sekitar Merapi Ada Banyak Hal Bisa Dilakukan

Sementara itu disisi utara ada Gunung Merapi dan bila dicermati ada banyak objek wisata di sekitarnya. Mau ke Kaliurang, Ullen Sentalu, Volcano Lava Tour atau yang lain juga bisa.

7. Berburu Senja di Jogja

Pas sore bingung mau ke mana coba aja ke deretan tempat berburu senja di Jogja dengan view tak biasa. Yakin deh bikin kamu sama pasangan ogah pulang.

8. Air Terjun di Jogja

Selain kaya akan keindahan pantai dan gunung (termasuk didalamnya Gunung Purba). Di Jogja juga ada destinasi lain bisa dipilih berupa air terjun. Dari yang tingginya hanya beberapa meter hingga puluhan meter bisa ditemukan.

Selain beberapa hal diatas tentu ada hal menarik di Jogja yang bisa kamu temukan. Rasakan dan nikmati semua pengalaman terbaik itu saat berada di kota ini.

Seperti kata penyair Joko Pinurbo bahwa ‘Jogja itu terbuat dari rindu, pulang dan angkringan.

Pos terkait